Preview Film: Star Trek Beyond (2016)

Star Trek Beyond bakal mulai tayang pada 20 Juli 2016 di Indonesia. Film sci-fi action ini merupakan yang ke-13 dari franchise Star Trek ciptaan Gene Roddenberry, yang sudah berusia 50 tahun, dan yang ketiga pasca di-reboot. Dua seri pendahulunya adalah Star Trek (2009) dan Star Trek Into Darkness (2013).

Berbeda dengan dua film sebelumnya, Star Trek Beyond tidak lagi dibesut oleh J. J. Abrams. Penulis naskah Armageddon (1998) tersebut menolak tawaran untuk menjadi sutradara karena tahun lalu masih sibuk mengerjakan Star Wars: The Force Awakens (2015). Meski demikian, Abrams tidak lepas tangan begitu saja, karena dia juga bertindak sebagai produser di film berbujet USD 150 juta ini.

Kisah Star Trek Beyond sendiri mengambil setting lima tahun setelah seri reboot pertama. Namun, jalan ceritanya dibuat tidak terkait dengan dua film sebelumnya. Latar belakangnya mengambil tempat di luar bumi. Kapten Kirk dkk kabarnya juga bakal menampilkan lebih banyak adegan laga di film ini.

Ceritanya, saat menjalankan misi lima tahunan menjelajahi luar angkasa untuk mengeksplorasi dunia baru, Kapten Kirk (Chris Pine) dan para krunya diserang oleh Krall (Idris Elba) dan pasukannya. Kapal USS Enterprise pun hancur. Para awak kapal kemudian terdampar di planet asing. Saat sedang berjuang untuk hidup, mereka bertemu Jaylah (Sofia Boutella), alien wanita yang akhirnya menjadi sekutu. Mampukah Kapten Kirk dkk mengalahkan Krall dan kembali ke tempat asal mereka?

Meski sudah tidak lagi ditangani oleh J. J. Abrams, bukan berarti kualitas Star Trek Beyond ini bakal menurun jika dibandingkan dengan dua seri pendahulunya. Karena, Abrams sudah menunjuk sosok yang tepat sebagai penggantinya. Yaitu, Justin Lin.

Star Trek Beyond ini memang menjadi film sci-fi pertama yang digarapnya. Meski demikian, track record Justin Lin sebagai sutradara tidak perlu diragukan lagi. Pria 44 tahun kelahiran Taipei, Taiwan, ini sudah berpengalaman menelurkan franchise film action yang sukses di pasaran. Sebut saja The Fast and the Furious: Tokyo Drift (2006), Fast & Furious (2009), Fast Five (2011), dan Fast & Furious 6 (2013).

Yang membanggakan, sebagai sutradara asal Asia, Justin Lin tidak lupa mengajak aktor asal benuanya untuk berperan di Star Trek Beyond. Yaitu, Joe Taslim, yang memerankan karakter Manas. Bintang laga kebanggaan Indonesia tersebut sudah pernah disutradarai Lin saat bermain di Fast & Furious 6. Jota pun menjadi salah satu aktor asal Asia, selain John Cho, yang memerankan Hikaru Sulu, di film rilisan Paramount Pictures ini.

Saat menghadiri konferensi pers menjelang gala premiere di Sydney (7/7), Justin Lin menegaskan bahwa Star Trek Beyond memang sengaja mengangkat isu keberagaman. Selain aktor asal Asia, film berdurasi 122 menit ini juga menampilkan pemain dari berbagai ras dan suku bangsa, yaitu kulit putih, kulit hitam, maupun latin/hispanik.

Justin Lin menyatakan, dengan menjadi kru dan pemain di Star Trek Beyond, mereka semua harus bisa menerima perbedaan dan keberagaman budaya. Dia tidak ingin film yang disutradarainya hanya didominasi oleh satu ras saja. Bisa dibilang, Lin ingin mengarahkan franchise Star Trek ini menjadi seperti franchise Fast & Furious versi sci-fi.

Sebagai salah satu pemain non-kulit putih, John Cho, yang berasal dari Korea, juga merasakan bahwa “bhinneka tunggal ika” sangat terasa di Star Trek Beyond ini. Begitu juga dengan Joe Taslim. Selama empat bulan syuting, menurut Joe, minimal seminggu sekali, para pemain dan kru selalu mengadakan dinner bersama. Kebersamaan di antara mereka menjadi sangat erat.

