Preview Formula 1 Grosser Preis von Deutschland 2016

Untuk pertama kalinya musim ini, Nico Rosberg memulai balapan dari posisi kedua di klasemen sementara. Takhtanya di puncak memang berhasil dikudeta oleh rekan setimnya, Lewis Hamilton, setelah memenangi GP Hungaria akhir pekan yang lalu.

Saat ini, Rosberg memang tertinggal enam poin dari Hamilton (192) yang nangkring sebagai pemuncak klasemen sementara. Untuk merebut kembali posisinya, pebalap yang wajahnya mirip Leonardo DiCaprio itu harus menang saat GP Jerman digelar weekend ini. Apalagi, ini merupakan balapan kandang bagi Rosberg, yang notabene berkewarganegaraan Jerman, meski tinggalnya di Monako.

Seandainya menang di Sirkuit Hockenheim akhir pekan ini, Rosberg akan kembali ke puncak klasemen dengan keunggulan satu poin. Itu dengan catatan Hamilton finish kedua. Jika lebih ke bawah lagi, maka gap-nya bakal semakin besar. Oleh karena itu, victory menjadi harga mati.

Meski demikian, tidak akan mudah bagi Rosberg untuk menang di kandang. Pesaing utamanya tetap Hamilton. Apalagi, pebalap asal Inggris itu punya catatan cukup manis di GP Jerman. Dua kali dia menang di sana. Sekali di Sirkuit Hockenheim, dan sekali lainnya di Sirkuit Nuerburgring.

Rosberg sendiri sebenarnya juga pernah menang di kandang. Yaitu, pada musim 2014, saat GP Jerman terakhir kali diadakan di Hockenheim. Meski demikian, sejak Nigel Mansell menorehkan kemenangan beruntun pada tahun 1991 dan 1992, belum pernah ada lagi pebalap F1 yang menang back-to-back di sirkuit tersebut.

Upaya Rosberg bakal makin berat karena performa Hamilton sedang ganas-ganasnya. Sempat tersengal-sengal di awal musim, mantan pacar Nicole Scherzinger itu berhasil bangkit. Lima kemenangan dia raih dalam enam lomba terakhir. Bahkan, tiga balapan sebelum ini dia sapu bersih, alias hat-trick.

Dari semula tertinggal 43 poin dari Rosberg, kini Hamilton berbalik unggul enam poin. Dengan posisi sebagai pemuncak klasemen berhasil dia kudeta dari rekan setimnya tersebut. Kepercayaan diri juara dunia tiga kali itu pun langsung membumbung tinggi. Hamilton sudah siap menghadapi serangan balik dari Rosberg.

Bagi Mercedes, persaingan dua jagoannya di puncak klasemen tersebut sebenarnya membanggakan. Meski demikian, rasa was-was tetap ada. Friksi antara Hamilton bisa kembali terjadi. Mercy tentu saja menginginkan balapan kandang mereka di Jerman weekend ini bisa berlangsung mulus tanpa masalah.

Jika perselisihan antara dua Silver Arrows kembali terjadi, Red Bull yang selalu menguntit mereka sudah siap untuk mencuri kemenangan. Daniel Ricciardo dan si ababil Max Verstappen akhir-akhir ini memang dengan setia menguntit Hamilton dan Rosberg.

Berbeda dengan Ferrari, yang semula digadang-gadang sebagai pesaing Mercy, kini malah terseok-seok. Terutama Sebastian Vettel yang terus menuai masalah. Akhir pekan ini, di kandang sendiri, tidak ada kata lain bagi juara dunia empat kali itu selain: Bangkit!

Minimal, Vettel harus mampu mengalahkan duo Red Bull jika mengimbangi duo Mercedes masih terlalu sulit. Selain itu, pebalap asal Jerman itu juga harus mulai mewaspadai rekan setimnya, Kimi Raikkonen (114), yang sudah menggesernya dengan selisih empat poin di klasemen sementara.

Sementara itu, seberkas sinar tampak menyinari Rio Haryanto. Meski semula hanya akan membalap 11 seri bersama Manor, dikarenakan dana sponsorship yang masih kurang USD 7 juta, Rio dipastikan bakal turun di GP Jerman, yang notabene adalah seri ke-12. Tentu saja ini merupakan kabar gembira bagi seluruh F1 mania di Indonesia.

Nasib cah Solo itu sepertinya baru akan ditentukan saat break musim panas. Setelah lomba di Hockenheim ini, sirkus F1 memang akan jeda tiga pekan. Jika tidak ada dana tambahan yang disetorkan, Manor mungkin terpaksa harus mendepak Rio bulan depan.

Meski demikian, tidak akan mudah bagi Manor untuk mencari calon pendamping baru bagi Pascal Wehrlein. Rumor Stoffel Vandoorne yang bakal “magang” di sana hingga akhir musim sudah dibantah oleh McLaren, selaku yang empunya pebalap.

Alternatif kedua, Alexander Rossi, juga sedang sibuk berlaga di IndyCar. Jadwal balapnya selama bulan Agustus dan September sudah full. Kalau jadi dipakai sebagai pengganti Rio, Manor baru bisa menggunakan jasa pebalap asal Amerika Serikat itu pada bulan Oktober, atau hanya di enam seri terakhir F1 musim ini.

Alternatif ketiga, Jordan King, kini sedang membalap di GP2. Tampaknya juga bakal dilematis baginya untuk meninggalkan ajang balap kelas dua setelah F1 tersebut karena dia sudah memenangi dua seri musim ini. Selain itu, King ternyata juga belum memenuhi syarat untuk mendapatkan superlicense, alias SIM untuk berlaga di F1.

Maka dari itu, peluang Rio untuk terus bersama Manor hingga akhir musim sebenarnya belum tertutup sama sekali. Masih ada celah yang bisa dimanfaatkan. Apalagi, kalau manajemen putra bungsu boss buku tulis Kiky tersebut mampu menggaet sponsor baru dalam waktu tiga pekan ke depan.

Piers Hunnisett, selaku manajer Rio, saat ini mengaku sedang berusaha keras mendapatkan dana tambahan untuk disetorkan ke Manor. Kabarnya, ada calon sponsor baru yang berminat mendukung hingga akhir musim. Entah dari dalam atau luar negeri, itu tak menjadi soal. Yang pasti, seluruh F1 mania Indonesia berharap masih ada wakil sang Merah Putih di ajang balap jet darat tersebut.

Formula 1 Grosser Preis von Deutschland 2016 akan dimulai pada hari Jumat, 29 Juli 2016, dengan sesi Free Practice 1 (15.00 WIB) dan Free Practice 2 (19.00 WIB). Lalu, dilanjutkan hari Sabtu, 30 Juli 2016 dengan sesi Free Practice 3 (16.00 WIB) dan Qualifying (19.00 WIB). Hari Minggu, 31 Juli 2016, adalah Raceday dengan start lomba mulai pukul 19.00 WIB. Live di GlobalTV, iNewsTV, dan FOX Sports. Selamat menonton!

Preview Formula 1 Grosser Preis von Deutschland 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s