Preview Serie A 2015-2016 Giornata 23: Juventus vs. Genoa

Tak ada waktu lama bagi Juventus untuk menikmati rekor 12 kemenangan beruntun setelah menghajar ChievoVerona dengan skor 4-0 akhir pekan yang lalu. Hari Kamis (04/02) dini hari WIB nanti, Gigi Buffon dkk akan melanjutkan tren positif mereka dengan menjamu Genoa di J-Stadium. Tanpa meremehkan tamunya, tim besutan Max Allegri tersebut berpeluang melewati catatan era Antonio Conte dengan mencetak streak 13 kemenangan.

Selain untuk memburu rekor, Juve juga membutuhkan tiga poin saat melawan Genoa untuk terus menempel Napoli di puncak klasemen. Bahkan, Bianconeri berpeluang untuk mengkudeta il Partenopei karena pada saat bersamaan Gonzalo Higuain dkk bakal dijamu oleh lawan yang tidak ringan, yaitu Lazio di Stadio Olimpico. Syarat untuk merebut capolista, Juve harus menang dan Napoli keok pada laga giornata ke-23 ini.

Untuk menghabisi Genoa, Juventus dihadapkan dengan absennya Sami Khedira dan Giorgio Chiellini, menyusul Kwadwo Asamoah dan Mario Mandzukic yang sudah lebih dulu tumbang. Khedira bakal menepi selama 2-3 pekan karena cedera betis kanan. Sementara itu, Chiellini kabarnya tidak mengalami cedera, tapi sengaja diistirahatkan oleh Allegri karena kelelahan.

Di lini depan, ketiadaan Mandzukic tidak terlalu mengkhawatirkan karena masih ada Alvaro Morata yang kemungkinan besar akan kembali mendampingi Paulo Dybala. Striker yang disia-siakan oleh Real Madrid itu sedang menikmati momen kebangkitan setelah mengakhiri kemandulannya dengan mencetak empat gol dalam dua laga terakhir. Pilihan lainnya, jika Dybala disimpan, Morata akan ditandemkan dengan Simone Zaza.

Di lini tengah, absennya Sami Khedira membuat Juve mau tak mau harus mengandalkan Stefano Sturaro untuk mendampingi Claudio Marchisio dan Paul Pogba yang tampil moncer akhir pekan kemarin. Alternatif lainnya adalah memasang Hernanes sebagai regista, lalu menggeser Marchisio untuk menempati posisi Khedira. Selain itu, di bangku cadangan juga masih ada Roberto Pereyra dan Mario Lemina yang baru saja kembali dari cedera.

Di lain pihak, Genoa bakal bertandang ke Turin dengan skuat lengkap tanpa gangguan cedera. Pelatih Gian Piero Gasperini tampaknya akan kembali mengandalkan Leonardo Pavoletti untuk menggedor gawang Juventus. Tim tuan rumah memang perlu mewaspadai sepak terjang striker yang sudah mengemas 10 gol dan saat ini menjadi top scorer il Grifone tersebut. Jika tidak hati-hati, bukan tidak mungkin Pavoletti bakal menjebol gawang Buffon.

Meski demikian, dilihat dari kualitas skuat secara keseluruhan, sangat sulit bagi Genoa untuk membuat kejutan dengan menumbangkan Juventus di kandang sendiri. Apalagi dengan penampilan sang Nyonya Tua yang lagi hot-hotnya saat ini. Statistik juga berpihak pada tim Zebra. Dalam lima pertemuan terakhir, Juve menang empat kali dan hanya tumbang sekali dari Genoa. Maka dari itu, jika pertandingan berlangsung normal dan tidak ada keajaiban, seharusnya La Vecchia Signora bisa mengakhiri laga dini hari nanti dengan meraup tiga poin di tangan.

***

Probable Line-ups

Juventus (3-5-2):
1 Buffon; 4 Caceres, 19 Bonucci, 15 Barzagli; 16 Cuadrado, 27 Sturaro, 8 Marchisio, 10 Pogba, 33 Evra; 9 Morata, 7 Zaza.
Bench: 25 Neto, 34 Rubinho, 24 Rugani, 12 Alex Sandro, 26 Lichtsteiner, 20 Padoin, 11 Hernanes, 37 Pereyra, 18 Lemina, 21 Dybala.
Coach: Allegri.
Injured: Chiellini, Khedira, Asamoah, Mandzukic.

Genoa (3-4-1-2):
1 Perin; 24 Munoz, 8 Burdisso, 5 Izzo; 3 Ansaldi, 88 Rincon, 30 Rigoni, 93 Laxalt; 17 Suso; 11 Cerci, 19 Pavoletti.
Bench: 23 Lamanna, 33 Donnarumma, 4 De Maio, 15 Marchese, Gabriel Silva, 77 Tachtsidis, 18 Ntcham, 31 Dzemaili, 16 Capel, 22 Lazovic, 21 Pandev.
Coach: Gasperini.
Injured: –

Referee: Russo.
Venue: Juventus Stadium, Turin.
Kick-off: Thu, Feb 4, 2016, 02.45 WIB.
Live: beIN SPORTS 2.

Prediction: Juventus 2-0 Genoa.

Preview Serie A 2015-2016 Giornata 23: Juventus vs. Genoa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s