Prediksi Copa America Centenario 2016

Ajang sepak bola terbesar di benua Amerika kembali dimulai. Hanya setahun setelah edisi terakhir di Cile. Kali ini, bertempat di negara soccer, Amerika Serikat. Menyambut 100 tahun Copa America yang pertama kali dihelat tepat seabad silam.

Karena ini edisi khusus, maka, pesertanya pun khusus. Jika biasanya terdiri dari 12 tim (10 anggota tetap CONMEBOL ditambah 2 undangan), kini menjadi 16 tim. Yaitu, 10 negara Amerika Selatan dan 6 anggota Concacaf. Dibagi dalam empat grup.

Bagaimanakah peluang setiap kontestan? Apakah Cile mampu mempertahankan gelar yang mereka rebut di rumah sendiri tahun lalu? Atau, kali ini, giliran Argentina yang sudah puasa gelar sejak tahun 1993? Berikut adalah prediksinya..

Grup A

Amerika Serikat
Sebagai tuan rumah, tim asuhan Juergen Klinsmann ini pasti diunggulkan untuk setidaknya lolos ke babak 8 besar. Pesaing terberat AS di grup ini adalah Kolombia yang memiliki materi lebih mentereng. Selain itu, juga ada Kosta Rika dan Paraguay yang berpotensi menjegal laju The Sam’s Army jika mereka tidak berhati-hati.
Prediksi: Perempat final.

Kolombia
Tim besutan Jose Pekerman ini difavoritkan untuk memuncaki grup A. Dibandingkan tiga tim lainnya, komposisi skuat Los Cafeteros memang lebih berkualitas. Sebut saja sang kapten James Rodriguez yang baru saja memenangkan Liga Champions bersama Real Madrid. Belum lagi, Carlos Bacca, Juan Cuadrado, Jeison Murillo dll. Dengan materi seperti ini, Kolombia seharusnya bisa melaju jauh.
Prediksi: Semifinal.

Kosta Rika
Dua tahun yang lalu di Brasil, Joel Campbell dkk menjadi Cinderella dengan memembus babak 8 besar Piala Dunia. Sebelum akhirnya kalah adu penalti dari Belanda. Kali ini, Kosta Rika juga berpotensi membuat kejutan. Apalagi, kualitas skuat mereka tidak berbeda jauh bila dibandingkan AS ataupun Paraguay. Satu-satunya kendala adalah absennya kiper Keylor Navas yang sedang cedera.
Prediksi: Fase grup.

Paraguay
Julukan tim kuda hitam memang layak disematkan pada Paraguay. Tahun lalu, mereka berhasil menembus semifinal saat Copa America berlangsung di Cile. Dengan mengandalkan pemain-pemain skillful semacam Derlis Gonzales dan Juan Iturbe, La Albirroja berpotensi membuat tim tuan rumah Amerika Serikat merana.
Prediksi: Fase grup.

Grup B

Brasil
Tim Samba berlaga di Copa America Centenario tanpa diperkuat sang bintang utama, Neymar. Striker Barcelona itu lebih memilih turun di Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Meski demikian, Brasil tetaplah Brasil. Tim besutan Dunga itu diunggulkan untuk setidaknya lolos ke empat besar. Atau, bahkan, ke final.
Prediksi: Final.

Ekuador
Di babak kualifikasi Piala Dunia 2018, Ekuador merajai zona Amerika Selatan. Namun, kini kondisinya berbeda. Mereka tidak lagi bermain di kandang, dataran tinggi Quito, yang selama ini menjadi neraka bagi tim tamu. Maka dari itu, Antonio Valencia dkk harus mengandalkan kemampuan sendiri. Meski demikian, kalau cuma lolos ke 8 besar, mendampingi Brasil, seharusnya bisa. Karena pesaing mereka hanyalah Haiti dan Peru.
Prediksi: Perempat final.

Haiti
Di Copa America kali ini, Haiti bisa dibilang sebagai tim pupuk bawang. Jika dibandingkan 15 kontestan lainnya, kualitas para pemain dari negara yang terletak di Laut Karibia itu memang yang paling lemah. Tidak menjadi lumbung gol, seharusnya, sudah merupakan prestasi bagi Haiti.
Prediksi: Fase grup.

Peru
Sudah lama sepak bola Peru menantikan kebangkitan. Sejak era Teofilo Cubillas di tahun 1970-an dulu. Namun, hingga kini, tak kunjung tercapai. Target realistis bagi tim Inca adalah mencuri tiket 8 besar dari genggaman Ekuador.
Prediksi: Fase grup.

Grup C

Meksiko
Tim Sombrero menjadi unggulan di grup C. Jika melihat tiga kontestan lainnya, pesaing terberat Chicharito dkk memang hanya Uruguay. Sementara itu, Jamaika dan Venezuela, di atas kertas, tidak sulit untuk dijinakkan. Laga Meksiko melawan Uruguay mungkin bakal menjadi penentu dalam perebutan juara grup.
Prediksi: Semifinal.

Uruguay
Uruguay saat ini memang tidak setangguh lima tahun lalu kala menjadi juara Copa America 2011. Meski demikian, kekuatan La Celeste tetap tidak bisa diremehkan. Karena ada dua predator yang masih bercokol di sana. Yaitu, Luis Suarez dan Edinson Cavani. Lolos ke 8 besar seharusnya bukan hal yang sulit bagi tim besutan Oscar Washington Tabarez tersebut.
Prediksi: Perempat final.

Jamaika
The Reggae Boys adalah salah satu tim terlemah di Copa America kali ini. Satu-satunya peluang untuk lolos ke 8 besar adalah jika sang kapten Wes Morgan bisa menularkan keajaiban yang dia bawa dari Leicester City ke Jamaika.
Prediksi: Fase grup.

Venezuela
Di antara 10 tim dari Amerika Selatan, La Vinotinto adalah yang terlemah. Di Copa America Centenario kali ini, nasib Venezuela tampaknya tidak akan berubah. Misi utama Salomon Rondon adalah jangan sampai menjadi juru kunci di bawah Jamaika. Kebanggaan sebagai negaranya almarhum Hugo Chavez dipertaruhkan.
Prediksi: Fase grup.

Grup D

Argentina
Tim Tango adalah unggulan utama di grup D sekaligus di Copa America edisi khusus ini. Sudah terlalu lama La Albiceleste puasa gelar. Sekarang saat yang tepat untuk mengakhirinya. Nuff said.
Prediksi: Juara.

Cile
Tahun lalu, di kandang sendiri, Cile memupus asa Argentina lewat adu penalti di partai puncak. Tahun ini, juara bertahan Copa America itu berpeluang untuk kembali mempermalukan tim Tango di grup D. Tiket ke 8 besar seharusnya sudah dalam genggaman Arturo Vidal dkk.
Prediksi: Perempat final.

Panama
Seperti tim dari Amerika Tengah lainnya, Panama memang bukan tandingan bagi para raksasa Amerika Latin semacam Argentina dan Cile. Target realistis bagi mereka adalah mengalahkan Bolivia agar tidak menjadi juru kunci.
Prediksi: Fase grup.

Bolivia
Selama ini, Bolivia dikenal sebagai jago kandang. Tim dari negaranya Evo Morales itu bak macan sangar jika bermain di dataran tinggi La Paz. Namun, jika bermain di luar negeri, mereka berubah menjadi kucing lucu yang mudah dijinakkan.
Prediksi: Fase grup.

Prediksi Copa America Centenario 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s