Menjelang Quarterfinal EURO 2016

Kejutan besar terjadi pada babak 16 besar EURO 2016. Tepatnya, di partai terakhir. Ketika tim nasional Islandia, negara liliput yang berpopulasi hanya 300 ribuan jiwa, menamatkan riwayat Inggris, negara raksasa yang mendaku diri sebagai nenek moyangnya sepak bola.

Seperti yang dicuitkan oleh Gary Lineker, striker legendaris Inggris, sekaligus pencetak gol terbanyak di Piala Dunia 1986, kemenangan Islandia dengan skor 2-1 kemarin merupakan sejarah terkelam bagi the Three Lions. Kalah dari negara antah-berantah yang lebih banyak jumlah gunung berapinya daripada pemain sepak bola profesionalnya.

Tak pelak, kejutan Islandia ini semakin menahbiskan mereka sebagai tim Cinderella di EURO 2016. Di babak kualifikasi, Gylfi Sigurdsson dkk sukses menyingkirkan Belanda. Lalu, di fase grup, tim asuhan Lars Lagerback ini mampu menjadi runner-up, mengangkangi Portugal dengan Cristiano Ronaldo-nya.

Sayangnya, kejutan Islandia kemarin tidak diikuti oleh tim Cinderella lainnya, yaitu Hungaria. Zoltan Gera dkk, yang lolos ke babak 16 besar dengan status sebagai juara Grup F, harus mengakui kehebatan Belgia dengan skor yang cukup mencolok, 0-4.

Setelah dibekuk Italia dua gol tanpa balas di laga perdana Grup E, Belgia memang langsung bangkit. Eden Hazard dkk menyapu kemenangan di tiga pertandingan selanjutnya. The Red Devils kini sudah kembali ke khitah mereka sebagai salah satu tim unggulan di EURO 2016 ini.

Kejutan lain di babak 16 besar adalah terhentinya hegemoni Spanyol di EURO 2016. Sebagai juara bertahan dua edisi beruntun, 2008 dan 2012, Andres Iniesta dkk tak berkutik menghadapi kejeniusan taktik Italia hasil racikan sang master, Antonio Conte.

Dengan hanya bermodalkan pemain “seadanya”, tercatat sebagai salah satu skuat tersemenjana sepanjang sejarah Italia di turnamen mayor, Conte mampu menyulap Gli Azzurri menjadi Terminator yang siap memusnahkan setiap tim unggulan yang mereka jumpai.

Di perempat final, laju Italia bakal mendapat hadangan dari tim juara dunia 2014, Jerman, yang sebelumnya telah menghabisi Slovakia dengan skor 3-0. Pertandingan ini akan ulangan partai semifinal EURO 2012. Kala Der Panzer takluk lewat dua gol Mario Balotelli.

Akhir pekan ini, Mesut Oezil dkk pastin ingin melakukan revans. Apalagi, sepanjang sejarahnya, Jerman tak pernah menang atas Italia di turnamen besar, baik itu di Piala Dunia maupun Piala Eropa. Misi pecah telur tentu menjadi target utama tim asuhan Joachim Loew tersebut.

Namun, Italia tetaplah Italia. Tim yang sangat sulit disingkirkan jika sudah menapak ke fase knockout. Apalagi, ada si gila Antonio Conte yang sudah siap dengan segala taktik jeniusnya. Meski tidak diunggulkan, Gli Azzurri tetap berpotensi memperpanjang rekor kemenangan atas Manuel Neuer dkk.

Selain Jerman melawan Italia, partai lain yang diperkirakan bakal alot adalah Polandia yang akan meladeni Portugal. Pepe dkk memang sedikit diunggulkan. Namun, melihat performa membosankan yang mereka tampilkan saat mengeliminasi Kroasia di babak 16 besar, banyak pihak menyangsikan kekuatan Seleccao das Quinas.

Jika Cristiano Ronaldo sebagai mesin gol utama kembali macet, siap-siap saja Portugal kembali menjalani extra-time, atau, bahkan, adu penalti. Apalagi, Polandia sejauh ini lebih sering menampilkan sepak bola negatif, seiring dengan masih mandulnya Robert Lewandowski.

Dua partai lain, seharusnya, bisa dimenangkan oleh Belgia dan Prancis. Di atas kertas, kekuatan mereka lebih unggul daripada Wales dan Islandia. Namun, ini adalah Piala Eropa. Ajang di mana kejutan sering terjadi. Ingatlah #Brexit vol. 2.

Belgia, yang sedang dalam puncak performa, bisa saja gigit jari jika gagal meredam sihir sang Welsh Wizard, Gareth Bale. Demikian juga dengan Prancis, yang berpotensi menuai malu di rumah sendiri jika Islandia terus melanjutkan mukjizat mereka. Sekali lagi, ini Piala Eropa. Apa pun bisa terjadi.

Prediksi:
Polandia 45-55 Portugal
Wales 45-55 Belgia
Jerman 55-45 Italia
Prancis 55-45 Islandia

Menjelang Quarterfinal EURO 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s