Review Serie A 2015-2016 Giornata 24: Frosinone 0-2 Juventus

Seperti ketika mengalahkan Genoa tengah pekan yang lalu, Juventus juga harus bersusah-payah untuk menundukkan tuan rumah Frosinone pada hari Minggu (07/02) kemarin. Meski menguasai permainan, gol pembuka kemenangan Bianconeri yang dicetak oleh Juan Cuadrado baru tercipta pada menit ke-74, sebelum akhirnya digenapi oleh Paulo Dybala pada masa injury time.

Sejak awal laga, Juve memang mendominasi ball possession. Sementara itu, Frosinone yang menyadari perbedaan kualitas yang mereka miliki, lebih banyak bertahan di belakang untuk menahan gempuran para penggawa tim Zebra. Penampilan cemerlang kiper Nicola Leali juga membuat gawang tim gurem tersebut sulit dijebol oleh Alvaro Morata dkk. Ironisnya, Leali adalah pemain pinjaman dari Juventus.

Setelah hanya mampu bermain imbang tanpa gol pada babak pertama, pelatih Max Allegri mendorong Juventus untuk lebih agresif lagi pada babak kedua. Dybala berkali-kali mencoba segala cara untuk menembus pertahanan Frosinone. Sayangnya, mantan striker Palermo itu selalu gagal menjebol gawang Leali. Termasuk satu peluang emas di mana tembakan melengkung kaki kirinya membentur tiang.

Upaya Juve untuk memecah kebuntuan akhirnya menampakkan hasil pada menit ke-74. Alex Sandro yang kemarin tampil cemerlang melakukan penetrasi dari sayap kiri, kemudian mengirim umpan crossing menyusur tanah ke dalam kotak penalti. Juan Cuadrado yang menusuk dari sayap kanan tak membuang peluang tersebut dan langsung menembak bola untuk menjebol gawang Frosinone.

Meski sudah mencetak satu gol dan waktu tersisa 15 menit, Juve tetap berusaha menambah keunggulan. Namun, upaya Bianconeri tersebut baru terealisasi pada masa injury time. Memanfaatkan assist dari Morata, Dybala yang sejak awal gemas untuk mencetak gol akhirnya berhasil menaklukkan kiper Leali dengan tembakan melengkungnya.

Juve pun menutup laga yang diguyur hujan gerimis ini dengan sk0r 2-0. Selama 90 menit, Claudio Marchisio mampu menjadi dirigen permainan La Vecchia Signora dengan penguasaan bola mencapai 66 persen. Sebanyak 19 tembakan mereka lepaskan, sembilan di antaranya on target, dan dua menjadi gol. sementara itu, Frosinone yang melakukan parkir bus hanya melesatkan dua tembakan, tanpa ada satu pun yang mengarah ke gawang Buffon.

Dengan kemenangan ini, Juve masih belum mampu menggeser Napoli. Gol penalti tunggal Gonzalo Higuain ke gawang Carpi membuat il Partenopei kukuh sebagai capolista dengan keunggulan dua poin atas sang Nyonya Tua. Laga akhir pekan nanti antara kedua tim yang saling bermusuhan tersebut tampaknya bakal menjadi penentu siapa peraih scudetto musim ini.

***

Ratings

Frosinone (4-3-3): 6
Leali 7; Rosi 6.5, Russo 6.5, Blanchard 6.5, Crivello 5.5; Chibsah 6/Frara 5.5 (72’), Gori 5.5/Soddimo 6 (81′), Sammarco 5.5; Tonev 5.5, Ciofani 5.5/Longo 6 (86’), Dionisi 5.5.
Coach: Stellone 6.

Juventus (3-5-2): 7
Buffon 6; Barzagli 7, Bonucci 6, Chiellini 6/Rugani 6 (77′); Cuadrado 7, Sturaro 6/Pereyra 6 (66′), Marchisio 7, Pogba 6, Alex Sandro 7; Dybala 6.5, Morata 5.5/Favilli 6 (90′).
Coach: Allegri 6.5.

Man of the Match: Claudio Marchisio.

Review Serie A 2015-2016 Giornata 24: Frosinone 0-2 Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s