Preview Film: Ghostbusters (2016)

Kisah komedi supernatural Ghostbusters pertama kali muncul pada tahun 1984. Diciptakan oleh Dan Aykroyd dan mendiang Harold Ramis. Setelah kesuksesan film pertamanya, Ghostbusters kemudian berkembang menjadi franchise terkenal, meliputi: komik, novel, serial televisi, video game, dan diikuti oleh film keduanya yang tayang pada tahun 1989.

Kini, setelah menghilang ribuan purnama, Ghostbusters kembali menemui para penggemarnya, dalam bentuk remake dari film pertamanya. Inti ceritanya juga masih sama. Yaitu, empat sekawan pemburu hantu dari Kota New York.

Bedanya, jika dulu empat orang pembasmi roh gentayangan tersebut adalah pria (Peter Venkman, Raymond Stantz, Egon Spengler, dan Winston Zeddemore), sekarang diganti menjadi wanita semua. Yaitu, Erin Gilbert (Kristen Wiig), Abby Yates (Melissa McCarthy), Jillian Holtzmann (Kate McKinnon), dan Patty Tolan (Leslie Jones).

Kisahnya, Erin dan Abby adalah dua orang doktor yang menulis buku tentang hantu. Dengan dibantu oleh Jillian dan Patty, mereka berempat harus menyelamatkan Manhattan dari serangan hantu ganas bernama Rowan North (Neil Casey). Aksi-aksi kocak dipastikan bakal banyak menghiasi sepak terjang para ghostbuster cewek ini.

Secara cerita, sutradara Paul Feig memang sengaja tidak melanjutkannya dari Ghostbusters versi orisinal. Jadi, ini benar-benar remake dengan para tokoh perempuan yang tidak terkait dengan kisah yang lama. Meski demikian, nuansa era 80-an masih terasa kental di film berbujet USD 144 juta ini.

Ivan Reitman, yang dulu menjadi sutradara dua film pertama Ghostbusters, kali ini hanya bertindak sebagai produser. Namun, dia yakin, Paul Feig dengan empat tokoh ceweknya bakal mampu menampilkan keseruan dan kelucuan yang sama dengan versi cowoknya.

Reitman sendiri mengakui, dia dan Feig memang sengaja mengganti pemeran utama Ghostbusters dengan para wanita untuk menghadirkan sesuatu yang lebih fresh. Hanya saja, ide mereka tersebut banyak mendapat kritik, terutama dari para penggemar lawas.

Isu seksisme, anti-feminisme, dan misoginis menjadi alasan bagi para hater untuk membencinya. Bahkan, saat trailer perdana dirilis lewat YouTube, Ghostbusters mendapat dislike lebih dari 900 ribu. Itu menjadi rekor trailer film yang paling banyak dibenci sepanjang sejarah YouTube.

Reitman kemudian beralasan, trailer tersebut tidak disukai karena memang pembuatannya yang jelek. Bukan karena pergantian para karakter utama dari cowok ke cewek. Selain itu, dia menegaskan, trailer sepanjang satu setengah menit itu tidak menggambarkan kualitas filmnya secara keseluruhan. Reitman teteup yakin, Ghostbusters cewek ini bakal sesukses dua film jadul garapannya.

Optimisme Reitman tersebut didukung oleh Dan Aykroyd, selaku aktor dan pencipta franchise Ghostbusters. Menurut dia, sutradara Paul Feig sangat handal dalam mengarahkan empat aktris utamanya. Aykroyd yakin, Melissa McCarthy dkk sangat bertalenta dan bakal memikat banyak penggemar, seperti halnya Bill Muray dkk dulu.

Meski mengusung para cewek sebagai pemeran utama, bukan berarti tidak ada tokoh cowok sama sekali di Ghostbusters versi terbaru ini. Bahkan, aktor yang terlibat kali ini bukan aktor ecek-ecek. Melainkan, bintang superhero yang sudah tersohor. Yaitu, Chris Hemsworth.

Sebagai penyegar suasana, dan pemikat para penonton wanita, pemeran Thor yang juga kakak dari aktor Liam Hemsworth itu bakal memerankan Kevin Beckman. Yakni, tokoh yang menjadi semacam asisten bagi para pembasmi hantu perempuan tersebut.

Hal yang menarik lainnya dari Ghostbusters rilisan Columbia Pictures ini adalah soundtrack-nya. Sejumlah penyanyi ternama terlibat di dalamnya. Antara lain, Zayn Malik yang me-launching lagu wHo dan 5 Seconds of Summer yang bakal membawakan Girls Talk Boys.

Selain itu, juga ada Fall Out Boy, berkolaborasi dengan Missy Elliot, yang akan menyanyikan theme song jadul dari Ghostbusters yang berjudul I’m Not Afraid. Bahkan, lagu orisinal dari film pendahulunya, yang dinyanyikan oleh Ray Parker Jr., juga diputar ulang untuk membangkitkan nostalgia para penggemar lawas.

Melissa McCarthy menjelaskan, dengan dimunculkannya lagu oldies tersebut, mereka mengharapkan kenangan akan film yang lama masih tetap ada. Ghostbusters versi baru ini memang tidak ingin menghapus memori yang sudah ditanamkan oleh Dan Aykroyd dkk. Mereka hanya ingin menampilkan film yang lebih segar dan menghibur. Sekaligus, menarik para penggemar generasi baru.

Setelah diputar di Amerika sejak tanggal 15 Juli 2016 yang lalu, film berdurasi 116 menit ini mendapat rating yang cukup lumayan dari sejumlah situs review. Terlepas dari efek CGI-nya yang dianggap masih kurang, para kritikus menilai remake Ghostbusters ini cukup fun dan menghibur. Terutama, penampilan dari para tokoh utama yang diperankan oleh Melissa McCarthy dkk, yang mendapat cukup banyak pujian.

***

Ghostbusters

Sutradara: Paul Feig
Produser: Ivan Reitman, Amy Pascal
Penulis Skenario: Katie Dippold, Paul Feig
Berdasarkan: Ghostbusters by Ivan Reitman, Dan Aykroyd, Harold Ramis
Pemain: Melissa McCarthy, Kristen Wiig, Kate McKinnon, Leslie Jones, Chris Hemsworth, Cecily Strong, Andy Garcia, Neil Casey, Charles Dance, Michael Kenneth Williams
Musik: Theodore Shapiro
Sinematografi: Robert Yeoman
Editor: Melissa Bretherton, Brent White
Produksi: Sony Pictures, LStar Capital, Village Roadshow Pictures, The Montecito Picture Company, Pascal Pictures, Feigco Entertainment, Ghost Corps Production Company
Distributor: Columbia Pictures
Budget: USD 144 juta
Durasi: 116 menit
Rilis: 9 Juli 2016 (TCL Chinese Theatre), 15 Juli 2016 (Amerika Serikat), 22 Juli 2016 (Indonesia)

Ratings

IMDb: 5,3
Rotten Tomatoes: 6,5
Metacritic: 6,0

Preview Film: Ghostbusters (2016)

2 thoughts on “Preview Film: Ghostbusters (2016)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s