Preview Film: Nerve (2016)

Meski trend-nya sudah mulai menurun, novel-novel young-adult tampaknya masih mendapat tempat di dunia perfilman Hollywood. Lionsgate yang pernah sukses dengan The Hunger Games, kini merilis Nerve yang diadaptasi dari buku terbitan tahun 2012 berjudul sama karya Jeanne Ryan.

Dengan mengusung genre neo-noir techno-thriller adventure, Nerve mengangkat kisah yang berbeda bila dibandingkan dengan film young-adult lainnya. Yaitu, tentang reality game yang menyerupai “truth or dare”, tapi versi online dengan banyak tantangan dan tipu daya. Cerita ini sekaligus untuk memyindir para ababil yang suka melontarkan challenge yang aneh-aneh di media sosial.

Para pemain Nerve bakal diberi hadiah uang dalam jumlah besar jika mampu menuntaskan tantangan-tantangan unik yang diinginkan oleh para penonton. Semakin sulit dan berat tantangannya, duit yang bakal diterima oleh si pemain juga bakal semakin banyak.

Bintang utama dalam film Nerve adalah Emma Roberts yang dulu menjadi pemeran utama di Scream 4 (2011). Lawan mainnya adalah adik James Franco, Dave, yang sebelum ini dikenal lewat perannya dalam Now You See Me (2013) dan Neighbors (2014).

Film berdurasi 96 menit ini mengisahkan tentang Vee Delmonico (Emma Roberts), seorang gadis ababil yang dibujuk oleh teman-temannya untuk mengikuti permainan Nerve. Vee kemudian dipasangkan dengan Ian (Dave Franco). Keduanya harus menuntaskan tantangan-tantangan yang diajukan oleh para penonton.

Semula, mereka sangat menikmati reality game online tersebut. Namun, seiring dengan meningkatnya popularitas, tantangan yang mereka terima dari para pemirsa menjadi semakin berbahaya. Bahkan, sampai mengancam hidup Vee dan Ian! Mampukah kedua ababil tersebut menyelesaikan permainan Nerve dengan selamat?

Sejak dirilis pada 27 Juli 2016 di Amerika Serikat, film yang juga dibintangi oleh Juliette Lewis ini memang tidak berhasil mendobrak box office. Meski demikian, dengan bujet produksi “hanya” USD 20 juta, Nerve bisa dibilang telah balik modal, bahkan, mampu menuai profit, karena hingga kini telah mengumpulkan pemasukan sampai USD 56 juta.

Sejumlah situs review pun memberikan rating yang cukup lumayan untuk film besutan duo sutradara, Henry Joost dan Ariel Schulman, ini. Dengan alurnya yang cepat, Nerve dianggap mampu menyajikan thriller yang mencekam untuk kategori film young-adult. Selain itu, kisahnya juga cukup fun dan memberi banyak gambaran tentang kehidupan remaja dan media sosial di masa kini.

***

Nerve

Sutradara: Henry Joost, Ariel Schulman
Produser: Allison Shearmur
Penulis Skenario: Jessica Sharzer
Berdasarkan: Nerve by Jeanne Ryan
Pemain: Emma Roberts, Dave Franco, Juliette Lewis
Musik: Rob Simonsen
Sinematografi: Michael Simmonds
Editor: Madeleine Gavin, Jeff McEvoy
Produksi: Allison Shearmur Productions, Keep Your Head Productions, Supermarche
Distributor: Lionsgate
Budget: USD 20 juta
Durasi: 96 menit
Rilis: 12 Juli 2016 (SVA Theater), 27 Juli 2016 (Amerika Serikat), 6 September 2016 (Indonesia)

Ratings

IMDb: 7,0
Rotten Tomatoes: 64%
Metacritic: 58
CinemaScore: A-

Preview Film: Nerve (2016)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s