Preview Serie A 2015-2016 Giornata 16: Juventus vs. Fiorentina

Juventus bakal melanjutkan masa kebangkitan mereka di Serie A dengan menjamu Fiorentina pada giornata ke-16, hari Senin (14/12) dini hari WIB, di Juventus Stadium. Kemenangan wajib digapai oleh tim asuhan Max Allegri tersebut jika mereka ingin terus merangkak menuju puncak klasemen. Hanya saja, Fiorentina juga bukan lawan yang enteng.

Jika pada musim-musim sebelumnya Juve selalu superior terhadap La Viola, kini kondisinya berbeda. Fiorentina saat ini menduduki posisi kedua di belakang Inter, sedangkan Bianconeri masih tercecer di peringkat kelima, tertinggal lima poin dari lawannya tersebut. Maka dari itu, tiga angka wajib digapai oleh Gigi Buffon dkk untuk bisa menembus tiga besar. Jika sampai tertahan atau bahkan kalah, bakal makin sulit untuk mewujudkan harapan meraih scudetto musim ini.

Kekalahan saat bertandang ke Sevilla di Liga Champions tengah pekan lalu memang sedikit mengganggu Juve yang tak pernah kalah di semua ajang sejak bulan November. Kekalahan tersebut juga menjadi alarm bahwa Paulo Dybala dkk tidak boleh terlalu jemawa, terutama di Serie A, di mana mereka harus meraih hasil yang terbaik karena sudah kehilangan banyak poin di awal musim.

Untuk mengalahkan Fiorentina, Allegri mungkin akan kembali mengandalkan Dybala yang penampilannya memang sedang on-fire. Mario Mandzukic yang kemarin terkena flu sepertinya sudah sembuh dan siap menemani La Joya di lini depan. Jika belum fit, Juve masih memiliki Alvaro Morata dan Simone Zaza sebagai tandem mantan striker Palermo tersebut.

Di lini tengah, dengan cederanya Hernanes dan Roberto Pereyra, serta belum fitnya Kwadwo Asamoah dan Mario Lemina, Juve kemungkinan akan memasang Sami Khedira, Claudio Marchisio, dan Paul Pogba. Selain itu, masih ada Stefano Sturaro yang juga siap diturunkan jika Allegri memutuskan untuk menggunakan trio PMS (Pogba, Marchisio, Sturaro).

Untuk membentengi gawang Buffon di belakang, trio BBC (Barzagli, Bonucci, dan Chiellini) akan kembali menjadi andalan. Mereka bertiga akan diapit oleh Stephan Lichtsteiner dan Alex Sandro yang siap bertarung dengan duo sayap Fiorentina. Sebagai alternative lain juga masih ada Juan Cuadrado dan Patrice Evra yang tak kalah bagus dalam melakukan penetrasi ke pertahanan lawan.

Di lain pihak, Fiorentina hanya kehilangan Jakub Błaszczykowski yang sedang cedera hamstring. Meski demikian, absennya Kuba tidak terlalu berpengaruh pada La Viola. Tanpa mantan winger Borussia Dortmund tersebut, Borja Valero dkk tak pernah kalah dalam lima laga terakhir. Tercatat, kekalahan terakhir diderita tim besutan Paulo Sousa tersebut saat menghadapi Roma pada bulan Oktober.

Dengan melihat situasi terkini, pertarungan antara dua rival bebuyutan di Italia ini tampaknya bakal berlangsung sengit. Meski demikian, Juve tetap sedikit diunggulkan untuk mengakhiri tren positif Fiorentina. Sebuah kemenangan tipis seharusnya menjadi hasil yang realistis bagi sang Nyonya Tua. Apalagi, mereka bermain di kandang sendiri. Bakal menjadi aib seandainya sampai kalah dari La Viola.

***

Probable Line-ups

Juventus (3-5-2):
1 Buffon; 15 Barzagli, 19 Bonucci, 3 Chiellini; 26 Lichtsteiner, 6 Khedira, 8 Marchisio, 10 Pogba, 12 Alex Sandro; 21 Dybala, 17 Mandzukic.
Bench: 25 Neto, 34 Rubinho, 4 Caceres, 33 Evra, 24 Rugani, 27 Sturaro, 20 Padoin, 40 Vitale, 16 Cuadrado, 7 Zaza, 9 Morata.
Coach: Allegri.
Injured: Pereyra, Hernanes, Lemina, Asamoah.

Fiorentina (3-4-2-1):
12 Tatarusanu; 32 Roncaglia, 2 G. Rodriguez, 13 Astori; 10 Bernardeschi, 5 Badelj, 8 Vecino, 28 Marcos Alonso; 20 Borja Valero, 72 Ilicic; 9 Kalinic.
Bench: 33 Sepe, 24 Lezzerini, 4 Tomovic, 23 Pasqual, 18 M. Suarez, 3 Gilberto, 14 M. Fernandez, 21 Verdu, 11 Rebic, 22 G. Rossi, 30 Babacar.
Coach: Sousa.
Injured: Blaszczykowski.

Referee: Orsato.
Venue: Juventus Stadium, Turin.
Kick-off: Mon, Dec 14, 2015, 02.45 WIB.
Live: OrangeTV Quad Sport.

Prediction: Juventus 2-1 Fiorentina.

Preview Serie A 2015-2016 Giornata 16: Juventus vs. Fiorentina

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s