Preview Serie A 2015-2016 Giornata 19: Sampdoria vs. Juventus

Juventus bakal bertandang ke kandang Sampdoria pada laga terakhir putaran pertama Liga Italia musim ini. Dalam delapan pertandingan terakhir di Serie A, Juve berhasil mencatat kemenangan beruntun. Trend positif ini wajib mereka pertahankan jika masih ingin menguntit sang pemuncak klasemen Inter yang saat ini hanya unggul tiga poin dari Gigi Buffon dkk.

Hanya saja, kini Sampdoria tidak bisa dianggap remeh. Setelah berganti pelatih dari Walter Zenga ke Vincenzo Montella, il Samp mulai bangkit. Dalam dua laga terakhir, Eder dkk selalu mencatat kemenangan, yaitu saat membekuk Palero 2-0 dan mengalahkan rival sekota Genoa 3-2 dalam Derby della Lanterna tengah pekan kemarin.

Meski saat ini masih tertahan di peringkat ke-13, jika dilihat dari materi pemain yang mereka miliki, Sampdoria sebenarnya layak bersaing di papan tengah. Bahkan, mereka punya kapabilitas untuk menembus zona Europa League. Apalagi, si anak hilang Antonio Cassano kini mulai menemukan bentuk permainan terbaiknya. Kolaborasinya dengan Roberto Soriano dan Eder bakal menjadi ancaman berbahaya bagi tim manapun, termasuk Juventus.

Hanya saja, Juve saat ini juga bukan Juve yang sempat terpuruk di awal musim. Paul Pogba dkk kini sudah menemukan bentuk permainan terbaiknya. Paulo Dybala juga sedang on fire dan sudah menemukan ketajamannya. Terakhir, mantan striker Palermo itu mencetak gol tendangan bebas indah ala Andrea Pirlo saat Bianconeri menghajar Hellas Verona 3-0 tengah pekan kemarin.

Satu-satunya kendala yang bisa menghambat Juve menghabisi Sampdoria adalah absennya Claudio Marchisio karena akumulasi kartu kuning. Tanpa il Principino, tugas sebagai regista untuk memberi umpan matang kepada duet Paulo Dybala dan Alvaro Morata tampaknya bakal diemban oleh Sami Khedira. Mantan gelandang Real Madrid itu akan ditemani oleh Stefano Sturaro dan Paul Pogba untuk membentuk trio PSK (Pogba, Sturaro, Khedira) di lini tengah Juventus.

Di lini belakang, dengan masih cederanya Andrea Barzagli, trio lini belakang yang membentengi gawang Gigi Buffon akan dihuni oleh Daniele Rugani, Leonardo Bonucci, dan Giorgio Chiellini. Sebagai alternatif juga masih ada Martin Caceres yang bisa mengisi slot Rugani atau Chiellini. Ketiga pemain bertahan tersebut akan diapit oleh duo wing back yang kemungkinan ditempati oleh Stephan Lichtsteiner dan Alex Sandro.

Kunci utama bagi Juve untuk mengalahkan Sampdoria adalah dengan mengeksploitasi kelemahan di lini belakang mereka. Meski tergolong tajam karena memiliki Soriano, Cassano, dan Eder, tim besutan itu memiliki benteng pertahanan yang keropos. Di atas kertas, Dybala seharusnya bisa dengan mudah mengobrak-abrik mereka dan menjebol gawang Emiliano Viviano.

Maka dari itu, tiga poin adalah hasil yang wajib dibawa pulang oleh Juventus dari lawatannya di kandang Sampdoria. Jika sampai terpeleset, atau, bahkan, kalah, harapan para Juventini untuk melihat tim kesayangan mereka menyalip Inter bakal semakin jauh dari kenyataan. Satu-satunya jalan adalah dengan meneruskan rekor dan meraih sembilan kemenangan beruntun di Serie A.

***

Sampdoria (4-3-3):
2 Viviano; 5 Cassani, 4 Moisander, 87 Zukanovic, 19 Regini; 21 Soriano, 7 Fernando, 8 Barreto; 77 Carbonero, 99 Cassano, 23 Eder.
Bench: 1 Puggioni, 26 Silvestre, 6 Coda, 13 Pereira, 3 Mesbah, 17 Palombo, 95 Ivan, 18 Christodoulopoulos, 20 Krsticic, 10 Correa, 24 Muriel, 9 Rodriguez.
Coach: Montella.
Suspended: –
Injured: De Silvestri (15 days).

Juventus (3-5-2):
1 Buffon; 24 Rugani, 19 Bonucci, 3 Chiellini; 26 Lichtsteiner, 27 Sturaro, 6 Khedira, 10 Pogba, 12 Alex Sandro; 9 Morata, 21 Dybala.
Bench: 25 Neto, 34 Rubinho, 33 Evra, 4 Caceres, 20 Padoin, 22 Asamoah, 40 Vitale, 16 Cuadrado, 11 Hernanes, 7 Zaza, 17 Mandzukic.
Coach: Allegri.
Suspended: Marchisio (1).
Injured:Pereyra (10 days), Barzagli & Lemina (unpredictable).

Referee: Mazzoleni.
Venue: Stadio Luigi Ferraris, Genoa.
Kick-off: Mon, Jan 11, 2016, 02.45 WIB.
Live: OrangeTV Quad Sport.

Prediction: Sampdoria 2-3 Juventus.

Preview Serie A 2015-2016 Giornata 19: Sampdoria vs. Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s