Preview Film: Independence Day: Resurgence (2016)

Setelah “istirahat” selama dua dekade, alien kembali menginvasi bumi. Itulah yang tersaji dalam Independence Day: Resurgence, yang mulai tayang pada hari Rabu, 22 Juni 2016 di Indonesia.

Film pertamanya, Independence Day (1996), yang dibintangi oleh Will Smith, sangat terkenal dan sempat menjadi penanda level kegaulan. Terutama, di kalangan anak muda, termasuk di Indonesia. Kala itu, jika belum menonton ID4, kita bakal dicap “nggak gaul” oleh teman-teman.

Sayangnya, kali ini, Will Smith tidak ikut ambil bagian. Karakter yang diperankannya, Captain Steven Hiller, diceritakan telah mangkat. Meski demikian, penerus sang pahlawan tersebut tetap ada, yaitu anak tirinya, Dylan Dubrow (Jessie Usher).

Dylan merupakan anak dari Jasmine Dubrow, istri almarhum Hiller, yang di Resurgence ini tetap diperankan oleh Vivica A. Fox, yang masih terlihat sexy di usia yang sudah menginjak setengah abad. Di film pertama, Dylan masih seorang bocah, diperankan oleh Ross Bagley. Kini, dia sudah dewasa dan menjadi pilot di Earth Space Defense (ESD).

Digarap oleh sutradara yang sama, yaitu Roland Emmerich, yang selama ini dikenal sebagai spesialis film-film bencana, Resurgence memang berusaha menghubungkan penonton dengan cerita Independence Day pada tahun 1996. Ketiadaan tokoh Hiller tidak terlalu berpengaruh, karena Emmerich memang lebih menekankan pada sosok Dylan yang tumbuh tanpa seorang ayah.

Selain itu, para penggemar lawas tidak akan kehilangan sosok jagoan, karena di sekuel ini muncul karakter baru bernama Jake Morrison (Liam Hemsworth). Seorang pilot muda dari ESD yang kedua orang tuanya meninggal saat invasi alien yang pertama, dua puluh tahun yang lalu.

Malah, bisa dibilang, Jake inilah tokoh utama di Resurgence. Dari trailer filmnya, bisa kita lihat adegan kala Jake menerobos serangan pesawat alien yang telah melewati bulan. Sebagai pilot ESD, tugas utamanya adalah mengamati pergerakan alien di luar angkasa.

Emmerich, tampaknya, memang sengaja menciptakan sosok Jake sebagai pengganti Hiller yang kini sudah tiada. Karakter mereka dibuat mirip. Antara lain, suka bertindak tak terduga di luar rencana. Namun, di saat genting dan putus asa, Jake bisa menumbuhkan harapan kepada timnya dengan segala aksi heroiknya.

Meski banyak tokoh baru yang muncul, tidak semua tokoh lama dihilangkan. Salah satunya adalah karakter David Levinson yang kembali diperankan oleh Jeff Goldblum. Ilmuwan ahli komputer lulusan MIT itu sekali lagi harus bahu-membahu melawan alien dengan Thomas J. Whitemore (Bill Pullman), yang di film edisi pertama menjadi Presiden Amerika Serikat ke-42.

Sebagai pemanis, juga ada Maika Monroe yang memerankan Patricia Whitemore, putri sang mantan presiden, yang dikisahkan berpacaran dengan Jake. Pada film pertama dulu, Patricia kecil diperankan oleh Mae Whitman.

Dibandingkan ID4 tahun 1996, Resurgence jelas menawarkan teknologi yang lebih canggih. Serangan alien juga dibuat lebih brutal dan ganas. Seperti yang bisa kita lihat di trailer filmnya, kemunculan makhluk asing ditandai dengan mendaratnya kapal induk raksasa, yang diikuti dengan penghancuran berbagai landmark terkenal di bumi.

Perang teknologi pun tak terhindarkan. Meski demikian, Emmerich tidak semata mengandalkan efek computer-generated imagery (CGI) yang dahsyat. Sutradara berusia 60 tahun itu juga menjanjikan plot cerita yang tidak mudah ditebak hingga akhir film.

Sejauh ini, sejumlah situs review memberi rating rata-rata untuk film berbujet USD 165 juta ini. Secara box office, Resurgence tentu saja diharapkan mampu mengulang kesuksesan Independence Day edisi pertama, yang saat itu mendulang hingga USD 817 juta secara global.

Jika sekuel kedua ini sukses, Emmerich mengindikasikan bakal membuat seri ketiganya. Jeda waktunya pun tidak akan lama. Tidak sampai ratusan purnama. Rencananya, satu atau dua tahun lagi. Ceritanya, kemungkinan, perjalanan antargalaksi ke planet asal si alien!

***

Independence Day: Resurgence

Sutradara: Roland Emmerich
Produser: Dean Devlin, Roland Emmerich, Harald Kloser
Penulis Skenario: Roland Emmerich, Dean Devlin, Nicholas Wright, James A. Woods, James Vanderbilt
Pengarang Cerita: Roland Emmerich, Dean Devlin, Nicholas Wright, James A. Woods
Berdasarkan: Karakter-karakter ciptaan Roland Emmerich & Dean Devlin
Pemain: Liam Hemsworth, Jeff Goldblum, Bill Pullman, Jessie Usher, Maika Monroe, Sela Ward, William Fichtner
Musik: Harald Kloser, Thomas Wanker
Sinematografi: Markus Forderer
Penyunting: Adam Wolfe
Produksi: Centropolis Entertainment, TSG Entertainment, Electric Entertainment
Distributor: 20th Century Fox
Budget: USD 165 juta
Durasi: 120 menit
Rilis: 22 Juni 2016 (Indonesia), 24 Juni 2016 (Amerika Serikat)

Ratings

IMDb: 7,1
Rotten Tomatoes: 5,0
Metacritic: 4,9

Preview Film: Independence Day: Resurgence (2016)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s