Review Coppa Italia 2015-2016 Ottavi di Finale: Juventus 4-0 Torino

Juventus berhasil melewati hadangan pertama dalam upaya mempertahankan Coppa Italia dengan menghabisi rival sekota, Torino, dengan skor telak 4-0. Pesta gol La Vecchia Signora dibuka oleh Simone Zaza (dua gol), serta dilanjutkan oleh Paulo Dybala dan Paul Pogba pada hari Kamis (17/12) dini hari WIB. Dengan kemenangan tadi, Juve memastikan lolos ke babak perempat final ajang yang bernama resmi TIM Cup ini.

Sejak awal laga, tuan rumah sebenarnya langsung menekan pertahanan tamunya. Namun, serangan yang dibangun oleh Alvaro Morata dkk tak mampu menembus ketatnya benteng Torino yang dikomandani oleh Kamil Glik. Setelah berkali-kali melancarkan gempuran, baru pada menit ke-28 Juve bisa memecah kebuntuan lewat Simone Zaza. Mendapat bola dari umpan silang Morata, mantan striker Sassuolo itu melepaskan tembakan voli yang tak mampu dihalau oleh kiper Torino Salvador Ichazo. Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Juve.

Tertinggal satu gol tidak membuat Torino down. Tim besutan Giampiero Ventura itu berusaha melakukan serangan balasan untuk menyamakan kedudukan. Namun, ketatnya pertahanan Juve yang digalang oleh Daniele Rugani, Leonardo Bonucci, dan Giorgio Chiellini membuat Maxi Lopez dkk tak mampu mendekati gawang Norberto Neto. Skor 1-0 pun bertahan hingga turun minum.

Pada awal babak kedua, Torino mendapat petaka. Ibarat sudah jatuh tertimpa tangga, wing-back kiri Cristian Molinaro yang dulu pernah bermain di Juve mendapat kartu kuning kedua dari wasit. Tak pelak, tim tamu pun harus tampil dengan 10 orang pemain sejak menit ke-50. Upaya untuk menyamakan skor pun menjadi semakin berat bagi tim berlambang banteng tersebut.

Di lain pihak, unggul jumlah pemain semakin membuat Juve menggebu untuk menggempur pertahanan tamu mereka. Dua menit kemudian, tuan rumah mendapat tendangan bebas yang diambil oleh Claudio Marchisio dan menghasilkan kemelut di depan gawang Torino. Simone Zaza yang berada dalam momen yang tepat tak membuang peluang dan langsung melepaskan tembakan yang sekali lagi tak mampu dibendung oleh kiper Ichazo.

Meski sudah mencetak dua gol, ternyata Zaza masih belum puas. Penampilannya cenderung agresif dan sempat bentrok dengan pemain Torino. Wasit pun melayangkan kartu kuning untuk striker plontos tersebut. Tak mau mengambil risiko, pelatih Max Allegri kemudian menarik keluar Zaza dan menggantinya dengan Paulo Dybala pada menit ke-53.

Keputusan Allegri tersebut terbukti tepat. Dua puluh menit kemudian, Dybala semakin membuat Juve merajalela dengan mencetak gol ketiga ke gawang Torino. Mendapat assist dari Morata, mantan striker Palermo itu melesatkan tembakan kaki kiri dari luar kotak penalti yang lagi-lagi tak mampu dijangkau oleh kiper Ichazo. Skor pun berubah menjadi 3-0.

Setelah tertinggal tiga gol, kesengsaraan Torino masih belum berakhir. Pada menit ke-82, Paul Pogba melengkapi pesta gol Juve dengan gol tendangan bebas ala Andrea Pirlo yang menembus gawang Ichazo dengan sempurna. Keunggulan tuan rumah bertambah menjadi 4-0 dan bertahan hingga wasit meniup peluit tanda laga berakhir.

***

Ratings

Juventus (3-5-2): 7
Neto 6; Rugani 6, Bonucci 6, Chiellini 6; Lichtsteiner 6.5, Khedira 6.5/Padoin 6 (82′), Marchisio 6.5/Hernanes 6 (87′), Pogba 7, Sandro 6.5; Zaza 7/Dybala 7 (53′), Morata 7.
Coach: Allegri 7.

Torino (3-5-2): 4.5
Ichazo 5.5; Bovo 5, Glik 5, Moretti 5.5/Avelar 6 (82′); Peres 5, Acquah 5, Gazzi 5.5, Baselli 5.5/Gaston Silva 5.5 (65′), Molinaro 4.5; Maxi Lopez 5, Belotti 6/Quagliarella 5.5 (64′).
Coach: Ventura 5.

Referee: Doveri 5.5.

Man of the Match: Simone Zaza.

Review Coppa Italia 2015-2016 Ottavi di Finale: Juventus 4-0 Torino

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s