Preview Coppa Italia 2015-2016 Quarti di Finale: Lazio vs. Juventus

Juventus akan melanjutkan upaya untuk mempertahankan Coppa Italia yang mereka rebut tahun lalu dengan bertandang ke kandang Lazio pada hari Kamis (21/01) dini hari WIB. Laga perempat final ini bisa dibilang sebagai laga do-or-die karena jika kalah langsung tersingkir. Lazio sendiri merupakan lawan yang dibekuk oleh Juventus pada partai final musim lalu. Jadi, ini juga merupakan ajang balas dendam bagi tim tuan rumah.

Kekalahan Lazio tahun lalu memang cukup dramatis. Juve meraih kemenangan 2-1 lewat babak perpanjangan waktu. Yang lebih menyakitkan, Biancocelesti menelan kesialan tersebut di kandang sendiri, Stadio Olimpico, Roma. Bagi Bianconeri, trofi yang mereka raih musim lalu adalah trofi Coppa Italia yang ke-10 setelah 20 tahun puasa gelar. Alhasil, Gigi Buffon dkk kini berhak mengenakan silver star di atas badge mereka sebagai tanda juara sepuluh kali.

Musim ini, Juve sebenarnya sudah bertemu Lazio dua kali. Yang pertama saat ajang pramusim SuperCoppa Italiana di Shanghai dan yang kedua di Serie A bulan lalu. Dalam dua laga tersebut, Antonio Candreva dkk selalu menjadi pecundang dengan skor identik, 2-0. Jika dirunut lagi ke belakang, dalam lima pertemuan terakhir melawan sang Nyonya Tua, Lazio selalu keok dengan hanya mencetak satu gol dan kebobolan 11 gol.

Maka dari itu, ambisi untuk mematahkan rekor buruk dari Juve pasti membuncah di dada para pemain tim ibu kota tersebut. Hanya saja, nafsu Lazio untuk membalas dendam tampaknya sulit direalisasikan jika menilik performa lawannya. Di Serie A, Paul Pogba dkk baru saja menorehkan streak 10 kemenangan beruntun dan kini menguntit Napoli di puncak klasemen.

Pelatih Max Allegri juga tidak memiliki kendala berarti dalam menyusun timnya tengah pekan ini. Pogba yang kemarin menderita flu dan absen saat membantai Udinese mungkin sudah bisa diturunkan untuk menemani Claudio Marchisio dan Stefano Sturaro di lini tengah. Sementara itu, Sami Khedira bisa jadi bakal diistirahatkan. Sebagai alternatif juga masih ada Hernanes dan Kwadwo Asamoah.

Sejumlah rotasi kemungkinan memang akan diterapkan oleh Allegri. Para pemain cadangan seperti kiper Norberto Neto dan bek Martin Caceres yang selama ini jarang tampil akan diberi kesempatan di Coppa Italia. Begitu juga dengan Simone Zaza yang tampaknya akan menjadi tandem Paulo Dybala di lini depan. Alvaro Morata juga siap diturunkan seandainya Allegri ingin membangkitkan motivasinya yang tampak menurun akhir-akhir ini.

Melihat tren positif yang mereka capai di Serie A, dengan tidak meremehkan Lazio, Juve seharusnya bisa pulang ke Turin dengan membawa kemenangan dan lolos ke semifinal. Apalagi, pelatih Max Allegri juga telah menegaskan bahwa Coppa Italia merupakan salah satu target yang harus dipertahankan oleh La Vecchia Signora musim ini.

***

Probable Line-ups

Lazio (4-3-3):
Berisha; Konko, Mauricio, Hoedt, Radu; Milinkov, Biglia, Parolo; Candreva, Djordjevic, Keita.
Coach: Pioli.

Juventus (3-5-2):
Neto; Caceres, Bonucci, Chiellini; Cuadrado, Pogba, Marchisio, Sturaro, Evra; Zaza, Dybala.
Coach: Allegri.

Referee: Antonio Damato.
Venue: Stadio Olimpico, Roma.
Kick-off: Thu, Jan 21, 2016, 02.45 WIB.
Live: Stream.

Prediction: Lazio 1-2 Juventus.

Preview Coppa Italia 2015-2016 Quarti di Finale: Lazio vs. Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s