Preview Serie A 2015-2016 Giornata 28: Atalanta vs. Juventus

Setelah sempat sport jantung saat menyingkirkan Inter secara dramatis di semifinal Coppa Italia tengah pekan kemarin, Juventus harus kembali melanjutkan kiprah mereka di Liga Serie A dengan melawat ke Kota Bergamo. Meski hanya akan melawan tim medioker Atalanta, laga pada giornata ke-28 ini tetaplah krusial bagi sang Nyonya Tua. Tiga poin wajib dibawa pulang agar posisi sebagai pemuncak klasemen tetap aman dari kejaran Napoli.

Dilihat dari statistik dan sejarah, Juventus memang sangat superior bila dibandingkan dengan Atalata. Dari tujuh pertemuan terakhir mereka, tim Zebra selalu berhasil menang. Dalam lawatan ke Bergamo musim lalu, Gigi Buffon dkk juga mampu melibas sang tuan rumah dengan skor telak 3-0. Kali ini, mereka kembali diunggulkan untuk menghabisi tim besutan Edy Reja tersebut.

Kondisi mental skuat Juve saat ini juga sedang on fire. Meski sempat dihajar Inter selama 120 menit, mereka tidak down dan mampu membalik keadaan saat adu tendangan penalti. Sejumlah pemain inti yang kemarin disimpan oleh Max Allegri saat Coppa Italia juga siap kembali menjadi starter. Paulo Dybala dan Mario Mandzukic kemungkinan besar akan menjadi duet di lini depan.

Untuk pemain inti yang cedera, sepertinya hanya Giorgio Chiellini yang belum fit. Sedangkan dua yang lainnya adalah pemain cadangan, Martin Caceres yang menepi hingga akhir musim dan Stefano Sturaro yang jari kakinya terluka. Absennya King Kong di lini belakang mungkin akan membuat Allegri menerapkan skema empat bek dengan memasang Stephan Lichtsteiner, Leonardo Bonucci, Andrea Barzagli, dan Patrice Evra. Opsi lainnya adalah Daniele Rugani ber-threesome dengan Bonucci dan Barzagli untuk membentengi gawang Gigi Buffon.

Sementara itu, di lini tengah, Claudio Marchisio yang baru pulih dari cedera tampaknya juga sudah siap untuk menjadi starter sejak menit pertama. Bertindak sebagai regista, il Principino akan kembali berkolaborasi dengan Sami Khedira dan Paul Pogba. Tanpa kehadiran trio gelandang tersebut, permainan Juve memang kacau balau dan dibuat mainan oleh Inter saat melakoni leg kedua di semifinal Coppa Italia kemarin.

Di lain pihak, Atalanta kemungkinan akan menerapkan skema 3-5-2 untuk meredam agresivitas Juve. Striker Mauricio Pinilla yang biasanya menjadi ujung tombak tampaknya akan digantikan oleh Marco Borriello karena betisnya sedang bermasalah. Kehadiran Borriello tidak boleh dianggap remeh. Akan sangat menyakitkan bila sang mantan tersebut mampu memperawani gawang La Vecchia Signora.

Dilihat dari situasi dan kondisi terkini, memang sangat berat bagi Atalanta untuk mengalahkan Juve, meski mereka bermain di kandang sendiri. Bahkan, satu poin pun akan sulit diraih. Dalam 12 laga terakhir, Luca Cigarini dkk tak pernah menang dan terancam masuk zona degradasi. Meski demikian, Juve tetap harus waspada. Keajaiban bisa saja terjadi. Jangan sampai Bianconeri kembali dibuat empot-empotan oleh tim yang berkostum biru-hitam seperti tengah pekan kemarin.

***

Probable Line-ups

Atalanta (3-5-2):
57 Sportiello; 3 Toloi, 5 Masiello, 29 Paletta; 24 Conti, 27 Kurtic, 15 De Roon, 21 Cigarini, 93 Drame; 45 Monachello, 22 Borriello.
Bench: 30 Bassi, 33 Cherubin, 2 Stendardo, 6 Bellini, 28 Brivio, 77 Raimondi, 8 Migliaccio, 4 Gagliardini, 11 Freuler, 7 D’Alessandro, 23 Diamanti, 13 Gakpe.
Coach: Reja.
Injured: Carmona (50 days), Gomez (7), Pinilla (3), Radunovic (3).

Juventus (4-4-2):
1 Buffon; 26 Lichtsteiner, 19 Bonucci, 15 Barzagli, 33 Evra; 16 Cuadrado, 6 Khedira, 8 Marchisio, 10 Pogba; 21 Dybala, 17 Mandzukic.
Bench: 25 Neto, 34 Rubinho, 24 Rugani, 18 Lemina, 20 Padoin, 22 Asamoah, 37 Pereyra, 11 Hernanes, 12 Alex Sandro, 9 Morata, 7 Zaza.
Coach: Allegri.
Injured: Caceres (season finish), Chiellini (7), Sturaro (unpredictable).

Referee: Valeri.
Venue: Stadio Atleti Azzurri d’Italia, Bergamo.
Kick-off: Sun, Mar 6, 2016, 21.00 WIB.
Live: beIN SPORTS 1.

Prediction: Atalanta 0-2 Juventus.

Preview Serie A 2015-2016 Giornata 28: Atalanta vs. Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s