Prediksi Group Stage Champions League 2016-2017

Genderang perang Champions League mulai ditabuh pertengahan bulan September ini. Sebanyak 32 tim yang terbagi dalam delapan grup bakal berjibaku untuk lolos dari lubang jarum menuju babak 16 besar yang dihelat awal tahun depan.

Meski tidak ada dua tim raksasa asal Inggris, Chelsea dan Manchester United, bukan berarti Liga Champions musim ini bakal sepi. Masih banyak tim-tim top lain yang meramaikan. Sebut saja Real Madrid, Barcelona, Bayern Muenchen, Juventus, PSG, dan Manchester City. Selain itu, juga ada tim debutan, Leicester City, yang layak dinanti kiprahnya. Apakah tim Cinderella tersebut bisa mengulang keajaiban seperti di Premier League musim lalu? Berikut ini adalah prediksinya.

Group A
Dihuni oleh PSG, Arsenal, Basel, dan tim antah-berantah Ludogorets, bisa dibilang, persaingan di grup ini tidak terlalu ketat. Paris dan the Gunners menjadi unggulan untuk lolos ke fase knock-out. Meski demikian, Basel tetap harus diwaspadai, terutama oleh Arsene Wenger. Tim asal Swiss itu punya tradisi menyingkirkan klub asal Inggris. Seperti yang pernah mereka lakukan kala menghabisi Manchester United beberapa musim yang lalu.
Prediksi klasemen akhir: 1. PSG, 2. Arsenal, 3. Basel, 4. Ludogorets.

Group B
Tidak ada tim raksasa di grup ini. Benfica adalah satu-satunya tim yang pernah menjadi kampiun di Eropa, itupun sudah sangat lama. Yaitu, pada tahun 1960-an saat jamannya Eusebio. Pesaing utama tim asal Portugal itu adalah Napoli. Kedua klub tersebut, di atas kertas, seharusnya bisa mengatasi Dynamo Kyiv dan Besiktas.
Prediksi klasemen akhir: 1. Napoli, 2. Benfica, 3. Besiktas, 4. Dynamo Kyiv.

Group C
Pep Guardiola bakal bertemu kembali dengan sang mantan, Barcelona. Kali ini, eks pelatih Bayern Muenchen itu akan membawa Manchester City bertandang ke Camp Nou. Kedua tim kaya tersebut jelas menjadi unggulan utama. Mengingat para pesaing mereka “hanya” Celtic dan Borussia Moenchengladbach, kebacut kalau sampai gagal lolos ke 16 besar.
Prediksi klasemen akhir: 1. Barcelona, 2. Man City, 3. Celtic, 4. Borussia MG.

Group D
Bayern bakal ditantang Atletico. Saat masih menukangi Madrid, Carlo Ancelotti kerap kesulitan kala menghadapi tim besutan Diego Simeone tersebut. Meski demikian, secara kualitas, Muenchen tetap yang terbaik di grup ini. Seharusnya, Arturo Vidal dkk bisa lolos sebagai juara grup.
Prediksi klasemen akhir: 1. Bayern, 2. Atletico, 3. PSV, 4. Rostov.

Group E
Grup ini lebih semenjana daripada Grup B. Tidak ada tim raksasa sekaligus tidak ada tim yang pernah menjadi juara Eropa. Bisa dibilang, ini adalah grup medioker. Satu-satunya tim yang namanya cukup mentereng adalah Tottenham Hotspur. Yang secara kualitas sebenarnya tidak berbeda jauh bila dibandingkan dengan tiga tim lainnya.
Prediksi klasemen akhir: 1. Tottenham, 2. Monaco, 3. Leverkusen, 4. CSKA Moskva.

Group F
Satu-satunya pesaing Real Madrid di grup ini adalah Borussia Dortmund. Dua tim lainnya, Sporting CP dan Legia Warsawa, seharusnya cuma menjadi kerikil bagi sang juara bertahan. Tiket ke 16 besar hampir pasti dalam genggaman. Kalau sampai gagal? Ya, kebacut.
Prediksi klasemen akhir: 1. Madrid, 2. Dortmund, 3. Sporting, 4. Legia.

Group G
Grup ini sangat mirip dengan Grup B. Porto menjadi satu-satunya tim yang pernah merajai Eropa. Meski demikian, status unggulan utama dipegang oleh Leicester berkat keberhasilan mereka menjuarai Premier League musim lalu. Sementara itu, jika tak ada kejutan, Club Brugge dan Kobenhavn tampaknya cuma akan menjadi tim penggembira.
Prediksi klasemen akhir: 1. Porto, 2. Leicester, 3. Club Brugge, 4. Kobenhavn.

Group H
Kali ini, tidak ada alasan bagi Juventus untuk tidak menjadi juara grup. Tidak ada lagi tim raksasa semacam Real Madrid atau Manchester City yang menghadang. Yang ada hanyalah Sevilla. Yang seharusnya bisa mereka atasi. Sementara itu, dua tim lainnya, Lyon dan Dinamo Zagreb, seharusnya relatif lebih mudah dijinakkan ketimbang tim juara Europa League tersebut.
Prediksi klasemen akhir: 1. Juventus, 2. Sevilla, 3. Lyon, 4. Dinamo Zagreb.

Prediksi Group Stage Champions League 2016-2017

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s