Review Serie A 2015-2016 Giornata 23: Juventus 1-0 Genoa

Meski harus bersusah-payah, Juventus akhirnya mampu melanjutkan tren positif mereka dengan menundukkan Genoa di J-Stadium pada hari Kamis (04/02) dini hari WIB kemarin. Gol tunggal Juve tercipta dari hasil gol bunuh diri pemain tim tamu, Sebastian De Maio, pada babak pertama.

Kemenangan tersebut sekaligus menandai rekor kemenangan beruntun terpanjang sang Nyonya Tua dalam sejarah Serie A, yaitu 13 laga. Sebelum ini, catatan terbaik ditorehkan saat Juventus masih dilatih oleh Antonio Conte, yaitu 12 kemenangan beruntun, pada musim 2013-2014.

Saat laga giornata ke-23 melawan Genoa kemarin, pelatih Max Allegri melakukan sedikit rotasi dengan memainkan Martin Caceres dan Simone Padoin karena Giorgio Chiellini kelelahan dan Sami Khedira cedera. Juve memang masih mendominasi permainan sejak babak pertama. Namun, serangan mereka kurang menggigit dan mudah diantisipasi oleh Genoa.

Beruntung, Juve mampu mengunci kemenangan berkat gol bunuh diri pemain lawan pada menit ke-31. Bek Genoa Sebastian De Maio yang bermaksud membuang bola crossing dari Juan Cuadrado di dalam kotak penalti malah menjebol gawangnya sendiri yang dikawal oleh Mattia Perin. Skor pun berubah menjadi 1-0 dan bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Genoa mulai berani keluar menyerang untuk menyamakan kedudukan. Tetapi,tidak ada yang membahayakan gawang Buffon. Juve sendiri yang mengandalkan Alvaro Morata sebagai ujung tombak tampak melempem. Tidak seperti pada dua laga sebelumnya di mana dia memborong empat gol. Allegri pun merespon hal tersebut dengan mengganti Morata dan memasukkan Simone Zaza pada menit ke-54.

Baru semenit di lapangan, Zaza langsung mendapat peluang emas berkat umpan dari Paulo Dybala. Sayangnya, striker berkepala plontos ala Lex Luthor itu gagal mengecoh kiper Genoa. Padahal, mereka sudah berhadapan one-on-one. Juve pun gagal menambah keunggulan.

Dalam upaya untuk mempertahankan kemenangan, Juve harus kehilangan Martin Caceres pada menit ke-63. Bek yang menggantikan Giorgio Chiellini itu mengalami cedera pada tumitnya. Dan, tampaknya cukup parah. Daniele Rugani pun kemudian dimasukkan untuk bahu-membahu dengan Leonardo Bonucci dan Andrea Barzagli.

Saat memasuki injury-time, skor masih tetap 1-0. Mungkin karena frustrasi tidak mampu menambah gol, Zaza melakukan pelanggaran bodoh dengan menjegal bek Genoa dari belakang. Wasit pun mengganjarnya dengan kartu merah. Beruntung bagi Juve, mereka hanya bermain dengan 10 orang saat laga hampir usai. Genoa tidak memiliki cukup waktu untuk mengejar dan menyamakan kedudukan.

Selama 90 menit, Juve memang sedikit unggul dalam penguasaan bola. Sekitar 52 persen. Tetapi, dari 11 tembakan yang mereka lontarkan, hanya dua yang on target, dan satu yang menjadi gol. Sementara itu, Genoa hanya mampu melepaskan tujuh tembakan dengan dua di antaranya mengarah ke gawang Buffon, tapi tak ada yang menjadi gol.

Dengan kemenangan ini, Juve tetap berada di posisi kedua, tertinggal dua poin dari Napoli di puncak klasemen. Il Partenopei pada saat bersamaan dengan gagah menggelontor tuan rumah Lazio dua gol tanpa balas. Pertemuan antara Bianconeri dan Napoletani sepuluh hari lagi mungkin bakal menentukan siapa yang bakal menjadi juara Serie A musim ini.

***

Ratings

Juventus (3-5-2): 6
Buffon 6; Caceres 6/Rugani 6 (63′), Bonucci 5.5, Barzagli 6.5; Cuadrado 7, Padoin 6, Marchisio 6, Pogba 6, Evra 6/Alex Sandro 6 (41′); Dybala 6.5, Morata 5.5/Zaza 4.5 (54′).
Coach: Allegri 6.

Genoa (3-4-1-2): 5.5
Perin 5; Munoz 6, De Maio 5, Izzo 6; Ansaldi 6, Dzemaili 5.5/Matavz 5 (81′), Rigoni 5, Silva 5.5; Ntcham 5/Capel 5 (58′); Pavoletti 6, Cerci 5.5/Suso 5 (54′).
Coach: Gasperini 5.5.

Man of the Match: Juan Cuadrado.

Review Serie A 2015-2016 Giornata 23: Juventus 1-0 Genoa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s