Preview Film: Deepwater Horizon (2016)

Sekitar enam tahun yang lalu, tepatnya pada 20 April 2010, sebuah kilang minyak bawah laut milik British Petroleum (BP) di Teluk Meksiko, Amerika Serikat, tiba-tiba meledak dan menghamburkan ratusan juta galon emas hitam tersebut ke lautan. Tragedi itulah yang kemudian diangkat ke layar lebar oleh Summit Entertainment.

Film berjudul Deepwater Horizon tersebut bakal mengisahkan detik-detik terjadinya ledakan dan perjuangan para pekerja yang berupaya menyelamatkan diri mereka dari kobaran api. Menurut laporan, sebanyak 11 orang tewas dalam salah satu insiden pengeboran minyak terdahsyat sepanjang sejarah tersebut.

Diadaptasi dari sebuah artikel terbitan New York Times yang berjudul Deepwater Horizon’s Final Hours, film besutan sutradara Peter Berg ini akan berfokus pada kepahlawanan seorang teknisi elektronik bernama Mike Williams. Karakter yang diperankan oleh Mark Wahlberg tersebut tak pernah menyangka hidupnya bakal berubah drastis tatkala kilang minyak tempatnya bekerja meledak dengan hebat.

Didasari oleh rasa cintanya pada sang istri, Felicia (Kate Hudson), dan anak gadis semata wayangnya, Mike pun berusaha mati-matian untuk bertahan hidup agar bisa berkumpul kembali dengan keluarganya di rumah. Bersama para pekerja lainnya, seperti Jimmy Harrell (Kurt Russell), Donald Vidrine (John Malkovich), Caleb Holloway (Dylan O’Brien), dan Andrea Fleytas (Gina Rodriguez), Mike kemudian bahu-membahu untuk menyelamatkan diri dari kobaran api dan ledakan besar di tengah lautan.

Proyek film berbujet jumbo, USD 156 juta, ini sebenarnya sudah terdengar sejak 8 Maret 2011 kala Summit Entertainment, Participant Media, dan Imagenation membeli hak untuk memfilmkan artikel Deepwater Horizon’s Final Hours yang diterbitkan oleh New York Times pada 25 Desember 2010. Meski demikian, proses syuting perdana baru bisa dimulai pada 27 April 2015 di New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat.

Molornya penggarapan Deepwater Horizon ini, salah satunya disebabkan oleh mundurnya sang sutradara, J. C. Chandor, karena perbedaan ide kreatif dengan para produser. Sebagai pengganti, pada 30 Januari 2015, Peter Berg ditunjuk untuk menyutradarai film berdurasi 109 menit ini.

Sebelum ini, Peter Berg cukup sukses saat menulis dan membesut Lone Survivor (2013), yang juga diangkat dari kisah nyata. Uniknya, saat itu, sutradara berusia 52 tahun tersebut juga berkolaborasi dengan Mark Wahlberg, yang memerankan Marcus Luttrell, satu-satunya anggota Navy SEALs yang selamat dari pembantaian di pegunungan di Afghanistan tersebut.

Selain Mark Wahlberg, Deepwater Horizon ini juga diperkuat oleh sejumlah bintang terkenal Hollywood, semacam Kurt Russell, John Malkovich, Gina Rodriguez, dan aktor utama franchise film The Maze Runner, Dylan O’Brien. Sebagai pemanis, ada si sexy Kate Hudson, yang juga merupakan anak tiri dari Kurt Russell. Dan, di film inilah, untuk pertama kalinya mereka main bareng.

Setelah diputar perdana di Toronto International Film Festival pada 13 September 2016 yang lalu, Deepwater Horizon mendapat standing ovation yang meriah. Sejumlah situs review pun memberi rating yang cukup positif.

Film yang naskahnya ditulis oleh Matthew Sand ini dinilai mampu menghadirkan action thriller yang menegangkan, sekaligus mengaduk-aduk emosi penonton. Bahkan, ada pengamat yang memperkirakan, bakal banyak orang awam yang marah pada British Petroleum, selaku pihak yang dianggap harus bertanggung jawah atas insiden tersebut, setelah menonton Deepwater Horizon.

***

Deepwater Horizon

Sutradara: Peter Berg
Produser: Lorenzo Di Bonaventura, Mark Vahradian, David Womark
Penulis Skenario: Matthew Michael Carnahan, Matthew Sand
Pengarang Cerita: Matthew Sand
Berdasarkan: Deepwater Horizon’s Final Hours by David Barstoe, David Rohde, Stephanie Saul
Pemain: Mark Wahlberg, Kurt Russell, John Malkovich, Gina Rodriguez, Dylan O’Brien, Kate Hudson
Musik: Steve Jablonsky
Sinematografi: Enrique Chediak
Editor: Colby Parker Jr., Gabriel Fleming
Produksi: Participant Media, Di Bonaventura Pictures, Closest to the Hole Productions, Leverage Entertainment
Distributor: Summit Entertainment
Durasi: 107 menit
Budget: USD 156 juta
Rilis: 13 September 2016 (TIFF), 28 September 2016 (Indonesia), 30 September 2016 (Amerika Serikat)

Ratings

IMDb: 7,3
Rotten Tomatoes: 88%
Metacritic: 64

Preview Film: Deepwater Horizon (2016)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s