Menjelang Final EURO 2016

Perhelatan EURO sudah hampir mencapai klimaks. Tuan rumah Prancis bakal ditantang oleh Portugal untuk menjadi juara di kandang sendiri, Stade de France, Saint-Denis. Di semifinal, kedua finalis tersebut menghabisi Wales dan Jerman dengan skor identik, 2-0.

Cristiano Ronaldo dan Antoine Griezmann kembali menjadi protagonista bagi Portugal dan Prancis. Satu gol dan satu assist dari CR7 menamatkan perlawanan Gareth Bale dkk. Sementara itu, dua gol dari Griezie, satu di antaranya lewat penalti, berhasil membungkam kepongahan Der Panzer.

Dengan tambahan satu gol tersebut, Ronaldo menyamai rekor Michel Platini, yang koleksi golnya terbanyak sepanjang sejarah Piala Eropa. Yaitu, 9 gol. Bedanya, Platini mencetaknya hanya dalam satu edisi (1984). Sedangkan, Cristiano mengumpulkannya dalam empat edisi (2004, 2008, 2012, dan 2016).

Sementara itu, dengan tambahan dua golnya ke gawang Manuel Neuer, posisi Griezman sebagai top scorer EURO 2016 semakin tak tergoyahkan. Total, sudah 6 gol dia ceploskan. Pesaing terdekat yang masih tersisa adalah Ronaldo dan dua rekan setimnya, Dimitri Payet dan Olivier Giroud. Itu pun, mereka baru mengoleksi 3 gol. Atau, hanya separuhnya.

Tak pelak, laga final kali ini bakal menjadi ajang pertarungan antara Griezmann dan Ronaldo. Ketajaman mereka berdua, bisa jadi, bakal menentukan tim mana yang bakal menjadi juara. Selama ini, dua striker yang berkompetisi di La Liga tersebut memang menjadi mesin gol bagi Prancis dan Portugal.

Terlepas dari Griezmann dan Ronaldo, jika menilik penampilan terakhir secara tim di semifinal, Prancis yang mengandalkan kecepatan memang lebih diunggulkan daripada Portugal yang bermain membosankan dan pragmatis. Apalagi, Paul Pogba dkk bakal mendapat dukungan melimpah dari publik sendiri.

Meski demikian, Portugal tidak bisa diremehkan. Seleccao das Quinas bisa disebut sebagai tim yang paling beruntung di EURO 2016 ini. Bayangkan, hingga babak semifinal, Pepe dkk tak pernah menang dalam waktu normal 90 menit. Sampai-sampai, ada yang bilang, Dewi Fortuna mungkin sudah dipacari atau ditiduri oleh Ronaldo.

Selain itu, Portugal juga sedang memburu gelar internasional mereka yang pertama. Negara yang terletak di semenanjung Iberia itu memang tercatat sebagai satu-satunya tim besar yang belum pernah menjadi juara dunia maupun Eropa. Tertinggal jauh dari tetangga mereka, Spanyol, yang sudah meraih Piala Dunia sekali dan Piala Eropa tiga kali.

Jika melihat statistik, final kali ini merupakan final EURO kedua bagi Portugal setelah edisi 2004. Saat itu, mereka menjadi tuan rumah. Sayangnya, di partai puncak, Luis Figo dkk dipecundangi oleh tim kejutan, Yunani.

Memori kelam tersebut masih menghantui bangsa Portugis, terutama Ronaldo. Kala itu, CR7, yang masih ababil, berusia 19 tahun, harus menelan pil pahit. Kalah secara menyakitkan di final pertamanya.

Tahun ini, Ronaldo, yang sudah menjadi kapten Portugal, berambisi melunasi hutang dengan merengkuh trofi Henri Delaunay. Namun, impian mantan kekasih Irina Shayk itu dipastikan tak bakal mudah diwujudkan karena sudah ada tuan rumah yang menghadang.

Berbeda dengan Portugal yang ingin menghapus kenangan buruk, Prancis berupaya mengulang memori manis kala menjadi juara Piala Eropa (1984) dan Piala Dunia (1998) di kandang sendiri. Selain itu, ada siklus 16 tahunan yang ingin mereka ulang.

Terakhir kali Prancis menjuarai EURO adalah tahun 2000, setelah menjungkalkan Italia secara dramatis melalui gol sudden-death. Itu 16 tahun setelah 1984 kala Michel Platini dkk mengangkat piala. Kini, tepat 16 tahun setelah 2000, apakah siklus juara Les Bleus bisa diulang oleh Hugo Lloris dkk?

Prediksi:
Portugal 45-55 Prancis

Menjelang Final EURO 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s