Preview Champions League 2015-2016 Round of 16 1st Leg: Juventus vs. Bayern Muenchen

Eksistensi Juventus di Liga Champions musim ini akan mendapat ujian berat kala menjamu Bayern Muenchen pada leg pertama babak 16 besar, hari Rabu (24/02) dini hari WIB. Meski bakal sulit, kemenangan tanpa kebobolan di J-Stadium menjadi hasil yang diharapkan oleh para Juventini. Jika sampai seri atau bahkan keok, langkah Gigi Buffon dkk akan semakin terjal saat melawat ke Allianz Arena tiga pekan mendatang.

Juve sendiri menyambut Bayern dengan modal yang kurang meyakinkan. Akhir pekan kemarin, rekor 15 kemenangan beruntun Bianconeri di Liga Italia Serie A terhenti setelah ditahan imbang tanpa gol oleh Bologna. Hasil seri tersebut sekaligus mengancam posisi sang Nyonya Tua yang baru pekan lalu merebut capolista dari Napoli. Il Partenopei berpeluang kembali ke puncak jika bisa menghancurkan Milan yang sedang bangkit di Stadio San Paolo pada hari Selasa (23/02) dini hari WIB.

Sementara itu, Bayern melawat ke Turin dengan membawa modal kemenangan 3-1 atas tim antah-berantah Darmstadt di Bundesliga. Hasil tersebut semakin mengukuhkan Thomas Mueller dkk sebagai penguasa puncak klasemen. Meninggalkan Dortmund yang selalu tertahan di peringkat kedua. Trend positif di liga domestik tersebut berusaha mereka teruskan saat berlaga di kancah Eropa. Apalagi, ini musim terakhir Pep Guardiola sebelum cabut ke Manchester City. Tentu saja pelatih asal Catalunya itu ingin memberikan kenangan manis kepada publik Bavaria dengan meraih trofi Liga Champions.

Hanya saja, meski lebih diunggulkan, impian Guardiola untuk mempersembahkan si Kuping Besar tidak akan mudah diwujudkan. Juventus bukanlah lawan yang enteng. Musim lalu, tim besutan Max Allegri itu mampu menyingkirkan Borussia Dortmund yang kala itu masih diasuh oleh Juergen Klopp. Juga di babak 16 besar. Musim ini, bukan tidak mungkin La Vecchia Signora mengulangi hal yang sama. Menyingkirkan tim asal Jerman lainnya.

Untuk mewujudkan kejutan tersebut, Allegri memiliki senjata pamungkas dalam diri Mario Mandzukic. Striker yang didepak oleh Guardiola saat dia baru melatih Bayern tersebut memiliki dendam membara. SuperMario ingin membuktikan bahwa dirinya tidak kalah jika dibandingkan dengan der bomber Robert Lewandowski. Caranya, tentu saja dengan menjebol gawang Manuel Neuer.

Meski demikian, Mandzukic belum tentu bakal menjadi starter karena baru saja sembuh dari cedera. Ada kemungkinan Allegri baru akan memasukkannya pada babak kedua untuk menggantikan Alvaro Morata. Opsi menjadi starter atau cadangan sebagai partner Paulo Dybala tersebut tergantung dari kondisi Mandzukic hingga menjelang laga.

Di lini tengah, Juve juga memiliki senjata lain dalam diri Sami Khedira. Sebagai pemain asal Jerman, gelandang yang mukanya mirip aktor Aryo Wahab itu tentu saja sangat mengenal karakteristik skuat Bayern. Apalagi, selama membela Madrid dulu, Khedira kerap bentrok dengan mereka di Liga Champions. Kolaborasinya dengan Claudio Marchisio dan Paul Pogba diharapkan mampu meredam agresivitas lini tengah Muenchen yang dikomandani oleh sang mantan, Arturo Vidal.

Bagi Vidal sendiri, leg pertama 16 besar Liga Champions ini akan menjadi laga pertamanya di J-Stadium setelah dia hengkang dari Juventus awal musim kemarin. Dia menyatakan bakal merasa aneh bertanding di Turin sebagai lawan karena selama ini dia selalu dielu-elukan oleh para Juventini. Vidal mengaku hatinya masih cinta sama Juve. Dia juga mendeklarasikan dirinya sebagai fan Bianconeri. Karena itu, gelandang asal Chile itu berjanji tidak akan berselebrasi jika berhasil menjebol gawang Gigi Buffon. Ciyus, Arturo? Miapah?

Secara statistik, dalam lima pertemuan terakhir, Bayern memang lebih superior dari Juve. FC Hollywood mampu menang tiga kali. Sementara itu, tim Zebra hanya unggul sekali. Itu pun sudah lama, tanggal 3 November 2005. Lebih dari 10 tahun yang lalu. Maka dari itu, tak heran kali ini Phillip Lahm dkk lebih difavoritkan oleh berbagai pengamat dan bursa taruhan untuk menggagahi sang Nyonya Tua di kandang sendiri.

Akan tetapi, Juve bukanlah tim yang mudah dibekuk, terutama jika mereka tampil di J-Stadium. Dukungan para Juventini membuat Leonardo Bonucci dkk tampil kesetanan. Real Madrid yang bertabur bintang dan lebih diunggulkan sudah menjadi korban musim lalu. Kali ini, dengan spirit “fino alla fine”, bukan tidak mungkin La Vecchia Signora membuat kejutan dengan menghajar Bayern dan memupus impian sang mantan Arturo Vidal untuk merengkuh trofi Liga Champions.

***

Probable Lineups

Juventus (4-4-2):
Buffon; Lichtsteiner, Barzagli, Bonucci, Evra; Cuadrado, Khedira, Marchisio, Pogba; Mandzukic, Dybala.
Coach: Allegri.

Bayern Muenchen (4-3-3):
Neuer; Lahm, Benatia, Alaba, Bernat; Thiago, Vidal, Alonso; Mueller, Lewandowski, Douglas Costa.
Coach: Guardiola.

Referee: Martin Atkinson (ENG).
Venue: Juventus Stadium, Turin.
Kick-off: Wed, Feb 24, 2016, 02.45 WIB.
Live: Indovision Soccer Channel / beIN SPORTS 2.

Prediction: Juventus 2-1 Bayern Muenchen.

Preview Champions League 2015-2016 Round of 16 1st Leg: Juventus vs. Bayern Muenchen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s