Prediksi EURO 2016

Genderang perang Piala Eropa sudah ditabuh. Sebanyak 24 kontestan bakal berjibaku memperebutkan trofi Henri Delaunay di negeri asalnya, Prancis. Dibandingkan edisi-edisi sebelumnya, yang hanya diikuti 16 tim, EURO 2016 ini memang dijamin akan lebih ramai. Bahkan, diperkirakan hampir menyamai Piala Dunia.

Meski demikian, tetap ada pro dan kontra. Banyak pihak menilai, kualitas kejuaraan terbesar di benua biru ini bakal menurun dengan meningkatnya jumlah peserta. Beberapa negara antah-berantah, yang selama ini hanya menjadi pupuk bawang, bisa lolos ke putaran final karena membengkaknya jatah menjadi 24 tim. Negara-negara ini dianggap hanya menjadi penggembira saja.

Namun, golongan yang pro menyatakan itu hanya kekhawatiran yang tak berdasar. Buktinya, negara kecil semacam Islandia, yang berpenduduk hanya 300 ribu jiwa, mampu menyingkirkan raksasa sepak bola seperti Belanda di babak kualifikasi.

Patut diingat juga, Denmark dan Yunani, yang statusnya hanya sebagai tim medioker, mampu menjadi juara pada tahun 1992 dan 2004. Maka dari itu, setiap laga di EURO 2016 ini bakal tetap seru meski melibatkan tim yang selama ini kurang dikenal. Mereka berpotensi menjadi kuda hitam yang bisa mengejutkan di akhir kejuaraan nanti.

Bagaimana sebenarnya peluang dari masing-masing tim? Apakah para unggulan bakal kembali berjaya? Atau, kali ini adalah waktu bagi para underdog untuk unjuk gigi? Berikut adalah prediksinya..

Grup A

Tuan rumah Prancis menjadi unggulan utama di grup ini. Meski tidak diperkuat oleh Karim Benzema, yang dicoret karena tersandung kasus pemerasan video seks, Les Bleus tetap menjadi favorit utama untuk menjuarai EURO 2016. Bersama juara dunia Jerman, juara bertahan back-to-back Spanyol, dan tim yang selalu mengecewakan penggemarnya, Inggris.

Meski demikian, Paul Pogba dkk tidak boleh terlalu jumawa. Karena di grup A juga bercokol Swiss yang berpotensi menjadi salah satu kuda hitam. Selain itu, juga ada Rumania, tim dengan pertahanan tertangguh selama babak kualifikasi. Jangan lupakan pula tim debutan Albania yang pasti tampil nothing to lose.

Asalkan tidak terjadi kejutan, di atas kertas, Prancis bakal lolos ke fase knock-out sebagai juara grup. Ditemani oleh Swiss. Sementara itu, Rumania berpeluang menjadi salah satu dari empat tim peringkat tiga terbaik yang mendapat tiket ke babak 16 besar.

Prediksi
Prancis: Juara; Rumania: 16 besar; Albania: Fase grup; Swiss: Perempat final.

Grup B

The Battle of Britain bakal tersaji di grup ini. Inggris akan bersua dengan saudara mudanya, Wales, yang baru kali ini lolos ke Piala Eropa. The Three Lions tentu saja lebih diunggulkan. Namun, di pihak lain, juga ada the Welsh Wizard, Gareth Bale, yang sihirnya bisa saja merontokkan kejayaan Wayne Rooney dkk.

Dilihat dari segi usia, skuat yang diusung oleh Roy Hodgson kali ini adalah yang termuda di EURO 2016. Rata-rata hanya 25 tahun lebih sedikit. Bahkan, di situ juga ada ababil bernama Marcus Rashford yang baru berumur 18 tahun. Dan diduga masih perjaka.

Oleh karena itu, meski menjadi salah satu unggulan, banyak pihak yang menyangsikan kekuatan Inggris. Secara kemampuan, Dele Alli dkk memang menjanjikan. Tapi, mereka minim pengalaman. Terutama di level internasional dan major tournament.

Untungnya, Inggris “hanya” segrup dengan Wales, Rusia, dan Slovakia. Lolos ke fase knock-out seharusnya bisa dengan mudah diraih. Jangan sampai aib di Piala Dunia 2014 terulang. Karena saat ini sudah tidak ada lagi Luis Suarez dan Mario Balotelli.

Prediksi
Inggris: Perempat final; Rusia: Fase grup; Wales: 16 besar; Slovakia: 16 besar.

Grup C

Setelah berjibaku di babak kualifikasi, Jerman kembali bertemu tetangganya, Polandia, di grup C. Sang juara dunia wajib waspada. Karena Robert Lewandowski dkk pernah mempermalukan mereka tahun lalu. Apalagi, penampilan der Panzer sejak ditinggal Philipp Lahm masih angin-anginan. Sering kalah melawan tim-tim medioker.