Chris Pine pun sangat mendukung isu keberagaman di Star Trek Beyond. Sebagai aktor utama, Pine ingin filmnya kali ini harus bisa mencerminkan diversity seperti di dunia nyata. Apalagi, ajang Oscars 2016 yang lalu juga sempat ramai dihantam isu diskriminasi ras. Star Trek ingin menampilkan harapan baru bagi Hollywood.

Selain mengangkat keberagaman di antara manusia, Star Trek Beyond juga menampilkan “bhinneka tunggal ika” di antara para alien. Total, bakal ada 50 spesies makhluk asing baru yang muncul. Hal itu untuk memperingati 50 tahun perayaan franchise Star Trek. Bahkan, bila dibandingkan dengan dua film sebelumnya, jumlah alien kali ini adalah yang terbanyak.

Salah satu karakter alien yang paling menarik, selain Manas yang diperankan oleh Joe Taslim, adalah Krall. Karakter yang dimainkan oleh Idris Elba ini diklaim memiliki unsur kebaruan yang terbanyak. Justin Lin sendiri menjanjikan Krall bakal menghadirkan sensasi baru dalam franchise Star Trek.

Selain itu, juga ada Jaylah yang diperankan oleh si cantik Sofia Boutella. Untuk memerankan alien cewek berkulit seputih susu itu, Boutella membutuhkan waktu 3,5 jam hanya untuk make-up saja. Belum lagi, 45 menit setelahnya untuk melepas kostum dan membersihkan riasan.

Yang juga tidak boleh dilewatkan dari Star Trek Beyond kali ini adalah soundtrack-nya. Lagu utamanya berjudul Sledgehammer. Tidak tanggung-tanggung, yang menyanyikan adalah Rihanna. Dalam video klipnya, Riri berdandan seperti seorang putri alien yang sexy. Zoe Saldana, yang berperan sebagai Nyota Uhura, langsung melontarkan pujian kepadanya lewat Instagram.

Lagu ballad tersebut sekaligus menjadi lagu untuk mengenang almarhum Anton Yelchin yang meninggal pada 19 Juni 2016 yang lalu. Seluruh kru dan pemain Star Trek Beyond memang masih berduka atas kepergian mendadak pemeran Pavel Chekov karena kecelakaan mobil tersebut.

Setelah ditayangkan secara terbatas pada gala premiere di Sydney (7/7), Star Trek Beyond juga bakal dirilis pada ajang San Diego Comic-Con (20/7). Ribuan fans dan pemenang kontes yang beruntung bisa menontonnya sebelum diputar secara resmi di bioskop. Namun, untuk menghindari pembajakan, pihak penyelenggara melarang para penonton membawa kamera perekam saat screening khusus tersebut.

Sejauh ini, sejumlah situs review memberi rating yang cukup positif untuk Star Trek Beyond. Melihat sambutan para penggemar yang cukup antusias, pihak produser pun sudah mencanangkan bakal membuat film keempat. Chris Pine dan Zachary Quinto, yang memerankan Spock, sudah meneken kontrak baru. Dan, yang mengejutkan, Chris “Thor” Hemsworth, pemeran almarhum bokap Kapten Kirk, kabarnya bakal kembali tampil!

***

Star Trek Beyond

Sutradara: Justin Lin
Produser: J. J. Abrams, Bryan Burk, Roberto Orci
Penulis Skenario: Simon Pegg, Doug Jung
Berdasarkan: Star Trek by Gene Roddenberry
Pemain: Chris Pine, Zachary Quinto, Zoe Saldana, Karl Urban, Simon Pegg, John Cho, Anton Yelchin, Idris Elba, Sofia Boutella, Joe Taslim
Musik: Michael Giacchino
Sinematografi: Steven F. Windon
Editor: Greg D’Auria, Dylan Highsmith, Kelly Matsumoto, Steven Sprung
Produksi: Skydance Media, Bad Robot Productions, Sneaky Shark, Perfect Storm Entertainment, K/O Paper Products
Distributor: Paramount Pictures
Budget: USD 150 juta
Durasi: 122 menit
Rilis: 7 Juli 2016 (Sydney), 20 Juli 2016 (Indonesia), 22 Juli 2016 (Amerika Serikat)

Ratings

IMDb: 7,6
Rotten Tomatoes: 7,5
Metacritic: 7,1

Preview Film: Star Trek Beyond (2016)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s