Review Serie A 2015-2016 Giornata 28: Atalanta 0-2 Juventus

Andrea Barzagli membuktikan bahwa dirinya adalah bek veteran terbaik di Italia saat ini. Gol yang dicetak oleh juara Piala Dunia 2006 bersama Italia tersebut membuka kemenangan Juventus atas tuan rumah Atalanta. Hari Minggu (07/03) kemarin. Setelah itu, Mario Lemina melengkapinya dengan gol solonya pada akhir babak kedua.

Sejak laga dimulai, Juventus sudah menunjukkan dominasi mereka dalam penguasaan bola. Dalam sepuluh menit pertama, Paulo Dybala dkk mulai meneror pertahanan Atalanta yang dikomandani oleh Gabriel Paletta. Hanya saja, beberapa upaya yang mereka lakukan masih belum mampu menjebol gawang tuan rumah.

Tembakan Sami Khedira pada menit ke-10, memanfaatkan umpan Roberto Pereyra, masih bisa dihalau oleh kiper Marco Sportiello. Setelah itu, pada menit ke-21, Paul Pogba nyaris membuka keunggulan bagi Juve. Sayangnya, sepakan kerasnya masih membentur mistar gawang Atalanta.

Upaya Juventus akhirnya mendapat hasil pada menit ke-24. Bermula dari sepak pojok, Mario Mandzukic mengirimkan umpan manis ke depan gawang Atalanta. Andrea Barzagli yang melihat peluang itu langsung menyikatnya. Gol itu sekaligus menjadi gol pertama musim ini yang dicetak oleh mantan bek Wolfsburg tersebut.

Setelah unggul 1-0, Juve terus melanjutkan dominasi dalam penguasaan bola. Trio Sami Khedira, Claudio Marchisio, dan Paul Pogba di lini tengah mampu mengendalikan permainan dengan operan-operan pendek mereka. Hanya saja, hingga turun minum, tidak ada lagi gol yang tercipta. Penampilan buruk Roberto Pereyra menjadi salah satu penyebabnya. Berposisi sebagai trequartista, gelandang asal Argentina itu gagal menjembatani lini tengah dan lini depan.

Pada babak kedua, Juve terus melanjutkan tekanan. Paulo Dybala sering mengambil inisiatif turun ke bawah untuk menjemput bola karena Roberto Pereyra mati gaya. Beberapa kali mantan striker Palermo itu membawa bola sendirian menerobos pertahanan Atalanta. Hanya saja, buruknya finishing touch membuat tim tamu gagal menambah keunggulan.

Pada menit ke-68, untuk menyegarkan lini tengah, pelatih Max Allegri menarik keluar Sami Khedira dan memasukkan Mario Lemina yang lebih bertenaga. Keputusan tersebut terbukti tepat. Sekitar seperempat jam di lapangan, gelandang yang dipinjam dari Marseille itu mampu menggandakan keunggulan Juve lewat aksi individualnya.

Dengan keahliannya menggocek bola, Lemina sendirian menembus pertahanan Atalanta. Setelah masuk ke dalam kotak penalti, pemain asal Gabon tersebut melepaskan tembakan keras dari kaki kanannya. Malang bagi tuan rumah. Kiper Sportiello gagal menghentikannya. Juve pun berhasil menutup laga ini dengan skor 2-0.

Kemenangan atas Atalanta ini menjadi raihan yang krusial karena Juventus sukses mempertahankan posisi puncak dari kejaran Napoli. Bianconeri kini masih unggul tiga angka. Il Partenopei baru mengumpulkan 61 poin. Sisa 10 laga ke depan akan sangat menentukan dalam perburuan scudetto musim ini. Sekali terpeleset, bisa fatal akibatnya.

***

Ratings

Atalanta (4-4-2): 6
Sportiello 5.5; Toloi 6.5, Paletta 5.5, Masiello 6; Conti 5.5/D’Alessandro 5.5 (55′), Kurtic 6, Cigarini 6.5/Diamanti 6 (76′), De Roon 7, Drame 6; Borriello 5.5, Monachello 5.5/Raimondi 6 (66′).
Coach: Reja 6.

Juventus (4-3-1-2): 7
Buffon 6.5; Lichtsteiner 6.5, Barzagli 7, Bonucci 6.5, Evra 6; Khedira 6.5/Lemina 7 (68′), Marchisio 6.5, Pogba 6.5; Pereyra 5.5/Alex Sandro 6 (81′); Mandzukic 7, Dybala 7/Morata 6 (89’).
Coach: Allegri 7.

Man of the Match: Andrea Barzagli.

Review Serie A 2015-2016 Giornata 28: Atalanta 0-2 Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s