Preview Serie A 2015-2016 Giornata 27: Juventus vs. Inter

Juventus kembali mendapat ujian dalam upaya mereka mempertahankan posisi di puncak klasemen Liga Italia. Pada hari Senin (29/02) dini hari WIB nanti, La Vecchia Signora akan menjamu Inter yang saat ini menduduki peringkat kelima di Serie A. Tiga poin wajib diamankan dalam laga giornata ke-27 ini jika tim Zebra tidak ingin dikudeta oleh Napoli yang hanya tertinggal satu poin di belakang mereka.

Akhir pekan yang lalu, meski hanya mampu bermain imbang tanpa gol kala melawat ke Bologna, Juve selamat dari penggusuran. Napoli yang membutuhkan kemenangan untuk merebut posisi capolista ternyata ditahan seri oleh Milan di kandang mereka sendiri, Stadio San Paolo. Maka dari itu, “berkah” tersebut tidak boleh lagi disia-siakan oleh Bianconeri. Haram hukumnya terpeleset lagi karena il Partenopei siap mengambil alih takhta jika berhasil mengalahkan Fiorentina.

Pada pertemuan yang pertama melawan Inter tahun lalu, Juve hanya mampu bermain seri dengan skor 0-0 di San Siro. Saat itu, Nerazzurri memang lebih diunggulkan karena Bianconeri sedang terseok-seok di papan bawah. Kali ini, kondisinya sudah berbalik. Sang Nyonya Tua sudah kembali ke khitah mereka sebagai penguasa Italia. Pada pertemuan terakhir di leg pertama Coppa Italia yang lalu, La Beneamata dipermak tiga gol tanpa balas di Juventus Stadium.

Meski demikian, Juve tidak boleh terlalu jumawa. Inter tetap berpeluang membalik prediksi dengan mempermalukan musuh bebuyutannya tersebut di kandang sendiri. Apalagi, kali ini sang tuan rumah harus tampil tanpa diperkuat oleh dirigen utama mereka, Claudio Marchicio, yang sedang mengalami cedera. Pelatih Max Allegri harus memutar otak dan menyusun formasi yang pas untuk meredam tim asuhan Roberto Mancini.

Sebagai pengganti Marchisio, Allegri tampaknya akan menurunkan Hernanes yang tampil cukup apik pada babak kedua saat Juve menahan seri Bayern dengan skor 2-2 di leg pertama babak 16 besar Liga Champions kemarin. Ditambah lagi, Hernanes adalah mantan pemain Inter yang tentunya sedikit banyak sudah mengetahui kelemahan Nerazzurri.

Selain Marchisio, praktis tidak ada pemain inti yang absen. Dua penggawa lain yang sedang cedera adalah penghangat bangku cadangan, yaitu Martin Caceres dan Kwadwo Asamoah. Kehilangan mereka tidak terlalu berarti bagi Allegri. Di bench juga masih ada Daniele Rugani, Stefano Sturaro, Roberto Pereyra, Mario Lemina, dan Simone Padoin jika Juve membutuhkan alternatif di lini belakang dan tengah.

Di depan, kembalinya Mario Mandzukic yang tampil ciamik saat melawan Bayern adalah keuntungan besar bagi Juve. Kolaborasi striker asal Kroasia tersebut dengan Paulo Dybala diharapkan mampu meneror pertahanan Inter yang dikawal oleh Jeison Murillo dan Joao Miranda. Duet tukang gedor Juve memang harus tampil maksimal karena gawang tim tamu dijaga oleh Samir Handanovic yang biasanya susah ditembus.

Di lain pihak, Inter sendiri harus melawat ke Juventus Stadium tanpa diperkuat oleh Marcelo Brozovic yang terkena hukuman akumulasi kartu kuning. Beruntung, sanksi Geoffrey Kondogbia dikurangi satu laga sehingga gelandang Prancis yang ke-Pogba-Pogba-an itu bisa memperkuat Nerazzurri weekend ini.

Melihat situasi dan kondisi terkini, Juve yang sedang on fire seharusnya bisa meraih kemenangan. Agak sulit bagi Inter untuk mencuri tiga poin. Apalagi, tim milik Erick Thohir tersebut harus menyimpan tenaga karena tengah pekan nanti bakal kembali bertemu Bianconeri dalam leg kedua semifinal Coppa Italia di Stadio Giuseppe Meazza.

***

Probable Line-ups

Juventus (3-5-2):
1 Buffon; 3 Chiellini, 19 Bonucci, 15 Barzagli; 12 Alex Sandro, 10 Pogba, 11 Hernanes, 6 Khedira, 26 Lichtsteiner; 21 Dybala, 17 Mandzukic.
Bench: 25 Neto, 34 Rubinho, 33 Evra, 24 Rugani, 16 Cuadrado, 27 Sturaro, 37 Pereyra, 18 Lemina, 20 Padoin, 7 Zaza, 9 Morata.
Coach: Allegri.
Suspended: –
Injured: Caceres (season finish), Asamoah (unpredictable), Marchisio (7 days).

Inter (3-5-2):
1 Handanovic; 5 Juan Jesus, 55 Miranda, 24 Murillo; 12 Telles, Kondogbia, 17 Medel, 83 Melo, 33 D’Ambrosio; 9 Icardi, 8 Palacio.
Bench: 30 Carrizo, 46 Berni, 55 Nagatomo,56 Popa, 21 Santon, 27 Gnoukouri, 11 Biabiany, 44 Perisic, 10 Jovetic, 22 Ljajic, 23 Eder, 97 Manaj.
Coach: Mancini.
Suspended: Brosovic (1).
Injured: –

Referee: Rocchi.
Venue: Juventus Stadium, Turin.
Kick-off: Mon, Feb 29, 2016, 02.45 WIB.
Live: OrangeTV Festival.

Prediction: Juventus 2-1 Inter.

Preview Serie A 2015-2016 Giornata 27: Juventus vs. Inter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s