Preview Serie A 2015-2016 Giornata 35: Fiorentina vs. Juventus

Secara matematis, Juventus hanya membutuhkan empat poin lagi untuk mengunci gelar juara Liga Italia musim ini. Dengan keunggulan sembilan angka atas Napoli, dan Serie A hanya menyisakan empat laga, peluang Juve untuk mencetak rekor scudetto kelima beruntun dalam lima tahun terakhir memang sangat besar. Ibaratnya, hanya keajaiban dan kuasa Tuhan yang bisa menggagalkan kesuksesan Gigi Buffon dkk.

Langkah pertama yang harus dilakukan Juve untuk mengamankan gelar juara yang sudah dalam genggaman adalah dengan menghabisi tuan rumah Fiorentina pada giornata ke-35, hari Senin (25/04) dini hari WIB. Tiga angka yang dibawa pulang oleh Bianconeri dari Florence bakal membuat Napoli tertekan kala melawat ke Roma sehari sesudahnya.

Jika Napoli sampai gagal menang atas Roma, dan Juve mampu mengalahkan Fiorentina, maka gelar scudetto ke-34 sudah bisa dipastikan akhir pekan ini. Jadi, La Vecchia Signora sudah boleh menggelar pesta juara usai menjamu Carpi pada giornata ke-36 pekan depan. Namun, ini adalah skenario terbaiknya.

Untuk skenario terburuknya, Fiorentina bakal memberikan perlawanan sengit dan Napoli mampu menggulung Roma di Olimpico. Maka dari itu, tim asuhan Max Allegri tetap harus fokus dalam meraup tiga poin weekend ini tanpa memikirkan pesta juara yang belum tentu terjadi pekan depan. Apalagi, Stadio Artemio Franchi biasanya menjadi tempat yang sulit ditaklukkan oleh sang Nyonya Tua.

Saat pertemuan terakhir di Florence di ajang Serie A pada tahun 2014, Fiorentina mampu menahan seri Juventus tanpa gol. Namun, jika melihat rekor head-to-head di semua ajang (Serie A dan Coppa Italia) dalam lima laga terakhir, Bianconeri memang lebih superior daripada La Viola dengan memetik tiga kali kemenangan, sekali seri, dan sekali kalah.

Fiorentina tentu ingin membalik catatan buruk kala bertemu Juve. Selain itu, Borja Valero dkk juga sedang membutuhkan poin agar bisa menggeser Inter yang unggul dua angka di posisi keempat. Dalam lima laga terakhir di Serie A, penampilan La Viola memang compang-camping. Tim besutan Paulo Sousa itu kalah dua kali, seri dua kali, dan hanya menang sekali. Kemenangan atas Juventus yang merupakan musuh bebuyutan mereka diharapkan bisa menjadi titik balik.

Namun, tidak mudah menjungkalkan Juve yang kini sedang on-fire. Paul Pogba dkk sudah lama sekali tidak tersentuh kekalahan di Serie A. Meski sang regista Claudio Marchisio sedang cedera panjang, penampilan sang Nyonya Tua tetap konsisten. Terbukti, tengah pekan lalu Lazio mereka hajar dengan skor 3-0 kala bertamu ke J-Stadium.

Sebagai pengganti Marchisio, Allegri mungkin bakal menyiapkan Mario Lemina atau Hernanes untuk mengatur tempo permainan. Paul Pogba dan Sami Khedira seperti biasanya akan menjadi pendamping sang sutradara di lini tengah. Jika Khedira diistirahatkan, alternatif lainnya adalah Kwadwo Asamoah karena Stefano Sturaro sedang terkena larangan bermain akibat akumulasi kartu.

Di lini depan, kondisi Paulo Dybala juga akan dievaluasi. Jika kebugarannya masih belum pulih usai memborong dua gol saat menggunduli Lazio tengah pekan lalu, La Joya mungkin bakal disimpan. Begitu juga dengan Mario Mandzukic. Pilihan lain sebagai tukang gedor ada pada Alvaro Morata atau Simone Zaza yang sudah siap diturunkan.

Sementara itu, di lini belakang, Giorgio Chiellini tampaknya sudah sembuh dari cedera. Namun, King Kong mungkin belum cukup fit untuk tampil. Tiga slot yang membentengi gawang Gigi Buffon hampir pasti ditempati oleh Daniele Rugani, Leonardo Bonucci, dan Andrea Barzagli. Sedangkan Stephan Lichtsteiner dan Patrice Evra sepertinya akan menjadi wingback yang mengawal sisi lapangan.

Melihat situasi dan kondisi terkini, memang bukan hal yang sulit bagi Juve untuk membawa pulang tiga poin dari Artemio Franchi. Yang penting, tim Zebra tidak boleh berpikir sudah juara, dan jangan sampai meremehkan Fiorentina agar tragedi pembantaian 4-2 yang terjadi tiga tahun lalu tidak terulang. Hanya sekadar mengingatkan saja. Hehe..

***

Probable Line-ups

Fiorentina (3-4-2-1):
12 Tatarusanu; 32 Roncaglia, 2 Rodriguez, 13 Astori; 10 Bernardeschi, 5 Badelj, 20 Borja Valero, 28 Alonso; 72 Ilicic, 14 Mati Fernandez; 9 Kalinic.
Bench: 24 Lezzerini, 34 Satalino, 4 Tomovic, 23 Pasqual, 6 Tino Costa, 16 Blaszczykowski, 26 Kone, 27 Tello, 7 Zarate.
Coach: Sousa.
Suspended: –
Injured: Babacar (15 days), Vecino (5), Benalouane (unpredictable).

Juventus (3-5-2):
1 Buffon; 15 Barzagli, 19 Bonucci, 24 Rugani; 26 Lichtsteiner, 6 Khedira, 18 Lemina, 10 Pogba, 33 Evra; 9 Morata, 21 Dybala.
Bench: 34 Rubinho, 38 Audero, 12 Alex Sandro, 16 Cuadrado, 20 Padoin, 22 Asamoah, 11 Hernanes, 37 Pereyra, 7 Zaza, 17 Mandzukic.
Coach: Allegri.
Suspended: Sturaro (1).
Injured: Caceres & Marchisio (season finish), Neto (20 days), Chiellini (unpredictable).

Referee: Tagliavento.
Venue: Stadio Artemio Franchi, Florence.
Kick-off: Mon, Apr 25, 2016, 01.45 WIB.
Live: OrangeTV Festival.

Prediction: Fiorentina 0-2 Juventus.

Preview Serie A 2015-2016 Giornata 35: Fiorentina vs. Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s