Preview Champions League 2015-2016 Round of 16 2nd Leg: Bayern Muenchen vs. Juventus

Juventus bakal melakoni partai hidup-mati saat bertandang ke markas Bayern Muenchen pada babak 16 Besar Liga Champions, hari Kamis (17/03) dini hari WIB. Pada leg kedua ini, Juve dituntut untuk menang jika ingin lolos ke babak perempat final. Hal itu dikarenakan Gigi Buffon dkk hanya mampu bermain imbang 2-2 saat menjamu FC Hollywood pada leg pertama yang lalu.

Meski sedang moncer di Serie A, kans Juve yang menjadi satu-satunya wakil Italia yang tersisa di Liga Champions memang cukup berat. Memang tidak mustahil, tapi bukan perkara mudah menggebuk tim besutan Pep Guardiola di kandang mereka sendiri. Apalagi, saat ini Juve juga sedang diterpa oleh absennya sejumlah pemain inti.

Setelah Giorgio Chiellini yang terkapar cedera, kabarnya Claudio Marchisio juga bakal menepi 20-30 hari karena betisnya bermasalah. Pun demikian dengan Paulo Dybala. Ditambah lagi, kondisi Mario Mandzukic masih meragukan dan belum tentu bisa bermain saat bentrok dengan Bayern, yang notabene adalah mantan klub yang dulu mendepak striker asal Kroasia tersebut.

Dengan absennya empat pemain inti, pelatih Max Allegri dituntut untuk cermat dan tepat dalam menentukan pengganti. Selain itu, mantan allenatore Milan itu juga harus bisa menerapkan skema yang pas untuk meredam agresivitas Bayern. Pola empat bek mungkin bakal dipakai mengingat Giorgio Chiellini masih cedera dan Daniele Rugani masih belum berpengalaman untuk menghadapi laga sekrusial Liga Champions.

Selain lini depan dan belakang, masalah utama bagi Juve adalah ketiadaan Claudio Marchisio di lini tengah. Peran il Principino sebagai regista memang yang paling sulit dicari penggantinya. Pilihan pertama adalah Hernanes. Meski kerap angin-anginan dan tidak konsisten, gelandang asal Brasil itu menjadi satu-satunya opsi yang dimiliki Allegri untuk bermain di depan para bek karena Mario Lemina masih belum matang.

Sebagai alternative lain, Allegri mungkin akan memasang Sami Khedira berduet dengan Paul Pogba. Keduanya bakal diapit oleh Juan Cuadrado dan Alex Sandro dalam skema 4-4-2. Atau, bisa juga, Pogba bermain di kiri, sedangkan Khedira ditemani oleh Stefano Sturaro di tengah.

Di lain pihak, Bayern juga tidak lepas dari cedera, meskipun tidak seberat Juve. Dua bek, Jerome Boateng dan Holger Badstuber, tidak bisa diturunkan karena mengalami masalah pada betis dan engkelnya. Kondisi Javi Martinez dan Arjen Robben juga masih belum fit dan mungkin hanya bisa turun sebagai pemain pengganti. Selain mereka berempat, hampir semua pemain tim Bavaria itu siap untuk dimainkan sejak menit awal.

Menilik situasi dan kondisi terkini, dengan diperkuat oleh Arturo Vidal yang merupakan mantan Juve, Franck Ribery dan Douglas Costa yang ber-skill yahud, serta Robert Lewandowski yang haus gol, peluang Die Roten untuk menggasak tamu mereka memang cukup besar. Ditambah dengan bermain di kandang sendiri, Bayern memang tampak sulit untuk dikalahkan.

Namun, Juve sudah membuktikan bahwa mereka tidak bisa diremehkan. Dengan spirit fino alla fine, Andrea Barzagli dkk mampu mengejar ketertinggalan dua gol saat leg pertama. Kini, dengan semangat yang sama, tidak mustahil sang Nyonya Tua mampu membuat kejutan dengan mempermalukan Bayern di Allianz Arena. Apapun masih bisa terjadi.

***

Probable Line-ups

Bayern Muenchen (4-1-4-1):
1 Neuer; 21 Lahm, 32 Kimmich, 5 Benatia, 27 Alaba; 23 Vidal; 11 D. Costa, 25 Mueller, 6 Thiago, 7 Ribery; 9 Lewandowski.
Bench: 26 Ulreich, 13 Rafinha, 19 Goetze, 18 Bernat, 29 Coman, 10 Robben, 14 X. Alonso.
Injured: Badstuber, Martinez, Boateng.+
Coach: Guardiola.

Juventus (4-3-3):
1 Buffon; 26 Lichtsteiner, 19 Bonucci, 15 Barzagli, 33 Evra; 6 Khedira, 11 Hernanes, 10 Pogba; 16 Cuadrado, 17 Mandzukic, 9 Morata.
Bench: 25 Neto, 24 Rugani, 12 Alex Sandro, 22 Asamoah, 27 Sturaro, 37 Pereyra, 7 Zaza.
Coach: Allegri.
Injured: Caceres, Chiellini, Dybala, Marchisio.

Referee: Jonas Eriksson (SWE).
Venue: Allianz Arena, Muenchen.
Kick-off: Thu, Mar 17. 2016, 02.45 WIB.
Live: Indovision Soccer Channel / beIN SPORTS 2.

Prediction: Bayern Muenchen 3-1 Juventus.

Preview Champions League 2015-2016 Round of 16 2nd Leg: Bayern Muenchen vs. Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s