Preview Film The Divergent Series: Allegiant (2016)

Tris (Shailene Woodley) dan Four (Theo James) kembali menyapa penggemar mereka dalam seri ketiga Divergent yang berjudul Allegiant (2016). Setelah The Hunger Games tamat, film yang diangkat dari novel karya Veronica Roth ini memang menjadi film young-adult yang paling ditunggu-tunggu tahun ini. Apalagi, setelah The 5th Wave (2016) yang dibintangi Chloe-Grace Moretz (tayang bulan Januari yang lalu) kurang mendapat respon positif dari para kritikus.

Allegiant sendiri kisahnya merupakan lanjutan dari Divergent (2014) dan Insurgent (2015). Setelah runtuhnya sistem faksi yang dipimpin oleh Jeanine Matthews (Kate Winslet), Kota Chicago dikuasai oleh Evelyn Johnson (Naomi Watts) yang selama ini memimpin kelompok Factionless. Nyokap Four tersebut memaksa para penduduk untuk menuruti perintahnya dan hidup tanpa faksi. Kebijakan otoriter tersebut dipertanyakan oleh Tris. Apalagi setelah Caleb, saudara Tris, diadili dan divonis hukuman mati karena dulu mengabdi pada Erudite yang dipimpin oleh almarhumah Jeanine.

Pertentangan tersebut membuat Tris dan kawan-kawannya ditahan. Mereka lalu diselamatkan oleh the Allegiant, kelompok pemberontak yang ingin mengembalikan fungsi awal sistem faksi. Selanjutnya, Tris dan Four beserta Allegiant kabur dan keluar dari tembok yang selama ini melindungi Kota Chicago. Dalam pelarian, mereka akhirnya bertemu dengan the Bureau of Genetic Welfare, kelompok yang selama ini hidup di luar tembok.

Setelah bumi hancur akibat perang, pemerintah Amerika Serikat percaya bahwa hal itu disebabkan oleh gen manusia yang buruk. Maka dari itu, untuk menciptakan masyarakat yang lebih baik, mereka melakukan rekayasa gen. Sebuah eksperimen pun dibuat dengan mengisolasi sejumlah penduduk dalam sebuah kota, dengan tujuan mencari pribadi unggul yang disebut Divergent. Selama 200 tahun, the Bureau inilah yang meneliti gen dan mengamati kehidupan para Divergent di dalam tembok.

Singkat cerita, terjadi perselisihan antara the Bureau dan Factionless yang dipimpin oleh Evelyn. Kedua pihak merasa yang paling benar. Tris pun dihadapkan pada dua pilihan. Kelompok mana yang bakal dia bela? Apakah motif keduanya sama saja dan tidak ada yang bisa dipercaya? Tris harus membuat keputusan yang tepat karena masa depan umat manusia bakal menjadi taruhannya.

Berbeda dengan versi novelnya, Allegiant versi film bakal dibagi menjadi dua. Film keempat, atau yang terakhir dari serial Divergent, berjudul Ascendant, akan dirilis pada tanggal 9 Juni 2017. Ini mengingatkan kita pada The Hunger Games: Mockingjay yang juga dipecah menjadi dua film pada tahun 2014 dan 2015.

Produser Douglas Wick menyatakan, alasan pemecahan tersebut bukan semata-mata untuk mengejar keuntungan yang lebih besar. Cerita dalam Allegiant versi novel memang sangat kompleks. Bahkan, ada dua klimaks yang terjadi di sana. Maka dari itu, untuk versi filmnya, mereka putuskan untuk membagi menjadi dua, Allegiant dan Ascendant.

Perbedaan yang lain, kemungkinan ada di akhir cerita. Di versi novel, Tris dikisahkan tewas. Sejumlah penggemar pun membuat petisi agar hal itu diubah. Lionsgate, selaku distributor film ini, mungkin bakal memenuhi hal tersebut. Akan sangat menyenangkan jika Ascendant (2017) diakhiri dengan happy ending. Karena bakal menyesakkan melihat Four hidup menjomblo selamanya dengan kematian Tris.

Sementara itu, Shailene Woodley, pemeran Tris, menyatakan Allegiant ini bakal berbeda dengan Divergent dan Insurgent. Ada banyak adegan yang menguras fisik, seperti berlari dan memanjat tembok vertikal. Beberapa dilakukan oleh pemain pengganti. Tapi, kebanyakan dia lakukan sendiri. Padahal, menurut pengakuannya, Shailene sangat benci berlari.

Meski demikian, Shailene tidak anti-anti amat dengan aktivitas fisik. Bahkan, dia mengaku cinta pada seni bela diri. Dia mengikuti latihan jujitsu dan Krav Maga serta rajin menonton video youtube Perfect Lean Body. Kebiasaan tersebut sangat membantu ketika dia melakukan adegan laga yang banyak dijumpai di Allegiant.

Setelah membintangi tiga seri Divergent dalam empat tahun terakhir, Shailene juga menyatakan ada banyak kesamaan antara dirinya dengan karakter Tris yang dia perankan. Mereka sama-sama keras kepala, ambisius, dan percaya diri. Akan tetapi, dalam hal persepsi, kepercayaan, dan nilai moral yang dia anut, Shailene mengaku tidak berubah dan tidak terpengaruh.

Penampilan Shailene Woodley yang cantik dengan tatapan sendunya memang menjadi daya tarik utama dari serial Divergent yang bertema dystopia, seperti halnya The Hunger Games dengan Jennifer Lawrence-nya. Akan tetapi, kali ini para kritikus banyak yang memberi review negatif. Allegiant diperkirakan tidak akan sesukses Divergent (2014) dan Insurgent (2015). Bahkan, dalam hal pemasukan, kritikus Brent Lang memprediksi film berbujet USD 120 juta ini hanya akan meraup USD 34-40 juta.

Para pengamat mengulas, penyebab Allegiant bakal jeblok kemungkinan karena tidak adanya Kate Winslet. Jeanine Matthews, tokoh antagonis yang diperankan oleh MILF seksi berukuran dada 34C itu memang dikisahkan tewas dalam akhir film Insurgent. Padahal, selain Shailene Woodley, Kate Winslet adalah daya tarik utama di serial Divergent. Sutradara Robert Schwentke pun mengaku sangat cocok bekerja sama dengan aktris yang sudah dua kali menjanda tersebut. Namun, apa daya, tuntutan cerita membuat karakter Jeanine yang karismatis tak mungkin dihidupkan kembali.

***

The Divergent Series: Allegiant

Sutradara: Robert Schwentke
Produser: Douglas Wick, Lucy Fisher, Pouya Shabazian
Penulis Skenario: Noah Oppenheim, Adam Cooper, Bill Collage, Stephen Chbosky
Diadaptasi dari: Allegiant by Veronica Roth
Pemain: Shailene Woodley, Theo James, Jeff Daniels, Miles Teller, Ansel Elgort, Zoe Kravitz, Maggie Q, Ray Stevenson, Daniel Dae Kim, Bill Skarsgard, Octavia Spences, Naomi Watts
Musik: Joseph Trapanese
Sinematografi: Florian Ballhaus
Editor: Stuart Levy
Produksi: Red Wagon Entertainment, Mandeville Films, Summit Entertainment
Distributor: Lionsgate
Budget: USD 120 juta
Durasi: 121 menit
Rilis: 18 Maret 2016

Ratings

IMDb: 6,0
Rotten Tomatoes: 4,1
Metacritic: 3,5

Preview Film The Divergent Series: Allegiant (2016)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s