Preview Serie A 2015-2016 Giornata 29: Juventus vs. Sassuolo

Juventus bakal melakoni partai hidup-mati di kandang Bayern Muenchen pada leg kedua babak 16 Besar Liga Champions tengah pekan mendatang. Namun, sebelum itu, Gigi Buffon dkk akan terlebih dahulu menjamu Sassuolo pada hari Sabtu (12/03) dini hari WIB. Laga pada giornata ke-29 itu juga sangat krusial bagi Juve jika ingin meraih gelar juara Liga Italia untuk kelima kali beruntun musim ini.

Meski tergolong tim bau kencur di Serie A, Sassuolo tidak bisa diremehkan. Pada pertemuan di putaran pertama bulan Oktober tahun lalu, Juve keok 0-1 kala berhadapan dengan Domenico Berardi dkk lewat gol tunggal Nicola Sansone. Maka dari itu, jika tidak waspada, Bianconeri berpotensi kembali dipermalukan oleh tim besutan Eusebio Di Francesco tersebut.

Musim ini, Sassuolo memang menjadi tim pembunuh raksasa. Selain Juve, Napoli dan Inter juga tersungkur di hadapan mereka. Begitu juga dengan Roma dan Fiorentina yang hanya mampu meraih hasil imbang kala bertemu dengan Neroverdi. Yang paling gres, dalam dua pekan terakhir, Lazio dan Milan, yang sedang dalam trend positif, sama-sama mereka tumbangkan dua gol tanpa balas.

Dengan “prestasi” gemilang tersebut, tak heran, saat ini Sassuolo nangkring di posisi ketujuh dan bersaing dengan Milan dan Inter dalam memperebutkan salah satu tiket untuk tampil di Europa League musim depan. Penampilan tim tamu yang sedang menanjak inilah yang wajib diperhatikan oleh tim besutan Max Allegri jika mereka tidak ingin menuai malu di J-Stadium.

Juve sendiri, semenjak dipermak Sassuolo pada bulan Oktober tahun lalu, memang berhasil bangkit dan menuai rekor tak terkalahkan dalam 18 laga Serie A. Tepatnya, 17 kali menang dan sekali seri (saat ditahan imbang 0-0 oleh Bologna). Kekalahan dari Neroverdi tersebut adalah kekalahan terakhir yang diderita Bianconeri di Liga Italia. Maka dari itu, periode positif ini jangan sampai terhenti. Apalagi, jika Sassuolo yang mampu menghentikan. Bakal sangat ironis.

Dari segi kualitas pemain, Juve jelas lebih unggul daripada Sassuolo. Saat ini, Allegri hanya kehilangan Giorgio Chiellini dan Martin Caceres yang sedang cedera. Sisanya, bisa dibilang fit, termasuk Stefano Sturaro yang pekan lalu sempat sakit. Salah satu kendala mungkin hanya fokus yang terbelah karena sang Nyonya Tua harus meladeni Bayern tengah pekan nanti.

Jika biasanya Allegri melakukan rotasi di Serie A menjelang laga Liga Champions, weekend ini tampaknya tidak. Terlalu riskan jika menurunkan para pemain cadangan untuk menjamu Sassuolo yang sedang on fire. Paulo Dybala dan Mario Mandzukic sepertinya akan tetap menjadi andalan di lini depan. Duet striker itu akan ditopang oleh Juan Cuadrado, Claudio Marchisio, Sami Khedira, dan Paul Pogba. Sedangkan slternatif lainnya adalah menurunkan Roberto Pereyra sebagai trequartista.

Sementara itu, di lini belakang, dengan masih cederanya Giorgio Chiellini, Andrea Barzagli tampaknya akan kembali berduet dengan Leonardo Bonucci sebagai centre-back. Keduanya akan diapit oleh Stephan Lichtsteiner dan Patrice Evra atau Alex Sandro untuk membentengi gawang La Vecchia Signora. Khusus Barzagli, penampilan bek veteran ini makin tua makin berkualitas. Semacam anggur. Pekan lalu, juara Piala Dunia 2006 ini mencetak salah satu gol kemenangan Juve atas Atalanta.

Berbicara mengenai pemain veteran, laga melawan Sassuolo ini juga menjadi kesempatan bagi Gigi Buffon untuk menorehkan rekor clean sheet terlama di Serie A sepanjang masa. Santo Pelindung Juventus itu hanya perlu menjaga gawangnya tetap perawan pekan ini. Mantan kiper Parma tersebut masih tertinggal 93 menit dari rekor Sebastiano Rossi yang dicetak pada awal tahun 1990-an bersama Milan.

Di lain pihak, Sassuolo bakal melawat ke Turin tanpa Gregoire Defrel karena sanksi akumulasi kartu. Kondisi Paolo Cannavaro dan Simone Missiroli juga meragukan karena cedera. Namun, Eusebio Di Francesco masih bisa menurunkan sejumlah pemain andalannya semacam Domenico Berardi, Nicola Sansone, hingga Sime Vrsaljko.

Dengan melihat situasi dan kondisi terkini, laga giornata ke-29 ini kemungkinan bakal berlangsung ketat. Namun, meski konsentrasi harus terpecah untuk menghadapi Bayern, Juve seharusnya tetap mampu mengais tiga poin. Minimal dengan kemenangan tipis. Jika sampai terpeleset, Napoli yang kini hanya tertinggal tiga poin dan nangkring di posisi kedua berpotensi memepet sang Nyonya Tua di puncak klasemen.

***

Probable Line-ups

Juventus (4-4-2):
1 Buffon; 26 Lichtsteiner, 19 Bonucci, 15 Barzagli, 12 Alex Sandro; 16 Cuadrado, 6 Khedira, 8 Marchisio, 10 Pogba; 21 Dybala, 17 Mandzukic.
Coach: Allegri.

Sassuolo (4-3-3):
47 Consigli; 11 Vrsaljko, 5 Antei, 15 Acerbi, 13 Peluso; 8 Biondini, 4 Magnanelli, 32 Duncan; 16 Politano, 9 Falcinelli, 17 Sansone.
Coach: Di Francesco.

Referee: Celi.
Venue: Juventus Stadium, Turin.
Kick-off: Sat, Mar 12, 2016, 02.45 WIB.
Live: beIN SPORTS 2.

Prediction: Juventus 1-0 Sassuolo.

Preview Serie A 2015-2016 Giornata 29: Juventus vs. Sassuolo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s