Review Serie A 2015-2016 Giornata 18: Juventus 3-0 Hellas Verona

Juventus membuka tahun baru 2016 dengan hasil yang memuaskan. Gigi Buffon dkk berhasil menggulung tamu mereka, Hellas Verona, dengan skor telak 3-0 pada giornata ke-18, hari Rabu (06/01) kemarin. Kemenangan tersebut sekaligus menjadi kemenangan beruntun kedelapan yang diraih oleh Juve di Liga Italia Serie A musim ini.

Sejak awal laga, Juventus yang bertindak selaku tuan rumah langsung menekan pertahanan tamu mereka. Alhasil, pada menit kedelapan, Paulo Dybala mampu merobek gawang Verona melalui tendangan bebasnya. Gol tersebut adalah gol free-kick pertama yang dicetak oleh Juve sejak bulan April tahun lalu (oleh Andrea Pirlo).

Tertinggal satu gol membuat Verona mulai sadar dan melakukan perlawanan, terutama melalui striker mereka, Giampaolo Pazzini. Namun, ketidakhadiran Luca Toni karena cedera membuat serangan tim asuhan Luigi Delneri tersebut tumpul. Selain itu, pertahanan Juve yang dijaga oleh Martin Caceres, Leonardo Bonucci, dan Giorgio Chiellini juga sangat kukuh dalam membentengi gawang Buffon.

Menjelang akhir babak pertama, Juve kembali menambah keunggulan. Lagi-lagi melalui tendangan bebas Dybala. Kali ini, striker asal Argentina itu mengirimkan umpan lambung ke depan gawang Verona yang langsung disambut dengan tandukan Bonucci yang sangat keras, bahkan, mungkin lebih keras daripada tandukan Zinedine Zidane ke dada Marco Materazzi. Bianconeri pun mengakhiri babak pertama dengan keunggulan 2-0.

Pada babak kedua, tekanan yang dilakukan oleh Juve tampak agak mengendur. Tempo permainan pun berjalan dengan agak lambat. Meski demikian, Verona yang berusaha bangkit dengan lebih banyak menguasai bola masih tidak mampu untuk menembus ketatnya pertahanan La Vecchia Signora. Serangan mereka lebih banyak tertahan di lini tengah tim Zebra yang dikomandani oleh Claudio Marchisio.

Permainan Juve mulai tajam kembali setelah pelatih Max Allegri mengganti Alvaro Morata dengan Simone Zaza pada menit ke-79. Tidak butuh waktu lama bagi striker plontos itu untuk menjebol gawang Verona. Tepatnya tiga menit setelah masuk ke lapangan, mantan penyerang Sassuolo itu berhasil lolos dari jebakan offside dan memanfaatkan umpan terobosan dari Paul Pogba untuk menambah keunggulan sang Nyonya Tua menjadi 3-0.

Hingga wasit meniup peluit akhir, skor tetap tidak berubah. selama 90 menit, Juve sedikit unggul dalam penguasaan bola (53 persen). Dari 15 tembakan yang dilepaskan oleh Dybala dkk, enam di antaranya mengarah ke gawang dan tiga menjadi gol. Sementara itu, dari tujuh percobaan yang lakukan oleh Verona, hanya satu yang mengancam gawang Buffon dan tidak ada yang menjadi gol.

Dengan kemenangan ini, Juve masih belum beranjak dari posisi keempat, tertinggal tiga poin dari Inter, sang penguasa capolista. Namun, jika mampu mempertahankan trend kemenangan, bukan tidak mungkin beberapa pekan lagi La Vecchia Signora mengudeta La Beneamata dari puncak klasemen Serie A.

***

Ratings

Juventus (3-5-2): 7
Buffon 6.5; Caceres 6.5/Rugani 6 (84’), Bonucci 6.5, Chiellini 6.5; Lichtsteiner 6.5, Khedira 6/Sturaro 6 (71’), Marchisio 7, Pogba 7, Alex Sandro 7; Dybala 7.5, Morata 6.5/Zaza 6.5 (79’).
Coach: Max Allegri 7.

Hellas Verona (4-2-3-1): 5
Gollini 5.5; Bianchetti 5, Moras 5.5, Helander 5, Souprayen 6; Greco 5/J. Gomez 5 (60’), Hallfredsson 5/Fares 6 (86’); Wszolek 4.5, Ionita 5.5, Siligardi 5.5/Emanuelson 6 (60’); Pazzini 6.
Coach: Gigi Delneri 5.5.

Referee: Calvarese 6.5.

Man of the Match: Paulo Dybala.

Review Serie A 2015-2016 Giornata 18: Juventus 3-0 Hellas Verona

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s