Review Coppa Italia 2015-2016 Quarti di Finale: Lazio 0-1 Juventus

Lazio kembali gagal dan harus menerima kenyataan menjadi pecundang saat bertemu Juventus di perempat final Coppa Italia, hari Kamis (21/01) dini hari tadi WIB. Semakin menyesakkan, kekalahan 0-1 yang dialami Biancocelesti tersebut terjadi di kandang sendiri, Stadio Olimpico. Sementara itu, bagi Juve, ini adalah kemenangan ketiga musm ini yang mereka raih saat berhadapan dengan rival sekota AS Roma tersebut.

Pada pertemuan pertama saat pramusim, Juventus berhasil menggasak Lazio 2-0 pada ajang SuperCoppa Italia di Shanghai. Lalu, awal bulan Desember kemarin di Serie A, Gigi Buffon dkk lagi-lagi menghabisi tim besutan Stefano Pioli itu dengan skor identik, 2-0. Sebelum akhirnya dini hari tadi gol tunggal Stephan Lichtsteiner membuat mantan klubnya tersebut tersingkir dari Coppa Italia.

Sebenarnya di awal laga tadi, Lazio bermain cukup meyakinkan. Ambisi untuk membalas dendam atas kekalahan di final Coppa Italia musim lalu begitu membara di dada Miroslav Klose dkk. Pada menit ke-12, dengan memanfaatkan umpan Senad Lulic, Balde Keita sempat melepaskan tembakan yang mengancam gawang Juve. Yang sialnya, masih melenceng dari sasaran.

Juventus selaku tim tamu sebenarnya juga tidak tinggal diam. Melalui Paul Pogba, klub yang paling sering menjuarai Coppa Italia (10 kali) tersebut juga memberikan ancaman terhadap gawang Lazio pada menit ke-30. Namun, hingga turun minum, tetap belum ada gol yang tercipta.

Pada babak kedua, Lazio berusaha menyerang duluan lewat Balde Keita, yang lagi-lagi gagal menjebol gawang kiper Norberto Neto. Juve sendiri juga melakukan balasan lewat Simone Zaza yang memanfaatkan tembakan muntah dari Alvaro Morata. Akan tetapi, sayangnya, tendangan striker plontos itu masih mbeleset dari sasaran.

Penantian Juve akan terjadinya gol akhirnya berakhir pada menit ke-66. Zaza yang tadi bermain cukup gemilang lagi-lagi melepaskan tembakan yang kali ini membentur tiang gawang Lazio. Untungnya, ada Stephan Lichtsteiner yang dengan sigap menyambut bola muntah untuk menjebol gawang mantan klubnya tersebut.

Tertinggal satu gol membuat Lazio langsung down. Juve pun tak membuang kesempatan ini dengan melakukan serangan untuk menambah gol. Pada menit ke-77, Zaza hampir saja menjebol gawang Berisha. Begitu juga dengan Mario Mandzukic yang masuk menggantikan Alvaro Morata. Akan tetapi, upaya keduanya belum direstui oleh Dewi Fortuna.

Pada menit ke-90, Paulo Dybala yang menjadi pengganti Simone Zaza juga sempat mengancam gawang Lazio. Namun, hingga wasit meniup peluit akhir, skor 1-0 tetap tidak berubah. Dengan kemenangan ini, sang Nyonya Tua memastikan diri lolos ke semifinal Coppa Italia.

Di babak empat besar yang berlangsung dalam dua leg, Juve bakal ditantang oleh musuh bebuyutan mereka, Inter, yang sebelumnya mengeliminasi tim unggulan Napoli. Di partai lainnya, Milan akan ditantang tim kejutan Alessandria untuk memperebutkan satu tiket di babak final.

***

Ratings

Lazio (4-3-3): 6
Berisha 6; Konko 6/Felipe Anderson 6 (73’), Bisevac 6, Mauricio 6.5/Hoedt 6 (62’), Radu 6.5; Milinkovic-Savic 7, Biglia 7, Lulic 6; Candreva 5.5, Klose 5/Matri 6 (82’), Balde Keita 6.
Coach: Pioli 6.

Juventus (3-5-2): 6.5
Neto 6; Caceres 5.5, Bonucci 7, Chiellini 6.5; Lichtsteiner 6.5/Cuadrado 6 (81’), Sturaro 6, Marchisio 6.5, Pogba 6.5, Alex Sandro 7; Zaza 7.5/Dybala 6 (90’), Morata 6.5/Mandzukic 6 (76’).
Coach: Allegri 6.5.

Referee: Antonio Damato.

Man of the Match: Simone Zaza.

Review Coppa Italia 2015-2016 Quarti di Finale: Lazio 0-1 Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s