Preview Serie A 2015-2016 Giornata 33: Juventus vs. Palermo

Juventus tinggal enam langkah lagi untuk menjadi juara Liga Italia Serie A musim ini. Dengan keunggulan enam poin atas Napoli hingga giornata ke-32, bisa dibilang, scudetto kelima beruntun dalam lima tahun terakhir sudah digenggam oleh Gigi Buffon dkk. Meski demikian, genggaman tersebut masih bisa lepas seandainya sang Nyonya Tua terpeleset dalam enam laga pamungkas.

Untuk mengamankan gelar juara yang sudah di depan mata tersebut, Juve harus gas pol dan menghabisi setiap lawan yang menghadang. Salah satunya adalah Palermo yang bakal dihadapi pada hari Minggu (17/04) ini di J-Stadium. Kemenangan menjadi hasil yang wajib diraih untuk memperlebar jarak sebagai capolista menjadi 9 poin dari Napoli. Dini hari tadi, il Partenopei terjegal 0-2 saat melawat ke kandang Inter.

Sejak bangkit dari keterpurukan pada bulan Oktober tahun lalu, Juve memang terus-menerus menuai kemenangan dalam 22 laga terakhir di Serie A. Tercatat, hanya Bologna yang sempat menghadang La Vecchia Signora dengan hasil imbang tanpa gol. Sisanya, semua lawan dibabat habis, termasuk tuan rumah AC Milan pekan lalu. Yang berdampak pada dipecatnya pelatih mereka, Sinisa Mihajlovic.

Untuk menjamu Palermo akhir pekan ini, Juve masih belum bisa diperkuat oleh Giorgio Chiellini, Roberto Pereyra, dan kiper Norberto Neto yang menyusul cedera beberapa hari yang lalu. Sementara itu, Martin Caceres sudah dipastikan menepi hingga akhir musim nanti. Selain cedera, Bianconeri juga harus kehilangan Simone Zaza yang sedang menjalani hukuman akumulasi kartu.

Dari keempat pemain yang absen, sebenarnya hanya Chiellini yang menempati posisi inti. Tanpa King Kong, pelatih Allegri tampaknya akan kembali memasang Daniele Rugani untuk ber-threesome dengan Leonardo Bonucci dan Andrea Barzagli. Kombinasi tiga bek tangguh berusia tua dan muda tersebut akan membentengi gawang Buffon dari serbuan Franco Vazquez dan Alberto Gilardino.

Untuk lini depan, Juve patut bersyukur karena Paulo Dybala sudah kembali dari cedera. Jika Allegri menilai dia sudah fit, bukan tidak mungkin La Joya menjadi starter untuk berduet dengan Mario Mandzukic. Kedua striker tersebut akan disokong oleh trio macan Sami Khedira, Claudio Marchisio, dan Paul Pogba yang menghuni lini tengah.

Di lain pihak, Palermo harus bertandang ke Turin dalam kondisi compang-camping. Dalam lima laga terakhir di Serie A, Stefano Sorrentino dkk tak pernah menang dengan hasil empat kali keok dan sekali imbang. Pelatih Walter Novellino yang baru menjabat pun langsung didepak untuk digantikan oleh Davide Ballardini.

Musim ini, boss Palermo yang nyentrik, Maurizio Zamparini, sudah mengganti pelatih sebanyak delapan kali. Akibat ulah sang pemilik yang sangat “visioner” tersebut, mantan klub Paulo Dybala ini terpuruk di zona degradasi. Jika tak segera bangkit dalam enam laga terakhir, bisa jadi Sisilia bakal tanpa wakil di Serie A musim depan.

Hanya saja, ambisi bangkit Palermo itu bakal menabrak tembok beton akhir pekan ini. Sangat sulit, jika tidak bisa dibilang mustahil, untuk mengalahkan Juventus di kandang sendiri. Secara statistik, dalam lima pertemuan terakhir, tim Zebra memang sangat superior atas Rosanero dengan menyapu bersih kemenangan dan mencetak total delapan gol tanpa pernah kebobolan.

Maka dari itu, hanya kuasa Tuhan yang bisa menghentikan Juve meraih tiga poin weekend ini. Kemenangan minimal dua gol atas Palermo seharusnya menjadi hal yang tidak sulit untuk dicapai.

***

Probable Line-ups

Juventus (3-5-2):
1 Buffon; 15 Barzagli, 19 Bonucci, 24 Rugani; 16 Cuadrado, 6 Khedira, 8 Marchisio, 10 Pogba, 33 Evra; 17 Mandzukic, 21 Dybala.
Bench: 38 Audero, 34 Rubinho, 12 Alex Sandro, 26 Lichtsteiner, 20 Padoin, 11 Hernanes, 18 Lemina, 22 Asamoah, 27 Sturaro, 9 Morata.
Coach: Allegri.
Suspended: Zaza (1).
Injured: Caceres (season finish), Neto (30), Pereyra (7), Chiellini (10).

Palermo (4-3-1-2):
70 Sorrentino; 23 Struna, 12 Gonzalez, 4 Andelkovic, 7 Lazaar; 10 Hiljemark, 28 Jajalo, 18 Chochev; 16 Brugman; 20 Vazquez, 11 Gilardino.
Bench: 1 Posavec, 2 Vitiello, 77 Morganella, 6 Goldaniga, 15 Cionek, 3 Rispoli, 97 Pezzella, 25 Maresca, 24 Cristante, 9 Bentivegna, 8 Trajkovski, 54 La Gumina.
Coach: Ballardini.
Suspended: Quaison (1).
Injured: –

Referee: Giacomelli.
Venue: Juventus Stadium, Turin.
Kick-off: Sun, Apr 17, 2016, 20.00 WIB.
Live: beIN SPORTS 2.

Prediction: Juventus 2-0 Palermo.

Preview Serie A 2015-2016 Giornata 33: Juventus vs. Palermo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s