Review World Cup 2018 Qualifiers Matchday 5: Chile 1-2 Argentina

Argentina akhirnya berhasil melakukan revans atas kekalahan yang mereka alami di final Copa America 2015. Lionel Messi dkk pada Jumat (25/03) pagi WIB mampu membungkam tuan rumah Cile dengan skor 2-1 dalam matchday kelima babak kualifikasi Piala Dunia 2018. Dua gol kemenangan tim Tango dicetak oleh Angel Di Maria dan Gabriel Mercado. Sementara itu, gol hiburan La Roja diceploskan oleh Filipe Gutierrez. Semuanya terjadi pada babak pertama.

Argentina sebenarnya tertinggal lebih dulu saat laga baru berjalan 11 menit. Filipe Gutierrez berhasil memanfaatkan sepak pojok untuk menjebol gawang tim tamu yang dijaga oleh Sergio Romero. Unggul cepat 1-0 membuat tuan rumah tampak pede. Alexis Sanchez dkk yakin bisa kembali mempermalukan negara tetangga mereka tersebut di Santiago.

Namun, angan-angan Cile itu tidak berlangsung lama. Pada menit ke-20, lewat skill individunya, Angel Di Maria mampu mencetak gol indah dengan tembakan melengkungnya dari dalam kotak penalti. Aksi winger Paris Saint-Germain itu membuat kedudukan menjadi imbang 1-1 dan membangkitkan moral para pemain Argentina yang semula sempat shock karena tertinggal duluan.

Alhasil, tim Tango yang sedang bersemangat terus menekan pertahanan tuan rumah. Dan, tidak butuh waktu lama, sekitar lima menit kemudian, bek kanan Gabriel Mercado berhasil menambah keunggulan lewat umpan Lional Messi. La Albiceleste pun memimpin dengan skor 2-1. Kedudukan ini akhirnya bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Cile mulai berani keluar menyerang untuk menyamakan skor. Alexis Sanchez dan Fabian Orellana yang bergerak dari sayap kiri dan kanan beberapa kali mengancam pertahanan Argentina. Namun, upaya yang mereka lakukan masih belum berhasil menjebol gawang Sergio Romero.

Argentina sendiri akhirnya lebih banyak bertahan untuk meredam gempuran Cile. Untungnya, Nicolas Otamendi dan Funes-Mori yang mengawal lini belakang cukup sigap dalam menetralisir penetrasi Mauricio Pinilla dkk. Tim Tango pun hanya mengandalkan Gonzalo Higuain untuk melakukan serangan balik, yang sayangnya masih belum menemui sasaran.

Hingga wasit meniup peluit akhir, skor tetap tidak berubah. Selama 90 menit, Argentina unggul tipis dalam ball possession, mencapai 52 persen. Dari delapan tembakan yang mereka lesatkan, dua di antaranya menjadi gol. Sementara itu, meski menggempur dengan 12 tembakan, Cile hanya mampu menjebol gawang Romero satu kali.

Dengan kemenangan 2-1 atas Cile ini, Argentina berhasil menambah tiga angka yang cukup krusial. Tim besutan Tata Martino tersebut kini mengumpulkan delapan poin dari dua kali menang, dua kali seri, dan sekali kalah. Untuk bisa menembus empat besar, yang merupakan syarat lolos otomatis ke Piala Dunia 2018, Albiceleste wajib menang saat menjamu Bolivia pada hari Rabu (30/03) yang akan datang.

***

Line-ups

Cile (4-2-3-1):
Bravo; Isla, Medel, Jara, Mena; Diaz/Rabello (21′)/Pinilla (69′), Gutierrez; Orellana, Fernandez/Silva (7′), Beausejour; Alexis.
Coach: Pizzi.

Argentina (4-3-3):
Romero; Mercado, Otamendi, Mori, Rojo; Biglia, Kranevitter, Banega/Fernandez (73′); Messi, Aguero/Higuain (66′), Di Maria/Lavezzi (81′).
Coach: Martino.

Review World Cup 2018 Qualifiers Matchday 5: Chile 1-2 Argentina

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s