Preview Serie A 2015-2016 Giornata 24: Frosinone vs. Juventus

Juventus bakal melawat ke kandang tim gurem Frosinone, yaitu Stadio Matusa, pada laga giornata ke-24, hari Minggu (07/02) ini. Melihat posisi di klasemen sementara, tim penghuni peringkat ke-19 yang baru musim ini promosi dari Serie B ke Serie A itu memang ibarat bumi dan langit jika dibandingkan dengan Juve yang kini berada di ranking kedua, di belakang Napoli.

Meski demikian, Juventus selaku tim tamu tidak boleh menganggap remeh sang tuan rumah, yang pada pertemuan pertama tahun lalu mampu membuat kejutan dengan menahan imbang Bianconeri dan mencuri satu poin di J-Stadium. Memang, saat itu penampilan sang Nyonya Tua tengah amburadul sehingga tak mampu mengalahkan tim antah-berantah semacam Frosinone. Namun, kali ini, jika Gigi Buffon dkk tidak waspada, kejutan serupa bisa saja terulang.

Untuk melakukan revans dan membawa pulang tiga poin dari Frosinone, pelatih Max Allegri dihadapkan pada problem cederanya sejumlah pemain kunci. Tanpa Giorgio Chiellini, Martin Caceres, Sami Khedira, Kwadwo Asamoah, dan Mario Mandzukic, Juve mungkin terpaksa kembali menerapkan pola 4-3-1-2. Padahal, dalam 13 laga terakhir di Serie A, La Vecchia Signora sukses mencatat rekor kemenangan beruntun dengan menggunakan skema 3-5-2 yang sudah kelihatan menyatu dengan para pemain.

Selain terkena badai cedera, Juve juga tidak bisa menurunkan Simone Zaza yang terkena sanksi larangan bermain setelah mendapat kartu merah saat mengalahkan Genoa tengah pekan kemarin. Praktis, untuk lini depan, Allegri hanya memiliki dua opsi saja, yaitu Paulo Dybala dan Alvaro Morata. Keduanya kemungkinan besar akan diturunkan bersama untuk menggedor gawang Frosinone, yang dijaga oleh kiper muda pinjaman dari Juve, yaitu Nicola Leali.

Sementara itu, untuk lini belakang, jika memang benar bakal memasang formasi empat bek, Allegri mungkin akan memberi kepercayaan kepada Daniele Rugani untuk berduet dengan Andrea Barzagli atau Leonardo Bonucci sebagai centre-back. Keduanya harus mewaspadai dua penyerang Frosinone, yaitu Daniel Ciofani dan Federico Dionisi yang masing-masing sudah mencetak lima dan tujuh gol.

Selain untuk mempertajam rekor menjadi 14 kemenangan beruntun di Serie A, laga melawan Frosinone ini memang wajib dimenangkan oleh Juve untuk terus menempel ketat Napoli di puncak klasemen. Pada saat bersamaan, il Partenopei hanya akan menjamu tim gurem lainnya, yaitu Carpi. Dengan on fire-nya Gonzalo Higuain, tim besutan Maurizio Sarri itu diperkirakan tak akan kesulitan melibas tim yang baru musim ini promosi dari Serie B tersebut.

Maka dari itu, gap dua poin wajib dijaga oleh Juve sebelum mereka menjamu Napoli pada grande partita pekan depan. Laga pada giornata ke-25 tersebut diperkirakan bakal menjadi kunci siapa yang akan menjadi penguasa scudetto musim ini. Namun, langkah pertama bagi Juve tentu saja harus bisa melibas Frosinone dulu akhir pekan ini. Dengan mentalitas juara yang mereka miliki, seharusnya tiga angka bisa dibawa pulang dari Stadio Matusa.

***

Probable Line-ups

Frosinone (4-3-3):
33 Leali; 28 Rosi, 4 Russo, 6 Blanchard, 3 Crivello; 5 Gori, 22 Chibsah, 21 Sammarco; 19 Tonev, 9 D. Ciofani, 18 Dionisi.
Bench: 1 Zappino, 25 Bardi, 13 M. Ciofani, 44 Pryima, 7 Frara, 8 Gucher, 10 Soddimo, 29 Carlini, 17 Paganini, 12 Longo.
Coach: Stellone.
Suspended: –
Injured: Kragi, Pavlovic, & Ajeti (unpredictable).

Juventus (4-3-1-2):
1 Buffon; 26 Lichtsteiner, 24 Rugani, 15 Barzagli, 33 Evra; 20 Padoin, 8 Marchisio, 10 Pobga; 11 Hernanes; 9 Morata, 21 Dybala.
Bench: 25 Neto, 34 Rubinho, 38 Audero, 19 Bonucci, 16 Cuadrado, 12 Alex Sandro, 27 Sturaro, 37 Pereyra, 18 Lemina, 39 Favilli.
Coach: Allegri.
Suspended: Zaza (1).
Injured: Caceres (season finish), Asamoah (2 days), Mandzukic (15), Khedira (15), Chiellini (unpredictable).

Referee: Massa.
Venue: Stadio Matusa, Frosinone.
Kick-off: Sun, Feb 7, 2016, 21.00 WIB.
Live: beIN SPORTS 1.

Prediction: Frosinone 0-3 Juventus.

Preview Serie A 2015-2016 Giornata 24: Frosinone vs. Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s