Review Serie A 2015-2016 Giornata 17: Carpi 2-3 Juventus

Juventus berhasil mengakhiri tahun 2015 dengan memetik kemenangan kala dijamu oleh Carpi pada hari Minggu (20/12) yang lalu. Tiga poin yang diraih oleh Gigi Buffon dkk tersebut memang tidak membuat Juve beranjak dari posisi keempat di klasemen sementara Liga Italia Serie A. Namun, kini mereka hanya tertinggal tiga angka dari sang capolista Inter yang baru saja dipermalukan Lazio 1-2 di kandang sendiri.

Saat melawan Carpi kemarin, meski cukup dominan dalam penguasaan bola, Juve tidak terlalu agresif menyerang pada awal laga. Akibatnya, pada menit ke-15, sang mantan, Marco Borriello, berhasil menjebol gawang Bianconeri setelah merebut bola dari kesalahan Juan Cuadrado dan mengecoh Leonardo Bonucci di dalam kotak penalti.

Tertinggal satu gol membuat Juve langsung tersentak. Selang tiga menit kemudian, Juan Cuadrado menyisir sayap kanan dan melepaskan umpan silang yang langsung disambut oleh Sami Khedira. Namun, kiper Carpi masih mampu menepisnya. Beruntung, Mario Mandzukic dengan sigap berhasil menyambar bola mental tersebut untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Pada lima menit terakhir menjelang turun minum, Juve semakin gencar meneror gawang Carpi. Hasilnya, pada menit ke-41, Patrice Evra mengirim umpan silang ke dalam kotak penalti dan langsung ditanduk oleh Mario Mandzukic untuk menjebol gawang tuan rumah. Skor pun berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan tim tamu.

Pada awal babak kedua, tepatnya pada menit ke-50, Juve tidak memberi kesempatan Carpi untuk menyamakan kedudukan. Claudio Marchisio yang menjadi dirigen permainan mengirimkan umpan panjang ala Andrea Pirlo kepada Paul Pogba yang melakukan gerakan coming from behind ke dalam kotak petak penalti Carpi. Dengan sekali kontrol dan lolos dari jebakan offside, gelandang kebanggaan Prancis tersebut langsung menghajar gawang tuan rumah dan mengubah skor menjadi 3-1.

Setelah unggul dua gol dan merasa aman, pelatih Max Allegri kemudian menarik Andrea Barzagli dan memasukkan Daniele Rugani pada menit ke-57. Keputusan tersebut terbukti tepat. Pada menit ke-63, Juve menambah gol lagi lewat Rugani. Namun, wasit menganulirnya karena menganggap mantan bek Empoli tersebut berdiri dalam posisi offside.

Saat laga memasuki injury-time, Juve sempat terlena dan hampir membuat Carpi bangkit. Pada menit ke-92, Leonardo Bonucci melakukan gol bunuh diri setelah salah menghalau umpan silang dari sang mantan, Luca Marrone. Semenit kemudian, tuan rumah nyaris menyamakan skor. Untungnya, tembakan striker pengganti Mbakogu gagal menembus gawang Buffon. Pelatih Allegri pun sampai marah-marah dan membanting jaket karena keteledoran tim asuhannya.

Selama 90 menit, Juve sebenarnya sangat dominan dalam penguasaan bola hingga 66 persen. Dari 10 tembakan yang mereka lepaskan, enam di antaranya on target, tiga menjadi gol. Sementara itu, meski mampu melesatkan 11 tembakan, hanya satu gol yang dihasilkan oleh Carpi dari tiga peluang yang mengarah ke gawang Buffon.

***

Ratings

Carpi (4-4-1-1): 6
Belec 5; Zaccardo 5.5, Romagnoli 5.5, Gagliolo 6.5, Silva 6; Letizia 5.5, Cofie 5/Bianco 5.5 (70′), Marrone 5.5, Di Gaudio 5/Lasagna 5 (54′); Lollo 5; Borriello 6.5/Mbakogu 5.5 (66′).
Coach: Castori 6.

Juventus (3-5-2): 6.5
Buffon 5.5; Barzagli 6.5/Rugani 5.5 (57′), Bonucci 5, Chiellini 6; Cuadrado 5.5/Lichtsteiner 6 (83′), Khedira 6, Marchisio 7, Pogba 7, Evra 6.5; Dybala 6/Morata 5.5 (69’), Mandzukic 8.
Coach: Allegri 6.5.

Referee: Piero Giacomelli.

Man of the Match: Mario Mandzukic.

Review Serie A 2015-2016 Giornata 17: Carpi 2-3 Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s