Preview Serie A 2015-2016 Giornata 21: Juventus vs. Roma

Setelah memastikan lolos ke babak semifinal Coppa Italia dengan menghabisi Lazio tengah pekan kemarin, Juventus bakal melanjutkan kiprah mereka di ajang Liga Italia Serie A dengan menjamu tim asal ibu kota lainnya, AS Roma. Laga giornata ke-21 tersebut bakal berlangsung pada hari Senin (25/01) dini hari WIB di Juventus Stadium.

Pertandingan yang bisa disebut sebagai grande partita ini juga merupakan ajang balas dendam bagi Juventus. Masih lekat di benak para Juventini ketika Roma menghajar tim kesayangan mereka dengan skor 2-1 pada pertemuan pertama di awal musim yang lalu. Namun, kala itu Serigala Ibu Kota masih dilatih oleh Rudi Garcia, yang pada paruh musim ini dianggap gagal dan sudah digantikan oleh Luciano Spalletti.

Jika di era Garcia Roma identik dengan skema menyerang 4-3-3, maka di era Spalletti bakal ada sedikit modifikasi. Pelatih berkepala plontos yang dulu doyan menggunakan false nine itu tampaknya bakal menerapkan formasi 3-4-2-1 untuk meladeni 3-5-2 yang kemungkinan besar kembali diterapkan oleh Juventus.

Sejumlah pemain yang biasanya menjadi langganan starter di era Garcia, seperti Gervinho dan Iago Falque, tampaknya bakal tersingkir dan menghuni bangku cadangan. Sebagai gantinya, Spalletti akan mendorong Radja Nainggolan, seorang gelandang bertahan, sedikit ke depan sebagai gelandang serang untuk berpasangan dengan Mohamed Salah. Keduanya akan menyokong Edin Dzeko sebagai ujung tombak tunggal.

Eksperimen lain yang sepertinya akan dilakukan oleh Spalletti adalah memasang Daniele De Rossi sebagai pusat dari skema tiga bek. Posisi “libero” ala Leonardo Bonucci di Juventus ini sebenarnya sudah beberapa kali pernah diemban oleh De Rossi, termasuk saat dia membela timnas Italia kala menahan seri Spanyol di fase grup EURO 2012 silam.

Sementara itu, Juve sendiri bakal menyambut kedatangan Roma dengan rekor mentereng. Dalam 10 laga terakhir di Serie A, tim besutan Max Allegri itu menyapu bersih kemenangan. Il Giallorossi pun menjadi target sang Nyonya Tua selanjutnya untuk mempertajam streak menjadi 11 kali beruntun.

Dilihat dari komposisi skuat terkini, Juve memang tidak mempunyai kendala berarti. Andrea Barzagli sudah sembuh dari cedera dan tampaknya sudah bisa menghuni bangku cadangan. Tanpa bek berpengalaman tersebut, Allegri mengandalkan Daniele Rugani atau Martin Caceres untuk bahu-membahu dengan Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini dalam membentengi gawang Gigi Buffon.

Di lini tengah, meski masih kehilangan Roberto Pereyra dan Mario Lemina yang terkapar cedera, Juve tetap bisa menggunakan tenaga trio andalan mereka, yaitu Sami Khedira, Claudio Marchisio, dan Paul Pogba. Di bench juga masih ada Stefano Sturaro, Hernanes, dan Kwadwo Asamoah jika Allegri membutuhkan alternative lain di barisan gelandang.

Untuk sektor penyerangan, duet Paulo Dybala dan Mario Mandzukic, yang sudah sehati, hampir pasti kembali dipasang untuk menggedor gawang Roma. Sementara itu, Alvaro Morata yang performanya terus menurun sepertinya bakal tetap menghuni bangku cadangan, menemani Simone Zaza yang tampil cukup apik saat membekuk Lazio di Coppa Italia kemarin.

Jika dilihat dari catatan head-to-head, Juve memang sudah cukup lama tidak mengalahkan Roma. Dua pertemuan sebelum ini berakhir dengan kekalahan dan hasil seri. Terakhir kali Bianconeri membekap Serigala di Serie A pada 5 Oktober 2014. Namun, dengan performa yang terus menanjak, kali ini La Vecchia Signora seharusnya mampu meraup tiga poin sekaligus tetap menjaga jarak dari kejaran Inter.

***

Probable Line-ups

Juventus (3-5-2):
1 Buffon; 4 Caceres, 19 Bonucci, 3 Chiellini; 26 Lichtsteiner, 6 Khedira, 8 Marchisio, 10 Pogba, 33 Evra; 21 Dybala, 17 Mandzukic.
Bench: 25 Neto, 38 Audero, 15 Barzagli, 24 Rugani, 12 Alex Sandro, 11 Hernanes, 20 Padoin, 27 Sturaro, 22 Asamoah, 16 Cuadrado, 9 Morata, 7 Zaza.
Coach: Allegri.
Injured: Pereyra (7 days), Lemina (10 days).

Roma (3-4-2-1):
25 Szczesny; 44 Manolas, 16 De Rossi, 2 Rudiger; 24 Florenzi, 16 Pjanic, 21 Vainqueur, 3 Digne; 11 Salah, 4 Nainggolan; 9 Dzeko.
Bench: 26 De Sanctis, 1 Lobont, 35 Torosidis, 23 Gyomber, 20 Keita, 33 Emerson, 14 Iago, 57 Machin, 27 Gervinho, 97 Sadiq, 10 Totti.
Coach: Spalletti.
Injured: Strootman (20 days), Ucan & Maicon (7), Ponce (40), Capradossi (30).

Referee: Banti.
Venue: Juventus Stadium, Turin.
Kick-off: Mon, Jan 25, 2016, 02.45 WIB.
Live: OrangeTV Festival.

Prediction: Juventus 2-1 Roma.

Preview Serie A 2015-2016 Giornata 21: Juventus vs. Roma

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s