Preview Film: 10 Cloverfield Lane (2016)

Masih ingat dengan Cloverfield yang dulu tayang di bioskop pada tahun 2008? Film sci-fi thriller yang ditampilkan dari video kamera amatir itu memang cukup menarik perhatian. Bahkan, bisa dibilang sukses mendulang pemasukan (USD 170 juta) dengan bujet rendah (USD 25 juta). Kali ini, sang produser, J. J. Abrams, yang juga sutradara Star Wars: The Force Awakens, membuat film dengan genre serupa. Diberi judul 10 Cloverfield Lane.

Meski mirip, 10 Cloverfield Lane (2016) bukanlah sekuel dari Cloverfield (2008). Semula, judulnya adalah Valencia. Lalu, sempat akan diganti dengan The Cellar. Namun, setelah penggarapannya ditangani oleh Bad Robot Productions milik J. J. Abrams, diputuskan bahwa judulnya adalah 10 Cloverfield Lane. Baru diumumkan ke publik pada tanggal 15 Januari 2016 yang lalu. Mungkin, Abrams menganggap judul yang ada “Cloverfield”-nya lebih menjual. Karena orang-orang bakal teringat dengan film sebelumnya yang dirilis 8 tahun yang lalu.

Kisah 10 Cloverfield Lane diawali dengan Michelle (Mary Elizabeth Winstead) yang meninggalkan New Orleans setelah bertengkar dengan tunangannya, Ben (diperankan oleh Bradley Cooper, yang hanya muncul suaranya saja). Saat mengendarai mobil di pedalaman Louisiana, dia mendengar lewat radio bahwa hampir semua kota besar mengalami pemadaman listrik. Karena perhatiannya terganggu oleh telepon dari Ben, Michelle kemudian mengalami kecelakaan dan tak sadarkan diri.

Setelah pingsan beberapa hari, Michelle terbangun di rumah milik Howard Stambler (John Goodman). Yang ternyata menolongnya dari kecelakaan. Howard kemudian menjelaskan telah terjadi serangan dari makhluk asing di dunia luar. Akan lebih aman bagi Michelle jika tetap berada di rumahnya. Yang di akhir film diketahui beralamat di 10 Cloverfield Lane. Yang juga berfungsi sebagai bunker-nya. Di sana juga ada cowok lain, Emmet (John Gallagher, Jr.). Yang juga ditolong oleh Howard.

Michelle yang tidak begitu saja percaya, kemudian mencuri kunci Howard. Dan berhasil kabur. Di luar, dia bertemu Leslie (Suzanne Cryer), seorang wanita yang ternyata telah terinfeksi oleh makhluk asing. Dari situ, Michelle kemudian berpikir bahwa Howard bisa jadi benar. Dia lalu memutuskan untuk kembali ke bunker. Bersama dengan Emmet, mereka kemudian beradaptasi untuk hidup di dalam tanah. Mampukah mereka bertiga bertahan dari serangan makhluk yang wujudnya masih misterius? Monster-kah? Atau alien?

J. J. Abrams sendiri menjelaskan bahwa di film berdurasi 105 menit ini memang ada monster-nya. Namun, definisi dan bentuknya berbeda dengan monster di Cloverfield (2008). Yang mirip Godzilla dan menghancurkan Kota New York. Sampai patung Liberty pun terpenggal kepalanya. Jalan cerita 10 Cloverfield Lane juga sama sekali berbeda. Seperti biasa, Abrams tidak mau menjelaskan. Sutradara yang naik daun setelah menulis naskah Armageddon (1998) ini memang suka memberi kejutan dan menutup rapat plot filmnya agar tidak bocor.

Untuk penyutradaraan, Abrams mempercayakan kepada sineas muda, Dan Trachtenberg. Yang baru menjalani debutnya di 10 Cloverfield Lane ini. Pemilihan cast dan syuting juga dia lakukan secara rahasia untuk mencegah kebocoran. Bahkan, di awal pembuatan film, para pemain hanya diberi skrip terbatas. Jadi, mereka tidak mengetahui ending-nya bakal seperti apa. Ini memang khas Abrams, alias Abrams banget.

Semula, 10 Cloverfield Lane direncanakan “hanya” menelan bujet USD 5 juta. Namun, kemudian membengkak menjadi USD 15 juta. Biaya yang tergolong rendah untuk film Hollywood. Ini dikarenakan proses syutingnya hanya dilakukan di New Orleans. Dengan setting lebih banyak di dalam bunker. Selain itu, proses pengambilan gambar hanya memakan waktu 36 hari saja. Dengan aktor-aktor yang tidak bernama besar. Hanya tiga orang pula.

Di Indonesia, 10 Cloverfield Lane baru diputar pada tanggal 6 April 2016 ini. Namun, di Amerika Serikat, film ini sudah sebulan lebih dirilis. Sejak tanggal 11 Maret 2016. Sejumlah situs review pun memberi rating yang cukup positif. Sutradara Dan Trachtenberg dinilai mampu mengemas film rilisan Paramount Pictures ini dengan orisinal. Lebih misterius dan lebih kelam daripada Cloverfield edisi 2008. Ceritanya pun dianggap cukup menarik dan fresh. Dengan konsep “monster” yang mengejutkan. Bahkan, ada yang menyebutnya sebagai Twilight Zone era modern. Hmmm..

***

10 Cloverfield Lane

Sutradara: Dan Trachtenberg
Produser: J. J. Abrams, Lindsey Weber
Penulis Skenario: Josh Campbell, Matt Stuecken, Damien Chazelle
Pengarang Cerita: Josh Campbell, Matt Stuecken
Pemain: John Goodman, Mary Elizabeth Winstead, John Gallagher, Jr.
Musik: Bear McCreary
Sinematografi: Jeff Cutter
Editor: Stefan Grube
Produksi: Bad Robot Productions
Distributor: Paramount Pictures
Budget: USD 15 juta
Durasi: 105 menit
Rilis: 11 Maret 2016 (Amerika Serikat), 6 April 2016 (Indonesia)

Ratings

IMDb: 7,7
Rotten Tomatoes: 7,4
Metacritic: 7,6

Preview Film: 10 Cloverfield Lane (2016)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s