Hanya saja, jika melihat para pesaing di grup C, tim besutan Jogi Loew itu seharusnya tak menemui kesulitan untuk melaju ke babak selanjutnya. Polandia mungkin akan menemani sebagai runner-up grup. Sedangkan, Ukraina dan Irlandia Utara, tampaknya, harus mengepak koper lebih awal.

Bagaimana dengan kans Jerman untuk mengikuti jejak Spanyol dan Prancis mengawinkan Piala Dunia dan Piala Eropa? Sepertinya bakal terjal. Kecuali, Thomas Mueller dkk mampu memperbaiki penampilan dalam waktu dekat ini. Meski demikian, kalau hanya sekadar lolos ke semifinal, seharusnya mereka bisa. Apalagi, der Panzer selama ini dikenal sebagai tim spesialis turnamen.

Prediksi
Jerman: Semifinal; Ukraina: Fase grup; Polandia: 16 besar; Irlandia Utara: Fase grup.

Grup D

Dalam friendly match terakhir sebelum EURO 2016, Spanyol dipermalukan tim antah-berantah Georgia dengan skor 0-1. Di kandang sendiri. Tentu saja ini menjadi lampu kuning bagi skuat besutan Vicente Del Bosque tersebut.

Secara permainan, terutama dalam penerapan passing football, Spanyol adalah jagonya. Namun, selama ini, mereka terserang masalah klasik, yaitu finishing touch yang buruk. Ditambah lagi, kali ini, striker naturalisasi Diego Costa tidak dibawa. Otomatis, La Furia Roja hanya mengandalkan ujung tombak gaek Aritz Aduriz dan tukang gedor Juventus, Alvaro Morata.

Meski demikian, Andres Iniesta dkk tetap difavoritkan untuk melaju, bahkan, sampai ke final. Bertarung dengan tuan rumah Prancis di partai puncak. Sementara itu, untuk lolos ke babak 16 besar, Kroasia lebih diunggulkan untuk menemani tim Matador dibandingkan Republik Ceko dan Turki.

Prediksi
Spanyol: Final; Republik Ceko: 16 besar; Turki: Fase grup; Kroasia: 16 besar.

Grup E

Tanpa Andrea Pirlo, Claudio Marchisio, dan Marco Verratti, Italia terpaksa hanya mengandalkan gelandang-gelandang semenjana. Selain itu, di lini depan, Antonio Conte juga terkesan membawa striker yang “seadanya”. Karena satu-satunya penyerang world class yang dimiliki Gli Azzurri, yaitu Mario Balotelli, ternyata sudah membusuk sebelum sempat matang.

Skuat di EURO 2016 kali ini memang bisa dibilang merupakan skuat termedioker yang pernah dimiliki Gli Azzurri sepanjang sejarah. Tidak ada lagi nama-nama besar semacam Francesco Totti, Alesandro Del Piero, dan Andrea Pirlo. Yang tersisa hanyalah santo pelindung Juventus, San Gigi Buffon.

Meski demikian, tidak ada yang berani yang meremehkan Italia. Minimal, untuk lolos ke fase knock-out, seharusnya, mereka mampu. Pesaing terberat adalah unggulan utama grup E, yaitu Belgia. Sedangkan, Swedia dan Republik Irlandia di atas kertas bisa dijinakkan.

Target realistis bagi Giorgio Chiellini dkk adalah menembus perempat final. Namun, dengan sedikit keberuntungan, empat besar bukan hal yang mustahil. Jika bisa mengulang capaian empat tahun lalu, itu bakal luar biasa. Apalagi, jika sampai menjadi juara.

Prediksi
Belgia: Perempat final; Italia: Semifinal; Republik Irlandia: Fase grup; Swedia: 16 besar.

Grup F

Portugal bisa dibilang beruntung karena “hanya” segrup dengan Austria, Islandia, dan Hungaria. Trauma memalukan dua tahun lalu di Piala Dunia 2014 memang masih membekas. Kali ini, di EURO 2016, Cristano Ronaldo dkk diharapkan bisa melenggang mulus ke fase knock-out.

Pesaing terberat Seleccao das Quinas di grup D ini memang hanya Austria. Yang kemungkinan besar bakal menemani mereka melaju ke babak 16 besar. Sementara itu, Hungaria dan tim debutan Islandia, sampai saat ini, hanya diberi status sebagai tim penggembira.

Kecuali terjadi dongeng Cinderrella ala Leicester City, memang kecil peluang Islandia untuk berbicara banyak. Meski demikian, bola itu bundar. Bisa saja kisah impossible is nothing seperti yang ditorehkan Yunani pada tahun 2004 terjadi lagi. Siapa yang bakal menyangkanya?

Prediksi
Portugal: 16 besar; Islandia: Fase grup; Austria: Perempat final; Hungaria: Fase grup.

Prediksi EURO 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s