Preview Film: Suicide Squad (2016)

Para superhero berkumpul menjadi satu? Itu sudah biasa. The Avengers adalah salah satu contohnya, yang bakal disaingi oleh Justice League tahun depan. Namun, apa jadinya jika para supervillain dikumpulkan menjadi satu? Suicide Squad adalah jawabannya. Bakal tayang di Indonesia mulai hari Rabu (3/8) ini.

Beranggotakan para bajingan super semacam Joker (Jared Leto), Harley Quinn (Margot Robbie), Deadshot (Will Smith), Rick Flag (Joel Kinnaman), Captain Boomerang (Jai Courtney), El Diablo (Jay Hernandez), Killer Croc (Adewale Akinnuoye-Agbaje), Slipknot (Adam Beach), Enchantress (Cara Delevingne), dan Katana (Karen Fukuhara), Suicide Squad memang menyajikan sesuatu yang berbeda. Bisa dibilang, inilah film pasukan anti-hero yang pertama.

Apalagi, deretan pemainnya juga tidak main-main. Sejumlah bintang Hollywood papan atas meramaikan film berbujet USD 175 juta ini. Bahkan, kabarnya, Ben Affleck, pemeran Batman, bakal muncul. Begitu juga dengan The Flash (Ezra Miller), yang namanya masuk dalam bocoran daftar cast Suicide Squad, yang diadaptasi dari komik karya John Ostrander ini.

Kisahnya, Suicide Squad dibentuk oleh agensi rahasia pemerintah, bernama ARGUS, yang dipimpin oleh Amanda Waller (Viola Davis). Para penjahat super tersebut dilepaskan dari penjara maximum security, Belle Reve, untuk menjalankan misi berbahaya, yang cenderung menjadi misi bunuh diri. Imbalannya, jika berhasil, masa tahanan mereka akan dikurangi.

Untuk mencegah agar para bajingan tersebut tidak kabur, ARGUS sudah menanamkan bom mikro dalam tubuh mereka. Jadi, jika berani melarikan diri dari tugas, tubuh mereka bakal meledak. Mampukah pasukan bunuh diri ala kamikaze ini menuntaskan mission impossible yang mereka emban?

Secara alur cerita, Warner Bros. masih menutup rapat. Siapa yang bakal menjadi lawan dari Suicide Squad ini masih belum diketahui. Bahkan, peran Joker hingga saat ini masih belum jelas. Apakah psikopat yang berdandan ala badut itu merupakan anggota Suicide Squad, ataukah dia adalah musuh utama yang harus dilenyapkan?

Warner Bros. tampaknya sudah belajar dari kesalahan mereka saat mengumbar sosok Lex Luthor dan Doomsday dalam trailer Batman v Superman: Dawn of Justice. Akibatnya, para fans sudah bisa menebak plot cerita sebelum mereka menonton filmnya.

Suicide Squad ini tampaknya juga menjadi ajang bagi DC Comics dan Warner Bros. untuk menebus kegagalan Batman v Superman yang mendapat banyak kritik negatif dari para penonton dan kritikus. Minimal, jika film kumpulan para supervillain ini sukses, kekalahan mereka dari Marvel, yang berjaya lewat Captain America: Civil War, tidak akan terlalu telak.

David Ayer, selaku sutradara, menyatakan Suicide Squad ini bakal penuh kejutan. Salah satunya, yang bakal menjadi perhatian utama, adalah sosok Joker yang diperankan oleh Jared Leto. Menurut aktor yang juga vokalis band tersebut, Joker versi dia bakal lebih lucu dan segar dibandingkan sebelumnya.

Selama ini, sebelum Leto, Joker sudah pernah diperankan oleh dua aktor di layar lebar. Yang pertama adalah Jack Nicholson di film Batman (1989). Lalu, yang paling ikonis adalah almarhum Heath Ledger, yang dianggap sangat sukses saat memerakan Joker di The Dark Knight (2008).

Hingga kini, Joker-nya Ledger masih dianggap sebagai Joker terbaik. Penampilannya sadis, meski di film tersebut dia tidak melakukan adegan pembunuhan yang brutal dan biadab. Penjiwaannya sangat dalam. Untuk menyelami karakter Joker, Ledger sampai mengunci diri di dalam kamar selama sebulan.

Akibatnya, selesai syuting, pemain film The Patriot itu mengalami imsomnia berat. Enam bulan sebelum The Dark Knight tayang, Ledger ditemukan sudah terbujur kaku di kamarnya. Aktor asal Australia tersebut meninggal karena overdosis obat tidur.

Tekanan yang dialami oleh mendiang Ledger itu juga diakui oleh Jack Nicholson. Aktor kawakan tersebut menilai peran Joker sangat menarik. Namun, juga berbahaya, karena menuntut totalitas berlebih. Dia mengaku sangat tersiksa ketika memerankan seorang maniak yang jarang bicara dan merupakan pembunuh sadis itu.

