Preview Serie A 2015-2016 Giornata 37: Hellas Verona vs. Juventus

Untung saja Juventus sudah mengunci gelar juara Liga Italia musim ini. Seandainya belum, pelatih Max Allegri mungkin bakal sedikit pusing. Bagaimana tidak, saat melakoni laga giornata ke-37 pada hari Senin (09/05) dini hari WIB, Bianconeri masih diterpa oleh cedera. Selain itu, sejumlah pemain inti dilarang tampil akibat hukuman akumulasi kartu.

Untungnya lagi, lawan yang dihadapi Juve adalah Hellas Verona, tim juru kunci Serie A yang sudah pasti terdegradasi ke Serie B musim depan. Jadi, bisa dibilang, bagi kedua tim, laga di Stadio Marc-Antonio Bentegodi akhir pekan ini ibarat pertandingan formalitas yang sudah tidak menentukan apa-apa. Apapun hasilnya, tak akan mengubah kedudukan Gigi Buffon dkk sebagai pemuncak klasemen dan Luca Toni dkk sebagai penghuni dasar klasemen.

Meski demikian, Allegri tetap menganggap serius laga ini. Itu tak terlepas dari belum berakhirnya misi Juventus musim ini. Scudetto kelima beruntun dalam lima tahun terakhir memang sudah direngkuh. Sejarah sudah tercipta. Namun, masih ada partai puncak Coppa Italia melawan AC Milan pada hari Minggu (22/05) dini hari WIB di Stadio Olimpico, Roma.

Allegri tentu saja ingin menjaga kondisi para pemainnya agar siap tempur menghadapi mantan klub asuhannya tersebut. Maka dari itu, dua laga tersisa di Serie A harus dilakoni dengan serius untuk menjaga mental bertanding. Jangan sampai skuat Juve sudah dalam “mode liburan” saat menghadapi Milan. Misi double winners dua musim beruntun harus diamankan jika Allegri ingin mencetak rekor satu kali lagi.

Masalah utama yang dihadapi Allegri adalah cedera yang menimpa Sami Khedira dan Alvaro Morata. Mereka menyusul Martin Caceres dan Claudio Marchisio yang sudah terlebih dahulu tumbang hingga akhir musim. Sementara itu, Hernanes, Paul Pogba, Stephan Lichsteiner, dan striker Mario Mandzukic sudah pasti tidak dibawa ke Verona karena menjalani skors akumulasi kartu.

Tanpa sejumlah pemain inti di atas, Juve mau tak mau harus mengandalkan para penggawa pelapis semacam Roberto Pereyra, Stefano Sturaro, Mario Lemina dan Kwadwo Asamoah. Tiga gelandang di lini tengah bakal menjadi penyokong bagi duet ujung tombak yang sepertinya akan ditempati oleh Paulo Dybala dan Simone Zaza.

Di lini belakang, absennya Chiellini selama ini bisa di-cover dengan baik oleh Daniele Rugani. Bek muda tersebut akan kembali ber-threesome dengan Leonardo Bonucci dan Andrea Barzagli untuk membentengi gawang Norberto Neto. San Gigi Buffon sepertinya akan diistirahatkan. Sementara itu, Alex Sandro dan Juan Cuadrado atau Simone Padoin mungkin akan mengapit ketiganya sebagai wingback kiri dan kanan.

Di lain pihak, tuan rumah Verona akan memanfaatkan laga terakhir di kandang musim ini sebagai partai perpisahan bagi striker veteran Luca Toni. Juara Piala Dunia 2006 bersama Italia itu memang telah mengumumkan bakal gantung sepatu setelah tiga tahun membela tim biru kuning tersebut.

Berbagai prestasi mampu diukir oleh Toni bersama Verona, termasuk ketika secara mengejutkan menjadi top scorer dengan 22 gol bersama Mauro Icardi pada musim lalu. Suami Marta Checchetto yang dijuluki La Gazzetta dello Sport sebagai “Striker Terbaik Italia yang Masih Ada” itu pun menjadi capocannoniere tertua sepanjang sejarah Serie A.

Selain itu, bagi Verona sendiri, laga melawan Juventus kali ini juga menjadi laga home terakhir di Serie A. Pekan depan, tim besutan Luigi Delneri itu akan melawat ke Palermo. Musim depan, rival sekota Chievo Verona itu sudah pasti terjerumus kembali ke Serie B setelah sekian tahun bertahan di divisi teratas Liga Italia.

Hanya saja, harapan Verona untuk memberikan kado perpisahan yang indah bagi para pendukung di kandang sendiri terancam gagal. Meski tanpa sejumlah pemain inti, Juve tentu saja tidak akan mudah dipermalukan. Secara statistik, tim juara Liga Italia satu kali (pada musim 1984/1985) itu tak pernah menang saat bertemu Bianconeri dalam enam laga terakhir. Hasilnya adalah lima kali kalah dan sekali imbang dengan skor 2-2 yang mereka raih musim lalu.

Oleh karena itu, di atas kertas, laga pada pekan ke-37 ini bakal menjadi laga yang mudah bagi Juventus. Absennya sejumlah pemain inti tidak boleh menjadi alasan bagi sang Nyonya Tua untuk gagal memperpanjang rekor unbeaten di Serie A yang sudah terjaga sejak bulan Oktober tahun lalu. Dua atau tiga gol seharusnya bisa digelontorkan oleh La Joya dkk ke gawang Verona.

***

Probable Line-ups

Hellas Verona (4-4-2):
95 Gollini; 3 Pisano, 22 Bianchetti, 18 Moras, 28 Emanuelson; 13 Wszolek, 24 Viviani, 23 Ionita, 16 Siligardi; 21 Gomez, 9 Toni.
Bench: 37 Coppola, 88 Marcone, 5 Helander, 12 Gilberto, 4 Samir, 14 Furman, 97 Checchin, 8 Marrone, 19 Greco, 2 Romulo, 27 Rebic, 7 Jankovic.
Coach: Delneri.
Suspended: –
Injured: Souprayen, Albertazzi, Fares & Pazzini (unpredictable).

Juventus (3-5-2):
25 Neto; 15 Barzagli, 19 Bonucci, 24 Rugani; 20 Padoin, 37 Pereyra, 18 Lemina, 22 Asamoah, 12 Alex Sandro; 7 Zaza, 21 Dybala.
Bench: 34 Rubinho, 38 Audero, 49 Cassata, 3 Chiellini, 33 Evra, 16 Cuadrado, 27 Sturaro, 39 Favilli.
Coach: Allegri.
Suspended: Hernanes, Pogba, Lichtsteiner & Mandzukic (1).
Injured: Caceres, Marchisio, Khedira (season finish), Morata (unpredictable).

Referee: Maresca.
Venue: Marc-Antonio Bentegod, Verona.
Kick-off: Mon, May 9, 2016, 01.45 WIB.
Live: beIN SPORTS 1.

Prediction: Hellas Verona 0-3 Juventus.

Preview Serie A 2015-2016 Giornata 37: Hellas Verona vs. Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s