Preview Film: Batman v Superman: Dawn of Justice (2016)

Sebelum menikmati bentrokan Captain America melawan Iron Man dalam Civil War pada bulan Mei mendatang, para moviemania bakal terlebih dulu disuguhi duel antara Batman (Ben Affleck) versus Superman (Henry Cavill) dalam Dawn of Justice. Film yang untuk pertama kalinya mempertemukan dua superhero DC Comics tersebut bakal diputar di bioskop mulai tanggal 23 Maret 2016. Indonesia cukup beruntung karena bisa menikmati film karya sutradara Zack Snyder tersebut dua hari lebih awal daripada Amerika Utara.

Film yang mengadu para superhero saat ini memang menjadi trend di Hollywood. Namun, Zack Snyder mengaku sudah memiliki ide untuk menduelkan Batman dan Superman setelah dia menggarap Man of Steel pada 2013. Di film sebelumnya, sutradara berusia 50 tahun itu mempertemukan Superman dengan General Zod (Michael Shannon) yang sama-sama berasal dari Krypton. Kali ini, dia ingin mengadu jagoan pribumi (Batman) melawan superhero yang sejatinya seorang alien (Superman).

Di atas kertas, duel ini seharusnya dimenangkan oleh Superman. Batman, yang tak memiliki kekuatan super, tapi bisa menjadi jagoan berkat uang melimpah yang dia warisi dari orang tuanya (semacam Tony Stark alias Iron Man-nya Marvel), tampaknya bakal sulit mengalahkan alien yang berkekuatan bak dewa tersebut. Kecuali si Manusia Kelelawar bersenjatakan serpihan batu hijau Kryptonite, kecil peluang baginya untuk menang.

Namun, Zack Snyder membantah hal tersebut. Sutradara kelahiran 1 Maret 1966 itu menegaskan Batman akan bertarung dengan seimbang melawan Superman. Dia juga menjamin bakal banyak kejutan yang terjadi di film berdurasi 151 menit tersebut. Para calon penonton tak akan bisa menebak jalan ceritanya meski selama ini berbagai trailer dan teaser sudah berseliweran di dunia maya.

Dawn of Justice sendiri mengambil setting di Metropolis. Tepatnya, setelah kejadian di film Man of Steel (2013). Batman alias Bruce Wayne yang bermarkas di Gotham City menilai Superman telah membuat kacau kehidupan di bumi. Maka dari itu, si Manusia Baja yang baru saja muncul sebagai superhero itu harus dihukum karena telah melakukan perbuatan yang tak bertanggung jawab dan menghancurkan seisi kota kala bertarung dengan General Zod.

Batman sendiri di film berbujet USD 250 juta ini digambarkan cukup berumur, bukan lagi superhero pemula. Namun, dia tetap tampil sendirian, tanpa Robin, seperti halnya di The Dark Knight-nya Christian Bale. Meski demikian, pahlawan bertopeng yang merupakan boss Wayne Enterprise itu tetap didampingi oleh ajudan setianya, Alfred Pennyworth (Jeremy Irons). Robin sendiri, tampaknya, dikisahkan telah tewas. Kemungkinan dibunuh oleh The Joker yang tidak muncul di film ini.

Jika dilihat dari judulnya, Dawn of Justice, Batman v Superman ini jelas merupakan pengantar dari The Justice League (pesaing The Avengers-nya Marvel) yang rencananya bakal dibuat dalam dua bagian dan dirilis tahun 2017 serta 2019. Film yang menceritakan kelompok superhero bentukan DC Comics tersebut juga bakal menampilkan Wonder Woman (Gal Gadot), Cyborg (Ray Fisher), Aquaman (Jason Momoa), dan The Flash (Ezra Miller).

Akan tetapi, sebelum benar-benar beraksi di Justice League, gerombolan pahlawan super itu akan numpang lewat terlebih dahulu di Dawn of Justice. Peran mereka tampaknya tidak akan signifikan. Kecuali mungkin Wonder Woman yang role-nya cukup menonjol dan kabarnya bakal menjadi penengah antara Batman dan Superman yang sedang berselisih.

Bagi Wonder Woman, Dawn of Justice ini merupakan penampakan pertamanya di layar lebar. Sebelumnya, karakter putri Amazon dengan kekuatan super itu hanya pernah tampil di layar kaca. Anak-anak generasi 1990-an tentu masih ingat dengan sosok cewek berambut hitam panjang yang superseksi dengan belahan dada aduhai di serial televisi jadul yang dibintangi oleh Lynda Carter.

