Review Serie A 2015-2016 Giornata 25: Juventus 1-0 Napoli

Juventus berhasil melewati salah satu ujian terberat mereka musim ini dengan membekap Napoli di J-Stadium, pada hari Minggu (14/02) dini hari WIB kemarin. Kemenangan dengan skor 1-0 pada giornata ke-25 itu sekaligus menandai kembalinya sang Nyonya Tua ke puncak klasemen Liga Italia Serie A, untuk pertama kalinya musim ini.

Sejak awal, laga bertajuk grande partita tersebut menyajikan jual-beli serangan antara kedua tim. Napoli yang kali ini menjadi tim tamu tampak percaya diri dalam menyerang pertahanan tuan rumah. Juventus pun merespon tekanan il Partenopei dengan melancarkan tembakan-tembakan ke gawang Pepe Reina. Sayangnya, upaya yang dilakukan oleh Paul Pogba dan Paulo Dybala masih belum menemui sasaran.

Empat bek Napoli memang bermain sangat disiplin dalam menjaga teritori mereka. Akibatnya, Juve mengalami kesulitan dalam menembus benteng pertahanan tamunya. Juan Cuadrado dan Claudio Marchisio berusaha memecah kebuntuan dengan melakukan tembakan jarak jauh. Namun, belum ada yang mampu menggetarkan gawang Reina.

Napoli sendiri sebenarnya nyaris unggul terlebih dahulu. Pada menit ke-37, Raul Albiol menyundul bola hasil sepak pojok dan seharusnya 90% menjadi gol. Untungnya, Juve memiliki santo pelindung dalam diri Gianluigi Buffon. Kiper legendaris itu melakukan penyelamatan gemilang dan menjaga gawangnya tetap perawan hingga turun minum.

Pada awal babak kedua, baik Juve maupun Napoli masih saling menekan. Namun, tetap tidak ada gol yang tercipta. Pada menit ke-52, tuan rumah harus kehilangan Leonardo Bonucci karena mengalami cedera. Daniele Rugani pun masuk menggantikan mantan bek Inter tersebut. Untuk menambah daya gedor, pada menit ke-58, pelatih Max Allegri kemudian menarik Alvaro Morata yang tampil melempem dan memasukkan Simone Zaza.

Memasuki menit ke-60, Juve masih terus berupaya mencetak gol. Kemenangan menjadi harga mati bagi Bianconeri jika ingin mengkudeta Napoli dari puncak klasemen. Sayangnya, harapan sang Nyonya Tua belum terwujud saat itu. Tembakan kaki kiri Dybala yang memanfaatkan umpan dari Pogba masih melenceng di atas gawang Reina.

Napoli yang sebenarnya hanya butuh hasil seri untuk mempertahankan posisi capolista juga tidak tinggal diam. Gonzalo Higuain dkk berusaha untuk mempermalukan tuan rumah di kandang sendiri. Hasilnya, tembakan jarak jauh Marek Hamsik nyaris membuat mereka unggul seandainya tidak melebar dari gawang Buffon.

Memasuki lima menit menjelang laga berakhir, para Juventini tampaknya sudah pasrah bahwa laga bakal berakhir imbang tanpa gol. Namun, pada menit ke-88, dengan lo spirito “fino alla fine”, Simone Zaza melakukan tembakan keras dari luar kotak penalti. Sial bagi Napoli, bola menyentuh salah satu bek dan berubah arah sehingga lepas dari jangkauan kiper Reina.

Skor 1-0 lewat gol tunggal Zaza itu pun bertahan hingga wasit meniup peluit akhir. Dengan kemenangan ini, Juve berhasil mengumpulkan 57 poin dan menggusur Napoli dari puncak klasemen. Meski demikian, perburuan scudetto masih terbuka lebar. Napoletani hanya tertinggal dua angka dan masih sangat berpeluang untuk membalik keadaan. Persaingan antara kedua tim mungkin bakal berlangsung hingga akhir musim nanti.

***

Ratings

Juventus (4-4-2): 6.5
Buffon 6; Evra 6.5, Barzagli 7.5, Bonucci 7/Ruggani 6 (52′), Lichsteiner 6.5; Pogba 6.5, Marchisio 6.5, Khedira 6.5, Cuadrado 6.5; Morata 5.5/Zaza 7.5 (58′), Dybala 6/Alex Sandro 6 (86′)
Coach: Allegri 7.

Napoli (4-3-3): 5.5
Reina 6; Ghoulam 5.5, Koulibaly 5, Albiol 6, Hysaj 5.5; Hamsik 5, Jorginho 6, Allan 5.5/Gabbiadini 6 (89′); Insigne 5/Mertens 6 (77′), Higuain 5.5, Callejon 5.
Coach: Sarri 5.5.

Referee: Orsato 7.

Man of the Match: Simone Zaza.

Review Serie A 2015-2016 Giornata 25: Juventus 1-0 Napoli

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s