Preview Serie A 2015-2016 Giornata 32: Milan vs. Juventus

Dulu, laga antara AC Milan melawan Juventus layak dilabeli sebagai grande partita. Keduanya sama-sama klub tersukses dengan seabrek gelar di Liga Italia maupun Eropa. Saat ini, mungkin lebih tepat jika pertemuan keduanya disebut sebagai pertandingan antara tim medioker melawan tim raksasa.

Juve, dalam empat musim terakhir mampu menjuarai Serie A secara beruntun. Tahun ini, meski sempat terpuruk di awal musim, Gigi Buffon dkk mampu bangkit dan sekarang sedang memimpin klasemen untuk memburu scudetto kelima mereka.

Sebaliknya, selepas menjadi juara pada musim 2010/2011, Milan seperti opa-opa yang mengalami dementia. Dalam lima tahun terakhir, jangankan menembus papan atas, untuk bertahan di papan tengah saja mereka terengah-engah. Persis seperti kakek tua lemah syahwat yang sedang berusaha keras bercinta dengan bunga-bunga alias gadis muda berusia 21 tahun.

Akhir pekan ini, laga antara tim papan tengah dan sang capolista itu akan kembali tersaji. Tepatnya pada hari Minggu (10/04) dini hari WIB di Stadio San Siro di Kota Milano. Meski bertindak sebagai tim tamu, Juve tentu saja lebih diunggulkan untuk menjungkalkan Rossoneri di giornata ke-32 ini. Track record dan penampilan terakhir kedua tim menjadi alasannya.

Pekan lalu, Milan yang bertandang ke Kota Bergamo dibekap tuan rumah Atalanta dengan skor 2-1. Praktis, dalam empat laga terakhir, tim besutan Sinisa Mihajlovic itu selalu gagal meraih kemenangan dengan hasil dua kali seri dan dua kali kalah.

Sementara itu, dalam empat laga terakhir di Serie A, Juve selalu menyapu bersih kemenangan dengan mencetak 8 gol dan hanya kebobolan 1 gol. Dalam lima pertemuan terakhir dengan Milan, Bianconeri juga selalu unggul dengan mencetak 10 gol dan hanya kebobolan 3 gol. Benar-benar sangat dominan.

Meski demikian, Juve tidak boleh terlalu jumawa. Meski sedang terpuruk, Milan tidak boleh diremehkan begitu saja. Mungkin saja mereka bangkit. Apalagi, Gigi Donnarumma dkk bakal tampil habis-habisan karena sedang mengais-ngais poin demi bisa lolos ke Liga Malam Jumat alias Europa League musim depan. Saat ini, Rossoneri tertahan di peringkat keenam, tertinggal enam poin dari sang saudara tiri, Internazionale, yang bercokol tepat di atas mereka.

Berbeda dengan Juve. Tersisih dari Liga Champions malah membuat tim besutan Max Allegri itu fokus sepenuhnya di Serie A. Hasilnya, Claudio Marchisio dkk meraih dua kemenangan beruntun atas Torino dan Empoli pasca disingkirkan Bayern Muenchen. Sang Nyonya Tua kini semakin nyaman di puncak klasemen dengan keunggulan enam poin dari Napoli yang mulai kehabisan bensin.

Salah satu kendala bagi Juve untuk membungkam Milan di San Siro mungkin hanya absennya tiga pemain inti, yaitu Giorgio Chiellini, Sami Khedira, dan Paulo Dybala. King Kong dan La Joya masih tergeletak cedera. Sementara itu, jika bandingnya ditolak, Khedira bakal dilarang tampil karena masih menjalani skorsing akibat kartu merah yang dia terima saat Bianconeri membabat Torino.

Tanpa tiga pemain pilar di atas, Allegri tampaknya akan kembali menerapkan pola 3-5-2 untuk menghabisi mantannya, AC Milan. Daniele Rugani digaransi bakal main, mungkin ber-threesome dengan Leonardo Bonucci dan Andrea Barzagli untuk membentengi gawang Gigi Buffon. Sedangkan Paul Pogba, Claudio Marchisio, dan Kwadwo Asamoah atau Stefano Sturaro sepertinya akan menyuplai bola dari lini tengah untuk duo striker Mario Mandzukic dan Alvaro Morata.

Di lain pihak, Milan bakal kehilangan Andrea Bertolacci karena akumulasi kartu. Kondisi Riccardo Montolivo juga diragukan karena belum fit. Maka dari itu, ada kemungkinan Sinisa Mihajlovic bakal menurunkan gelandang muda Jose Mauri untuk berduet dengan Juraj Kucka di lini tengah. Alternatif lain adalah Andrea Poli atau Manuel Locatelli, midfielder ababil yang sedang naik daun.

Kedua gelandang yang dipasang oleh Mihajlovic tersebut akan bahu-membahu dengan Keisuke Honda dan Jack Bonaventura untuk menyokong duet Carlos Bacca dan Mario Balotelli. Ya, si Apel Busuk tampaknya akan diberi kesempatan untuk tampil melawan Juve. Tinggal kita tunggu apakah dia mampu mengobrak-abrik gawang Buffon. Hehe..

Yang perlu disadari oleh Milanisti, meski bermain di kandang sendiri, siapapun pemain yang diturunkan oleh Mihajlovic, di atas kertas, memang sulit bagi Milan untuk mengalahkan Juve. Jika tidak ada kejutan, La Vecchia Signora seharusnya bisa kembali ke Turin dengan membawa pulang tiga poin.

***

Probable Line-ups

Milan (4-4-2):
99 Donnarumma; 20 Abate, 33 Alex, 13 Romagnoli, 31 Antonelli; 10 Honda, 27 Kucka, 18 Montolivo, 28 Bonaventura; 70 Bacca, 45 Balotelli.
Coach: Mihajlovic.
Bench: 1 Diego Lopez, 97 Livieri, 2 De Sciglio, 5 Mexes, 17 Zapata, 15 Ely, 96 Calabria, 16 Poli, 73 Locatelli, 4 Mauri, 72 Boateng, 9 Luiz Adriano.
Suspended: Bertolacci (1).
Injured: Niang & Abbiati.

Juventus (3-5-2):
1 Buffon; 15 Barzagli, 19 Bonucci, 24 Rugani; 26 Lichtsteiner, 10 Pogba, 8 Marchisio, 22 Asamoah, 12 Alex Sandro; 9 Morata, 17 Mandzukic.
Coach: Allegri.
Bench: 25 Neto, 34 Rubinho, 33 Evra, 20 Padoin, 16 Cuadrado, 27 Sturaro, 18 Lemina, 11 Hernanes, 7 Zaza.
Suspended: Khedira (1).
Injured: Caceres, Chiellini, Dybala & Pereyra.

Referee: Orsato.
Venue: Stadio San Siro, Milan.
Kick-off: Sun, Apr 10, 2016, 01.45 WIB.
Live: beIN SPORTS 1.

Prediction: Milan 0-1 Juventus.

Preview Serie A 2015-2016 Giornata 32: Milan vs. Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s