Preview Coppa Italia 2015-2016 Finale: Milan vs. Juventus

Final TIM Cup alias Coppa Italia bakal menjadi ajang penutup kasta teratas sepak bola negerinya Leonardo DaVinci musim ini. Tim “semenjana” AC Milan akan menantang tim yang baru saja meraih scudetto lima kali beruntun sekaligus sang juara bertahan, Juventus, di Stadio Olimpico, Roma, hari Minggu (22/05) dini hari WIB.

Bagi Milan, final kali ini adalah pertaruhan harga diri sekaligus harapan terakhir untuk lolos ke ajang Eropa musim depan. Terpuruk di Serie A, menjuarai Coppa Italia menjadi satu-satunya jalan bagi Mario Balotelli dkk jika ingin berlaga di Liga Malam Jumat alias Europa League. Selain itu, laga kali ini, kabarnya, juga menjadi penentu nasib sang pelatih pengganti, Cristian Brocchi, apakah bakal dipertahankan atau tidak oleh sang big boss, Silvio Berlusconi.

Di lain pihak, bagi Juventus, final TIM Cup kali ini adalah kepingan terakhir untuk menggenapi misi menjadi double winners. Setelah mencetak sejarah dengan menjuarai Serie A lima kali beruntun, tim asuhan Max Allegri tersebut juga ingin menorehkan rekor dengan meraih double winners dua tahun back-to-back. Bila hal itu bisa tercapai, bakal semakin mengukuhkan predikat sang Nyonya Tua sebagai Ratu Penguasa Italia.

Maka dari itu, kedua tim dipastikan bakal tampil habis-habisan untuk menuntaskan misi masing-masing. Meski demikian, baik Milan maupun Juve sama-sama terkendala dengan absennya sejumlah pemain inti. Di kubu Bianconeri, Leonardo Bonucci dipastikan tidak bisa tampil karena hukuman akumulasi kartu. Demikian juga dengan Martin Caceres, Claudio Marchisio, dan Sami Khedira yang masih tergeletak cedera. Sementara itu, di kubu Rossoneri, dua fullback, Ignazio Abate dan Luca Antonelli tampaknya juga masih belum fit.

Tanpa kehadiran Bonucci yang biasanya menjadi jantung di bagian pertahanan, Allegri sepertinya akan memasang Andrea Barzagli sebagai penggantinya. Bek juara dunia tahun 2006 bersama Italia itu akan ditemani oleh Daniele Rugani dan Giorgio Chiellini untuk membentengi gawang Norberto Neto yang memang diberi jatah untuk tampil di Coppa Italia.

Di lini tengah, absennya Marchisio dan Khedira tampaknya akan ditutupi dengan tampilnya Hernanes dan Kwadwo Asamoah untuk menemani Paul Pogba. Ketiganya bakal diapit oleh duo wingback Stephan Lichtsteiner dan Patrice Evra untuk menyuplai umpan-umpan matang bagi duet striker Paulo Dybala dan Mario Mandzukic.

Sementara itu, meski sedang mengalami masa buruk, AC Milan tetap tidak bisa diremehkan. Striker M’Baye Niang sudah sembuh dari cedera dan sepertinya bisa menjadi alternatif selain Mario Balotelli dan Carlos Bacca. Kembalinya Niang memang diharapkan bisa membuat tim saudara tiri Inter ini bangkit kembali.

Sejak dilatih oleh Cristian Brocchi, setelah mendepak Sinisa Mihajlovic, Milan memang belum bisa lepas dari periode negatif. Dalam enam laga terakhir, Keisuke Honda dkk hanya mampu menang dua kali, seri dua kali, dan kalah dua kali. Selain itu, secara head-to-head, sejak tahun 2013, Rossoneri tidak pernah berhasil mengalahkan Juventus. Hanya pernah imbang sekali dan sisanya keok tujuh kali.

Oleh karena itu, Juve memang berada di atas angin dan menjadi unggulan di final kali ini. Jika tidak ada kejutan, La Vecchia Signora seharusnya bisa meraih gelar Coppa Italia-nya yang ke-11. Sekaligus mencatat rekor juara terbanyak sepanjang masa.

***

Probable Line-ups

Milan (4-4-2):
Donnarumma; De Sciglio, Mexes, Romagnoli, Calabria; Honda, Kucka, Bertolacci, Bonaventura; Balotelli, Bacca.

Juventus (3-5-2):
Neto; Rugani, Barzagli, Chiellini; Lichtsteiner, Pogba, Hernanes, Asamoah, Evra; Mandzukic, Dybala.

Referee: Rocchi.
Venue: Stadio Olimpico, Roma.
Kick-off: Sun, May 22, 2016, 01.45 WIB.
Live: KompasTV / OrangeTV Festival.

Prediction: Milan 1-2 Juventus.

Preview Coppa Italia 2015-2016 Finale: Milan vs. Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s