Review Coppa Italia 2015-2016 Semifinale di Andata: Juventus 3-0 Inter

Juventus berhasil melewati laga leg pertama semifinal Coppa Italia dengan mulus. Bertanding di kandang sendiri, J-Stadium, Paul Pogba dkk sukses menggelontor sang musuh bebuyutan, Inter, dengan skor yang mencolok mata, 3-0. Alvaro Morata menyumbangkan dua gol kemenangan Juve pada hari Kamis (28/01) dini hari tadi, sedangkan satu sisanya dipersembahkan oleh Paulo Dybala yang baru masuk menggantikan Morata di babak kedua.

Meski berstatus sebagai tim tamu, Inter sebenarnya langsung mengambil inisiatif untuk menyerang pada awal lagi. Namun, Juventus juga tidak tinggal diam. Sang tuan rumah juga melancarkan serangan, terutama lewat sayap kanan yang dihuni oleh Juan Cuadrado. Kecepatan dan kelincahan winger asal Kolombia itu membuat barisan pertahanan Nerazzurri kerepotan menjaga pergerakannya.

Baru beberapa menit berlangsung, laga Derby d’Italia ini mulai memanas. Penyebabnya adalah tangan Gary Medel yang menyentuh bola hasil tendangan bebas Juan Cuadrado di dalam kotak terlarang. Para pemain Juve pun melancarkan protes untuk meminta hadiah penalti. Namun, wasit Paolo Tagliavento yang memimpin jalannya laga tetap tidak bergeming dan menganggap hal itu bukan suatu pelanggaran.

Setelah terus-menerus melakukan serangan, akhirnya Juve mendapat kesempatan pada menit ke-36, lagi-lagi melalui aksi Juan Cuadrado. Bek Inter, Jeison Murillo, yang sama-sama berasal dari Kolombia, memepet penetrasi Cuadrado di dalam kotak penalti dan akhirnya menjatuhkan kompatriotnya tersebut. Kali ini, wasit pun langsung menunjuk titik putih. Para pemain Inter langsung mengerubutinya untuk melakukan protes. Namun, keputusan tetap tidak berubah.

Alvaro Morata yang maju sebagai eksekutor akhirnya mampu menunaikan tugasnya dengan baik. Tendangan penaltinya menghunjam keras dan menembus gawang Samir Handanovic. Puasa gol mantan striker Real Madrid itu pun berakhir. Skor 1-0 untuk keunggulan Juventus tersebut bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, tuan rumah yang sudah unggul 1-0 tidak memilih bermain aman dan terus melancarkan serangan. Begitu juga dengan Inter yang mulai berani keluar karena ingin segera membobol gawang Juventus dan menyamakan skor. Tempo permainan pun kembali meningkat.

Upaya Bianconeri untuk menambah gol akhirnya tercapai pada menit ke-63. Berawal dari kerja samanya dengan Juan Cuadrado, Patrice Evra kemudian melepaskan umpan silang ke depan gawang Inter. Felipe Melo sebenarnya sempat mencoba untuk menahan laju bola, namun gagal. Alvaro Morata yang melihat peluang tersebut kemudian langsung menembaknya dan membuat kedudukan menjadi 2-0.

Tertinggal dua gol membuat para pemain Inter semakin frustrasi dan mulai kembali ke tabiat asli mereka, bermain keras. Akibatnya, pada menit ke-70, ibarat sudah jatuh tertimpa tangga, Jeison Murillo mendapat kartu kuning kedua dan diusir keluar lapangan oleh wasit setelah menjegal Juan Cuadrado dengan kasar. Inter pun harus bermain dengan 10 orang dan membuat harapan mereka untuk menyamakan skor semakin jauh.

Setelah Juve unggul jumlah pemain, pelatih Max Allegri pun mulai melakukan pergantian pemain. Mario Mandzukic yang kali ini mandul ditarik keluar dan Paulo Dybala dimasukkan. Hasilnya, baru tujuh menit berada di lapangan, tepatnya di menit ke-83, La Joya langsung menambah keunggulan Juve. Gol terakhir yang menjebol gawang Inter tersebut tercipta dengan indah. Memanfaatkan umpan silang dari Kwadwo Asamoah di sisi kiri, Paulo Dybala menembus kotak penalti La Beneamata dan melepaskan tembakan keras yang melewati kolong kaki kiper Samir Handanovic. Skor pun berubah menjadi 3-0.

Dengan kemenangan ini, Juve sudah melangkahkan satu kakinya di babak final. Memang, masih ada laga leg kedua di kandang Inter pada awal bulan Maret. Namun, hanya faktor kejutan dan keajaiban yang bisa membuat sang Nyonya Tua terjungkal dengan selisih empat gol di San Siro. Di partai puncak, AC Milan tampaknya bakal menunggu setelah kemarin menumbangkan tim Serie C, Alessandria, dengan skor 1-0.

***

Ratings

Juventus (3-5-2): 7.5
Neto 6; Caceres 6.5, Bonucci 6.5, Chiellini 6; Cuadrado 7.5/Padoin 6 (90′), Pogba 6.5, Marchisio 6.5, Asamoah 7, Evra 6.5/Alex Sandro 6 (83′); Mandzukic 6.5/Dybala 7 (77′), Morata 8.
Coach: Allegri 7.5.

Inter (4-3-3): 4.5
Handanovic 5; D’Ambrosio 4.5, Miranda 5, Murillo 4, Nagatomo 4.5; Melo 5/Brozovic 5.5 (64′), Medel 5.5, Kondogbia 5; Biabiany 5.5/Icardi 6 (77′), Ljajic 5/Juan Jesus 6 (80′), Jovetic 4.5.
Coach: Mancini 4.5.

Referee: Paolo Tagliavento.

Man of the Match: Alvaro Morata.

Review Coppa Italia 2015-2016 Semifinale di Andata: Juventus 3-0 Inter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s