Dengan track record seperti di atas, Jared Leto jelas memikul beban berat. Para penonton pasti membandingkannya dengan Heath Ledger. Oleh karena itu, begitu terpilih untuk memerankan Joker, Leto langsung melakukan sejumlah persiapan.

Peraih Oscar lewat perannya sebagai bencong dalam Dallas Buyers Club (2013) itu pun mengunjungi psikiater dan pasien yang didiagnosis sebagai sosiopat (perilaku antisosial yang ditandai dengan defisit emosi sosial). Tujuannya, dia ingin memahami pola pikir dan kebiasaan mereka.

Akibatnya, Leto seperti terhanyut dengan karakter Joker. Menurut sutradara David Ayer, saat syuting, aktor bermata belok itu berubah drastis, menjadi sangat mengerikan dan mengintimidasi. Para kru film sampai dibuat ketakutan olehnya.

Tidak hanya itu, frontman band 30 Seconds to Mars itu juga sempat meneror para pemain Suicide Squad dengan mengirimi mereka kado yang berisi babi, bangkai tikus, peluru, dan kondom bekas pakai! Benar-benar perilaku maniak khas Joker yang gila dan tidak tertebak.

Selain Joker, sosok lain yang bakal menarik perhatian adalah Harley Quinn. Bisa dibilang, dia adalah Joker versi wanita. Mungkin, karena sama gilanya itulah, tokoh yang sebenarnya seorang psikiater bernama Dr. Harleen Frances Quinzel itu jatuh cinta pada Joker dan membantunya lolos dari penjara khusus para psikopat, Arkham Asylum.

Margot Robbie yang memerankan Harley Quinn juga mengakui bahwa perannya kali ini sangat gila dan menyeramkan. Tidak ada lagi sosok Jane Porter yang cantik dan anggun seperti peran dia sebelumnya di The Legend of Tarzan.

Bahkan, saking menariknya karakter Harley Quinn ini, ada kabar bahwa Warner Bros. akan membuat film solonya. Namun, dalam spin-off tersebut, Margot Robbie tampaknya tidak akan sendirian. Bakal ada tokoh cewek lain yang muncul. Mungkin Poison Ivy, Catwoman, Enchantress, Katana, atau, bahkan, Batgirl dan Birds of Prey.

Penulis naskahnya pun kabarnya seorang wanita. Dan, mungkin juga sutradaranya. Yang pasti, Warner Bros. ingin membuat film spin-off yang serba cewek dan feminin. Berbeda dengan film-film superhero lainnya yang didominasi oleh laki-laki.

Meski demikian, para karakter cowok tidak perlu iri. Rumornya, Warner Bros. juga sedang menyiapkan film solo untuk mereka. Yang banyak disebut-sebut adalah Joker, Boomerang, dan Deadshot. Jared Leto sendiri menyambut dengan antusias jika film spin-off-nya jadi dibuat.

Untuk sekuel dari Suicide Squad, Warner Bros. pun sudah merencanakannya. David Ayer tampaknya bakal tetap menjadi sutradara. Sedangkan, sebagai karakter utamanya, Deadshot yang diperankan oleh Will Smith, kabarnya, bakal menjadi andalan di film kedua nanti.

Sebelum tayang secara global, Suicide Squad sudah lebih dulu diputar secara terbatas di Beacon Theatre pada hari Senin (1/8) kemarin. Situs IMDb, untuk sementara, memberi rating yang sangat positif. Para fans berharap, sutradara David Ayer yang sukses lewat Fury (2014), End of the Watch (2012), dan Street Kings (2008) mampu menjaga orisinalitas dari komiknya dan menyajikan plot twist yang menarik pada film berdurasi 123 menit ini.

***

Suicide Squad

Sutradara: David Ayer
Produser: Charles Roven, Richard Suckle
Penulis Skenario: David Ayer
Berdasarkan: Suicide Squad by John Ostrander
Pemain: Will Smith, Jared Leto, Margot Robbie, Joel Kinnaman, Viola Davis, Jai Courtney, Jay Hernandez, Adewale Akinnuoye-Agbaje, Ike Barinholtz, Scott Eastwood, Cara Delevingne
Musik: Steven Price
Sinematografi: Roman Vasyanov
Editor: John Gilroy
Produksi: DC Entertainment, RatPac Entertainment, Atlas Entertainment
Distributor: Warner Bros. Pictures
Budget: USD 175 juta
Durasi: 123 menit
Rilis: 1 Agustus 2016 (Beacon Theatre), 3 Agustus 2016 (Indonesia), 5 Agustus 2016 (Amerika Serikat)

Ratings

IMDb: 9,3

Preview Film: Suicide Squad (2016)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s