Review Serie A 2015-2016 Giornata 31: Juventus 1-0 Empoli

Meski tidak mudah, Juventus akhirnya berhasil menghabisi Empoli lewat gol tunggal Mario Mandzukic pada hari Minggu (03/04) dini hari tadi WIB. Kemenangan yang diraih oleh Gigi Buffon dkk ini sangat krusial untuk mengamankan posisi puncak klasemen Liga Italia Serie A dari kejaran Napoli. Mengingat, hanya tujuh giornata lagi tersisa musim ini.

Sejak awal laga, Juventus yang turun tanpa diperkuat tiga pemain kunci, Leonardo Bonucci, Sami Khedira, dan Paulo Dybala, langsung menyerang pertahanan Empoli. Namun, tim tamu ternyata mampu meladeni agresivitas tuan rumah. Skuat besutan Marco Giampaolo itu tidak menerapkan parkir bus dan malah memasang skema garis pertahanan yang tinggi.

Dengan mengandalkan Piotr Zielinski, Leandro Paredes, dan Riccardo Saponara di lini tengah, Empoli memang cukup percaya diri dalam memainkan umpan-umpan pendek. Alhasil, bola lebih banyak dikuasai oleh tim dengan warna kebesaran biru muda tersebut. Juve pun akhirnya harus mengandalkan serangan balik cepat lewat Paul Pogba dan Alvaro Morata untuk menembus pertahanan Lorenzo Tonelli dkk.

Setelah hampir 45 menit menggedor benteng tamu mereka, Juve akhirnya mendapat peluang emas sesaat menjelang turun minum. Patrice Evra di sayap kiri mengawalinya dengan mengirim bola ke Roberto Pereyra. Namun, operan bek asal Prancis tersebut mampu dipotong oleh pemain Empoli. Untung, bola liar malah jatuh ke kaki Paul Pogba.

Sejurus kemudian, meski dikawal oleh dua bek lawan, Pogba menunjukkan kelasnya dengan mengirim umpan lambung ke depan gawang Lukasz Skorupski. Mario Mandzukic yang melakukan gerakan coming from behind tak membuang kesempatan itu. Meski dijepit oleh dua pemain Empoli, striker asal Kroasia itu masih mampu menanduk bola dan membuat skor menjadi 1-0.

Di babak kedua, permainan masih cenderung berimbang dengan bola banyak bergulir di lini tengah. Setelah hampir 10 menit, Allegri kemudian menarik Giorgio Chiellini dan memasukkan Juan Cuadrado. Juve yang semula menggunakan pola 3-5-2 pun berubah menjadi 4-4-2.

Perubahan skema tersebut membuat serangan Bianconeri menjadi lebih agresif. Empoli beruntung memiliki Skorupski. Kiper Polandia itu beberapa kali melakukan penyelamatan gemilang layaknya Manuel Neuer dari gempuran Claudio Marchisio dkk. Alhasil, hingga wasit meniup peluit panjang, Juve tetap tidak mampu menambah keunggulan.

Meski kalah, selama 90 menit, Empoli sebenarnya lebih banyak menguasai bola. Hingga mencapai 64 persen. Namun, serangan yang dilakukan Massimo Maccarone dkk kurang efektif. Dari tujuh tembakan, hanya tiga yang on target dan tidak ada yang mampu membobol Buffon. Sementara itu, dari 17 kali percobaan yang dilakukan oleh Juve, delapan di antaranya mengarah ke gawang dan satu menjadi gol.

Dengan kemenangan ini, Juve semakin kukuh sebagai capolista. Sang pesaing utama, Napoli, secara mengejutkan dibekap oleh Udinese dengan skor 3-1. Sang Nyonya Tua pun kini unggul enam poin atas il Partenopei. Dengan tujuh laga tersisa musim ini, bisa dibilang, satu tangan La Vecchia Signora sudah menyentuh scudetto. Untuk yang kelima kalinya dalam lima tahun terakhir.

***

Ratings

Juventus (3-5-2): 6.5
Buffon 6; Rugani 6.5, Barzagli 6, Chiellini 6.5/Cuadrado 6 (54′); Lichtsteiner 6.5, Pereyra 5.5/Asamoah 6 (81′), Marchisio 6.5, Pogba 7.5, Evra 5.5; Morata 7, Mandzukic 6.5/Zaza 6 (66′).
Coach: Allegri 6.5.

Empoli (4-3-1-2): 6.5
Skorupski 6.5; Bittante 6.5, Tonelli 6, A. Costa 6, Mario Rui 5.5; Zielinski 6, Paredes 6, Buchel 5.5/Croce 5.5 (54′); Saponara 6/Piu 6 (60′); Pucciarelli 6.5, Maccarone 5/Krunic 6 (75′).
Coach: Giampaolo 6.5.

Man of the Match: Paul Pogba.

Review Serie A 2015-2016 Giornata 31: Juventus 1-0 Empoli

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s