Preview Film: Zootopia (2016)

Sambil menunggu Kungfu Panda 3 yang dirilis agak telat di Indonesia, para moviemania bisa terlebih dahulu menikmati Zootopia yang akan tayang serentak pada tanggal 17 Februari 2016. Film animasi ke-55 yang diproduksi sepanjang sejarah Disney tersebut menceritakan kisah tentang sebuah kota modern yang dihuni oleh hewan.

Menurut salah satu sutradaranya, Byron Howard, Zootopia bisa jadi merupakan film animasi pertama tentang kehidupan hewan di dunia modern. Selama ini, yang sudah pernah dibuat adalah film hewan di dunia hewan, atau hewan di dunia manusia.

Sebagai sebuah kota metropolis yang modern, Zootopia bisa dibilang merupakan New York-nya dunia hewan. Di animal city tersebut, yang berkuasa adalah hewan mamalia. Yang digambarkan berjalan dengan menggunakan dua kaki dan berperilaku layaknya manusia. Hewan-hewan tersebut juga berprofesi seperti manusia. Ada yang menjadi model, bintang iklan, artis, penyanyi, polisi, dan dll.

Salah satu karakter hewan yang menjadi tokoh utama di film ini adalah seorang, eh seekor, eh seorang (terserahlah..) kelinci cewek bernama Judy Hopps (suaranya diisi oleh Ginnifer Goodwin). Dia tergabung dalam Zootopia Police Department. Selama menjalankan tugasnya sebagai polisi, Judy, seorang cewek yang bertubuh kecil dan kerempeng, kerap diremehkan oleh rekan-rekan prianya sesama polisi yang berpostur tinggi besar.

Untuk membuktikan diri bahwa dia juga layak dihargai sebagai seorang polisi, suatu ketika Judy memutuskan untuk menerima tugas mengusut hilangnya seekor berang-berang. Dalam usahanya untuk memecahkan kasus tersebut, Judy mendapat bantuan yang tidak disengaja dari seekor rubah merah yang sangat cerewet bernama Nick Wilde (Jason Bateman). Mampukah Judy menyelesaikan misinya hanya dalam waktu 48 jam?

Sejatinya, saat Zootopia pertama dibuat, Judy hanyalah pemeran pendukung. Karakter utamanya adalah si rubah jantan Nick yang berprofesi sebagai con artist. Namun, duo sutradara Byron Howard dan Rich Moore akhirnya memutuskan bahwa si kelinci betina yang terpilih menjadi tokoh protagonis.

Selain Judy dan Nick, Zootopia juga menampilkan Gazelle, seekor kijang betina sexy yang suaranya diisi oleh Shakira. Sebagai seorang pop star dari Sahara Square, Gazelle banyak membintangi iklan di Zootopia, salah satunya adalah iklan Preyda (plesetan dari Prada), brand fashion terkemuka di dunia. Detail karakter Gazelle memang sengaja dibuat semirip mungkin dengan Shakira. Mulai dari mata, hidung, sampai rambut pirangnya merupakan gambaran dari penyanyi asal Kolombia tersebut.

Selama ini, Shakira memang selalu menampik tawaran proyek film yang menghampirinya. Namun, saat mengunjungi studio Walt Disney di Los Angeles dan melihat proses pembuatan Zootopia, pacar Gerard Pique tersebut langsung jatuh cinta pada karakter Gazelle dan setuju untuk memerankannya. Bahkan, dia sempat meminta para animator untuk memperbesar pinggul Gazelle yang semula dia rasa terlalu kurus. Hasilnya, muncul seekor kijang sexy dengan (maaf) bokong besar yang siap ber-waka-waka menggoyang panggung layaknya Shakira.

Selain mengisi suara, Shakira alias Gazelle juga menyanyikan lagu yang menjadi soundtrack utama dari Zootopia. Judulnya Try Everything. Pesan yang ingin disampaikan untuk anak-anak adalah optimisme dan percaya diri dalam menghadapi masalah. Original song tersebut merupakan karya dari Sia dan Stargate sebagai co-writer.

Pembuatan film Zootopia sendiri tidaklah mudah. Karena tidak menampilkan karakter manusia sama sekali, tim produksi dari Disney butuh waktu sampai 18 bulan untuk meneliti dunia hewan. Yang mereka pelajari tidak hanya penghuni Animal Kingdom di Walt Disney World, tapi juga kehidupan binatang-binatang liar di alam bebas, tepatnya di Kenya, Afrika. Detail setiap karakter hewan di Zootopia memang dibuat sesuai dengan aslinya, termasuk bulu-bulunya.

Untuk menggarap Zootopia, Disney menunjuk duet sutradara yang selama ini dikenal jago membesut film animasi, yaitu Byron Howard dan Rich Moore. Mereka dibantu oleh Jared Bush sebagai co-director. Howard selama ini dikenal lewat karyanya yang berjudul Tangled (2010). Sementara itu, Moore adalah sosok dibalik kesuksesan Wreck-It Ralph (2010). Kolaborasi antara keduanya membuat Zootopia menjadi tontonan yang menarik dan mendapat kritik yang positif dari sejumlah situs review film.

***

Zootopia

Sutradara: Byron Howard, Rich Moore, Jared Bush
Produser: Clark Spencer
Penulis Skenario: Jared Bush, Phil Johnston
Penulis Cerita: Byron Howard, Rich Moore, Jared Bush
Pemain: Ginnifer Goodwin, Jason Bateman, Shakira, Idris Elba, JK Simmons, Nate Torrence, Jenny Slate, Bonnie Hunt, Don Lake, Octavia Spencer, Tommy Chong
Musik: Michael Giacchino
Produksi: Walt Disney Pictures, Walt Disney Animation Studios
Distributor: Walt Disney Studios Motion Pictures
Durasi: 108 menit
Rilis: 17 Februari 2016

Ratings

IMDb: 8,8
Rotten Tomatoes: 10,0
Metacritic: 7,6

Preview Film: Zootopia (2016)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s