Preview Serie A 2015-2016 Giornata 25: Juventus vs. Napoli

Juventus bakal menjalani salah satu pertandingan terpenting mereka musim ini ketika menjamu Napoli pada Hari Valentine, Minggu (14/02) dini hari WIB. Laga pada giornata ke-25 ini bisa menjadi penentu scudetto antara kedua tim yang kini menduduki posisi teratas di Liga Italia Serie A. Jika berhasil menang, Bianconeri, yang saat ini tertinggal dua poin, bakal mengkudeta il Partenopei dari puncak klasemen.

Setelah sempat terseok pada awal musim, Juventus dan Napoli kini memang menjelma menjadi tim yang paling hot di Italia. Gigi Buffon dkk sudah mencatat rekor 14 kemenangan beruntun di Serie A. Sementara itu, Marek Hamsik dkk juga tak mau kalah dengan selalu meraup tiga poin dalam delapan laga terakhir mereka. Bentrokan weekend ini bisa saja menjadi akhir dari trend positif salah satu tim tersebut.

Pada pertemuan pertama tahun lalu, Napoli sukses membekap Juventus di Stadio San Paolo dengan skor 2-1. Saat ini, Juve tentu ingin membalas dendam atas kekalahan mereka. Namun, tim besutan Max Allegri tersebut menghadapi kendala dengan cederanya Giorgio Chiellini dan Martin Caceres di lini belakang, serta belum fitnya Sami Khedira di lini tengah. Selain itu, sang ujung tombak Mario Mandzukic juga masih tergolek tak berdaya.

Dengan absennya sejumlah pemain kunci tersebut, Max Allegri harus memutar otak untuk meramu formasi yang pas. Biasanya, allenatore yang dicampakkan oleh AC Milan itu menggunakan skema 3-5-2. Akan tetapi, untuk meredam Napoli, pelatih dengan senyum menawan itu mungkin akan menerapkan pola 4-4-2 yang fleksibel dan bisa bertransformasi menjadi 3-5-2 di tengah pertandingan.

Empat bek yang bakal dipasang untuk melindungi gawang Gigi Buffon, kemungkinan, adalah Stephan Lichtsteiner, Leonardo Bonucci, Andrea Barzagli, dan Patrice Evra. Di bangku cadangan juga masih ada Daniele Rugani dan Alex Sandro jika Allegri membutuhkan alternatif lain. Benteng pertahanan Juve memang dituntut untuk tampil kompak guna meredam keganasan capocannoniere Serie A, Gonzalo Higuain, yang saat ini lagi hot-hotnya.

Sementara itu, di lini tengah, Juan Cuadrado dan Paul Pogba mungkin akan bermain melebar di sayap kanan dan kiri. Keduanya akan mengapit Stefano Sturaro dan Claudio Marchisio sebagai duo gelandang pengendali permainan. Dengan absennya Sami Khedira dan Kwadwo Asamoah, Allegri masih memiliki Roberto Pereyra, Simone Padoin, Mario Lemina, dan Hernanes sebagai pilihan pengganti di bangku cadangan.

Untuk dua tukang gedor di depan, Paulo Dybala hampir pasti menjadi andalan utama. Striker asal Argentina itu kemungkinan akan ditemani oleh salah satu dari Alvaro Morata atau Simone Zaza. Absennya Mandzukic yang selama ini sudah sehati dengan Dybala memang membuat ketajaman lini serang Juve agak menurun. Morata atau Zaza yang tampil sebagai pengganti diharapkan bisa menunjukkan keganasan dalam menuntaskan umpan-umpan matang dari La Joya.

Di lain pihak, Napoli bakal bertandang ke Juventus Stadium tanpa kendala berarti. Tidak ada pemain inti yang cedera atau terkena sanksi. Maurizio Sarri bisa memaksimalkan kemampuan anak-anak asuhnya untuk kembali menghajar Juve di kandang mereka sendiri. Gonzalo Higuain akan tetap menjadi senjata utama untuk mencabik-cabik gawang Gigi Buffon.

Selain Higuain, Napoli juga masih memiliki the Hobbit Lorenzo Insigne dan winger buangan dari Madrid Jose Callejon yang tak kalah garang dalam memporak-porandakan pertahanan lawan. Juve harus mewaspadai ketiganya, plus Marek Hamsik yang kerap menusuk dari lini tengah untuk mencetak gol. Sekali saja lengah, gawang Buffon bisa menjadi korban seperti di pertemuan pertama yang lalu.

Pertempuran seru juga bakal terjadi di lapangan tengah antara Jorginho dan Allan melawan Marchisio dan Sturaro. Seandainya ada Khedira, Juve mungkin bisa sedikit unggul dalam hal pengalaman. Namun, tanpa gelandang asal Jerman itu, kekuatan kedua tim sepertinya bakal seimbang dalam upaya mereka untuk mendominasi penguasaan bola.

Melihat situasi dan kondisi terkini, hasil seri mungkin merupakan hasil yang paling adil. Tetapi, dengan melihat status mereka sebagai tuan rumah, seharusnya Juve mampu memanfaatkan keuntungan tersebut. Kemenangan tipis semestinya juga bukan hal yang mustahil untuk diraih. Jika hal tersebut bisa direalisasikan, upaya untuk menggusur Napoli dari posisi capolista bukan lagi sekadar angan-angan.

***

Probable Line-ups

Juventus (4-4-2):
1 Buffon; 26 Lichtsteiner, 19 Bonucci, 15 Barzagli, 33 Evra; 16 Cuadrado, 27 Sturaro, 8 Marchisio, 10 Pogba; 21 Dybala, 9 Morata.
Bench: 25 Neto, 34 Rubinho, 24 Rugani, 18 Lemina, 20 Padoin, 37 Pereyra, 11 Hernanes, 12 Alex Sandro, 7 Zaza, 39 Favilli.
Coach: Allegri.
Injured: Mandzukic (10-15 days), Asamoah (3 days), Khedira (7 days), Chiellini (18 days), Caceres (season finish).

Napoli (4-3-3):
25 Reina; 2 Hysaj, 33 Albiol, 26 Koulibaly, 31 Ghoulam; 5 Allan, 8 Jorginho, 17 Hamsik; 7 Callejon, 9 Higuain, 24 Insigne.
Bench: 1 Rafael, 22 Gabriel, 11 Maggio, 21 Chiriches, 18 Regini, 3 Strinic, 19 Lopez, 6 Valdifiori, 94 Chalobah, 77 El Kaddouri, 23 Gabbiadini, 14 Mertens.
Coach: Sarri.
Injured: Grassi.

Referee: Orsato.
Venue: Juventus Stadium, Turin.
Kick-off: Sun, Feb 14, 2016, 02.45 WIB.
Live: beIN SPORTS 1.

Prediction: Juventus 2-1 Napoli.

Preview Serie A 2015-2016 Giornata 25: Juventus vs. Napoli

One thought on “Preview Serie A 2015-2016 Giornata 25: Juventus vs. Napoli

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s