Dibandingkan superhero lainnya, Wonder Woman ini termasuk yang paling tua. Umurnya 5.000 tahun, kemungkinan setara dengan Apocalypse, mutan yang menjadi musuh X-Men. Karakter yang diperankan oleh Gal Gadot ini merupakan sosok demigoddess keturunan Zeus, pemimpin para dewa dalam mitologi Yunani. Jadi, bisa dibilang, Wonder Woman ini adalah Hercules versi cewek. Semacam Xena, tapi dengan usia yang abadi.

Gal Gadot pun mengaku sangat bangga bisa memerankan alter-ego Diana Prince tersebut. Mantan fashion model asal Israel itu menjadi aktris pertama yang memerankan Wonder Woman di layar lebar. Meski demikian, tidaklah mudah bagi pemeran Gisele di Fast & Furious itu dalam membawakan karakter seorang putri Amazon yang superseksi dan jago bertarung. Banyak sekali tantangannya.

Salah satunya, Gal Gadot sempat mengalami kesulitan bernapas kala mengenakan kostum Wonder Woman yang superketat. Untungnya, aktris kelahiran 30 April 1985 itu pernah dua tahun bertugas di kemiliteran Israel. Pengalamannya sebagai combat instructor sangat membantu dalam menjalani syuting adegan laga yang berat dan menguras fisik.

Selain tokoh protagonis, Dawn of Justice juga akan menampilkan karakter antagonis. Yang pasti muncul adalah Lex Luthor yang diperankan oleh Jesse Eisenberg. Hanya saja, musuh bebuyutan Superman itu tidak tampil dengan kepala plontosnya. Kali ini, boss LexCorp itu bakal berambut gondrong. Mungkin karena di film ini dia terlihat masih muda. Jadi belum mengalami kebotakan dini.

Perselisihan antara Batman dan Superman sendiri kabarnya akibat diadu domba oleh Lex Luthor. Selain itu, dia juga melakukan eksperimen dengan mengambil DNA General Zod untuk menciptakan monster ganas yang sosoknya mirip dengan Doomsday. Raksasa dengan mata merah menyala itulah yang sepertinya membuat kacau Metropolis dan memaksa para superhero Justice League untuk bersatu mengalahkannya.

Di lain pihak, biaya produksi dan promosi film Batman v Superman ini menghabiskan USD 500 juta. Maka dari itu, Warner Bros. Pictures selaku distributor menargetkan pendapatan minimal USD 800 juta untuk balik modal. Sebuah target yang cukup tinggi, mengingat The Dark Knight (2008) sebagai film Batman terlaris hanya berhasil meraup USD 533 juta dan Man of Steel (2013) sebagai film Superman dengan pendapatan terbesar cuma mampu mengumpulkan USD 291 juta.

Hingga saat ini (21/03), Batman v Superman baru diputar tiga kali di seluruh dunia, yaitu di Beijing (13/03), Mexico City (19/03), dan saat Gala Premiere di New York City (20/03) kemarin. Oleh karena itu, sejumlah situs film seperti Rotten Tomatoes dan Metacritic belum bisa memberikan review. Apalagi, tidak ada bocoran sama sekali dari pihak Warner Bros. dan DC Comics. Sejauh ini, hanya IMDb yang sudah mengeluarkan rating, dan itu sangat tinggi sekali, yaitu 9,4 dari skala 10.

Menurut para kritikus yang sempat menonton saat Gala Premiere kemarin, Dawn of Justice ini memang cukup oke. Salah satunya adalah Roger Friedman dari situs Showbiz 411 yang menyatakan para fans komik bakal puas setelah menikmati film ini. Sementara itu, Mike Jones dari Screen Rant memuji penampilan Wonder Woman yang menurutnya cukup mengejutkan dan mampu bersaing dengan Batman dan Superman.

***

Batman v Superman: Dawn of Justice

Sutradara: Zack Snyder
Produser: Charles Roven, Deborah Snyder
Penulis Skenario: Chris Terrio, David S. Goyer
Diadaptasi dari: Karakter-karakter yang dipublikasikan oleh DC Comics
Pemain: Ben Affleck, Henry Cavill, Amy Adams, Jesse Eisenberg, Diane Lane, Laurence Fishburne, Jeremy Irons, Holly Hunter, Gal Gadot
Musik: Hans Zimmer, Jungkie XL
Sinematografi: Larry Fong
Editor: David Brenner
Produksi: DC Entertainment, RatPac Entertainment, Atlas Entertainment, Cruel and Unusual Films
Distributor: Warner Bros. Pictures
Budget: USD 250 juta
Durasi: 151 menit
Rilis: 23 Maret 2016 (Indonesia), 25 Maret 2016 (Amerika Utara)

Rating

IMDb: 9,4

Preview Film: Batman v Superman: Dawn of Justice (2016)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s