Review Serie A 2015-2016 Giornata 19: Sampdoria 1-2 Juventus

Juventus berhasil mempertahankan trend kemenangan sembilan kali beruntun pada giornata ke-19 Liga Italia Serie A, hari Senin (11/01) dini hari kemarin. Melawat ke kandang Sampdoria, Gigi Buffon dkk mampu membawa pulang tiga poin berkat dua gol yang dicetak oleh Paul Pogba (17’) dan Sami Khedira (46’). Sementara itu, gol hiburan tuan rumah dilesakkan oleh si anak hilang, Antonio Cassano (64’).

Pada 10 menit pertama, pertandingan sebenarnya berjalan dalam tempo yang agak lambat. Juventus selaku tim tamu terlihat tidak terlalu agresif dan lebih banyak memainkan bola di lini belakang dan tengah. menginjak menit ke-15, Juve baru mulai berani keluar dan mengembangkan permainan. Hasilnya, Paul Pogba berhasil membuka keunggulan Bianconeri pada menit ke-17.

Menerima umpan lambung dari Leonardo Bonucci, Paul Pogba menusuk ke dalam kotak penalti langsung melakukan tendangan voli sambil memutar badan. Meski termasuk pelan, kiper Emiliano Viviano tak kuasa membaca arah tembakan Pogba yang agak melintir dan memantul di tanah tersebut. Gawang Sampdoria pun jebol dan membuat Juve unggul 1-0.

Dalam kondisi tertinggal, Sampdoria berusaha bangkit dan menekan pertahanan Juve. Akan tetapi, pada menit ke-37, mereka harus kehilangan motor lini tengah Roberto Soriano yang mengalami cedera. Tim tamu sendiri berusaha bermain tenang dan lebih banyak memainkan bola dari kaki ke kaki. Hingga turun minum, skor tetap tidak berubah.

Pada awal babak kedua, Juve langsung mengambil inisiatif untuk menyerang pertahanan tuan rumah. Hasilnya, baru satu menit berselang, Paulo Dybala mampu mengirimkan umpan terobosan cantik kepada Sami Khedira yang melakukan gerakan coming from behind. Dengan tenang, mantan gelandang Real Madrid itu menguasai bola, lalu mengecoh kiper Emiliano Viviano dan mengakhirinya dengan sontekan pelan yang langsung menembus gawang Sampdoria.

Tertinggal dua gol, tim besutan Vincenzo Montella terlihat belum mau menyerah. Mereka terus berusaha menekan benteng pertahanan Juve yang dikawal oleh Daniele Rugani, Leonardo Bonucci, dan Giorgio Chiellini. Pada menit ke-60, Eder sempat hampir membahayakan gawang Gigi Buffon. Namun, gol Sampdoria akhirnya baru tercipta pada menit ke-64 lewat Antonio Cassano.

Setelah berhasil mencetak gol, Sampdoria semakin bernafsu untuk menyamakan skor. Namun, kuatnya pertahanan Juve membuat mereka tak bisa leluasa mendekati gawang Buffon. Baru pada menit-menit akhir il Samp mampu menciptakan beberapa peluang berbahaya yang akhirnya membuat para pemain Juve menumpuk di belakang untuk mempertahankan keunggulan.

Upaya Sampdoria untuk menyamakan skor semakin sulit setelah mereka bermain dengan 10 orang. Niklas Moisander terkena kartu merah karena menjegal Simone Zaza yang sedang melakukan serangan balik. Hingga wasit meniup peluit akhir, skor 2-1 tetap tidak berubah.

Selama 90 menit, Juventus sebenarnya hanya unggul tipis dalam penguasaan bola (51 persen). Dari 12 tembakan yang dilepaskan oleh Alvaro Morata dkk, enam di antaranya on target dan dua menjadi gol. Sementara itu, dari sembilan tembakan Sampdoria, hanya tiga yang mengarah ke gawang Buffon dan satu yang menjadi gol.

Dengan kemenangan ini, Juventus semakin mengukuhkan posisinya di papan atas klasemen sementara Serie A. Tim besutan Max Allegri itu kini nangkring di posisi kedua, tertinggal satu poin dari Napoli dan unggul selisih gol atas Inter di peringkat ketiga. Jika trend positif ini terus berlanjut, bukan tidak mungkin sang Nyonya Tua bakal menjadi capolista tidak lama lagi.

***

Ratings

Sampdoria (4-3-3): 6
Viviano 5.5; Cassani 6, Moisander 5.5, Zukanovic 5.5, Regini 6; Soriano 5.5/David Ivan 6 (37), Fernando 6.5, Barreto 5.5/Luis Muriel 5.5 (73); Carbonero 6.5, Cassano 7, Eder 5/Alejandro Rodriguez 6 (85).
Coach: Montella 6.

Juventus (3-5-2): 6.5
Buffon 6; Rugani 6, Bonucci 5.5, Chiellini 7; Lichtsteiner 5.5/Cuadrado 5.5 (65), Khedira 6.5, Hernanes 6.5, Pogba 6.5, Evra 6.5; Morata 5/Zaza 6 (77), Dybala 7/Padoin 6 (89).
Coach: Allegri 7.

Referee: Paolo Silvio Mazzoleni.

Man of the Match: Paulo Dybala.

Review Serie A 2015-2016 Giornata 19: Sampdoria 1-2 Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s