Review Serie A 2015-2016 Giornata 16: Juventus 3-1 Fiorentina

Pelan tapi pasti, juara bertahan Juventus, yang sempat termehek-mehek di awal musim, mulai merangkak naik ke papan atas Liga Italia. Juve kini nangkring di posisi keempat berkat tambahan tiga poin yang mereka dapatkan setelah menggilas Fiorentina 3-1 pada giornata ke-16, hari Senin (14/12) dini hari WIB. Kemenangan tersebut sekaligus menjadi kemenangan keenam beruntun yang digapai oleh sang Nyonya Tua di pentas Serie A musim ini.

Sejak memasuki bulan November, Juve memang selalu menang dan kini sudah mengumpulkan 30 poin. Mereka hanya tertinggal dua poin dari Napoli dan Fiorentina yang menduduki posisi ketiga dan kedua, serta enam poin dari Inter di puncak klasemen. Jika bisa terus mempertahankan tren positif hingga tahun depan, bukan tidak mungkin Gigi Buffon dkk akan kembali bersaing dalam perebutan scudetto pada akhir musim nanti.

Pada laga melawan Fiorentina kemarin, Juve sebenarnya sempat tertinggal lebih dahulu saat pertandingan baru berjalan tiga menit. Giorgio Chiellini yang mengawal sisi kiri tidak mampu mengatasi gerakan lincah winger Federico Bernardeschi dan terpaksa menjatuhkannya di kotak penalti. Wasit pun langsung menunjuk titik putih. Josip Ilicic yang maju sebagai algojo tak membuang kesempatan tersebut dan sukses menjebol gawang Buffon.

Tertinggal satu gol dalam waktu cepat tidak membuat Juve panik. Malah, tiga menit setelah kebobolan, tim tuan rumah langsung membalasnya lewat mantan pemain Fiorentina, Juan Cuadrado. Gol pemain asal Kolombia tersebut cukup unik. Berawal dari crossing Patrice Evra, Cuadrado bermaksud memberikan umpan kepada Sami Khedira. Namun, bola sundulannya malah meluncur ke arah yang berbeda dan menembus gawang Ciprian Tatarusanu. Seusai laga, Cuadrado berkelakar, gol hoki tersebut terjadi berkat bantuan rambut gimbalnya.

Setelah berhasil menyamakan skor menjadi 1-1, Juve tetap melancarkan serangan untuk menambah gol. Begitu juga dengan Fiorentina yang lebih dominan dalam penguasaan bola tidak tinggal diam dan berusaha menembus ketatnya benteng tuan rumah yang dijaga oleh trio BBC (Barzagli, Bonucci, dan Chiellini). Namun, hingga turun minum, kedudukan tetap tidak berubah.

Pada babak kedua, Juve dan Fiorentina masih tetap melakukan jual-beli serangan. Akan tetapi, baru pada menit ke-80, Bianconeri bisa memecah kebuntuan lewat Mario Mandzukic. Mendapat umpan dari Paul Pogba, Dybala melakukan tembakan yang masih bisa dihadang oleh kiper Tatarusanu. Namun, sial bagi tim tamu, bola mental langsung disambar oleh Mandzukic dan mengubah kedudukan menjadi 2-1.

Keunggulan tersebut membuat Juve semakin bernafsu untuk menyerang di waktu yang tersisa. Stefano Sturaro yang baru masuk pada babak kedua sempat memiliki dua peluang yang gagal dikonversi menjadi gol. Baru pada masa injury-time sang Nyonya Tua mampu menambah keunggulan menjadi 3-1 lewat aksi jenius Dybala yang kemarin bermain gemilang.

Selama 90 menit, Fiorentina sebenarnya lebih dominan dalam ball possession hingga 61 persen. Tetapi, Borja Valero dkk hanya mampu melepaskan lima tembakan, empat di antaranya on target, dan hanya satu yang menjadi gol, itu pun lewat penalti. Sementara itu, dari 13 tembakan yang dilesatkan Juve, tujuh di antaranya mengarah ke gawang, dan tiga menjadi gol.

***

Ratings

Juventus (3-5-2): 7
Buffon 6; Barzagli 6.5, Bonucci 6.5, Chiellini 5.5; Cuadrado 6.5, Khedira 5.5/Sturaro 6.5 (62’), Marchisio 6.5, Pogba 6.5, Evra 6.5/Alex Sandro 6 (77’); Dybala 7.5, Mandzukic 7.5/Morata 6 (85’).
Coach: Allegri 7.5.

Fiorentina (3-4-2-1): 5.5
Tatarusanu 5; Tomovic 6, G. Rodriguez 5.5, Astori 5; Bernardeschi 6.5, Badelj 6, Vecino 6/G. Rossi 6 (85’), Marcos Alonso 5/Pasqual 6 (85’); Ilicic 6/Mati Fernandez 6 (85’), Borja Valero 6; Kalinic 5.
Coach: Sousa 5.

Referee: Daniele Orsato.

Man of the Match: Paulo Dybala.

Review Serie A 2015-2016 Giornata 16: Juventus 3-1 Fiorentina

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s