Review Formula 1 Malaysia Grand Prix 2016

Sudah dua kali Daniel Ricciardo mengalami nasib apes musim ini. Dua-duanya berakibat pebalap asal Australia itu gagal menang. Yang pertama di GP Spanyol. Yang kedua di GP Monako. Dua-duanya terjadi pada bulan Mei yang lalu. Hanya berselang dua pekan.

Di Spanyol, tepatnya di Sirkuit Catalunya, Barcelona, duo Mercedes, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg, serempetan di lap pertama selepas start. Padahal, mereka tengah memimpin lomba. Posisi keduanya lantas diambil alih oleh Ricciardo, yang tampaknya bakal meraih kemenangan perdananya pada tahun 2016.

Namun, malang tak dapat ditolak. Red Bull menerapkan strategi pit stop yang berbeda untuk dua pebalapnya. Ricciardo tiga kali pit stop, sedangkan rekan ababilnya, Max Verstappen hanya dua kali. Ternyata, strategi Max lebih tepat. Dia akhirnya menjadi pemenang lomba F1 termuda sepanjang sejarah, mematahkan rekor Sebastian Vettel. Sementara itu, Ricciardo cuma bisa finish di posisi keempat, di belakang duo Ferrari.

Dua pekan berikutnya, di Monako, Ricciardo kembali tampil dominan. Dia merebut pole position dan memimpin lomba dengan nyaman di depan Lewis Hamilton. Namun, nasib apes kembali menimpanya. Gara-gara miskomunikasi antara pit wall dan garasi Red Bull, membuat para kru tidak siap ketika Ricciardo masuk pit untuk mengganti ban. Akibatnya, pit stop tersebut memakan waktu terlalu lama. Saat kembali masuk lintasan, Ricciardo berada di belalang Hamilton yang akhirnya menjadi pemenang lomba.

Di Sepang, hari Minggu (2/10) kemarin, keapesan Ricciardo sebelum ini seakan terbayar lunas. Kemenangan perdana musim ini, yang dua kali lepas dari genggaman, akhirnya bisa dia raih. Pebalap yang mirip aktor Mahabharata Shaheer Sheikh itu finish di depan Max Verstappen dan Nico Rosberg.

Ricciardo pun merayakan victory pertamanya di tahun 2016 dengan melakukan selebrasi khasnya, “shoey”, dengan meminum sampanye dari sepatu di atas podium. Bahkan, kali ini, Rosberg, Verstappen, dan Boss Red Bull, Christian Horner, ikut menenggak sampanye yang beraroma jempol kaki tersebut bersama-sama dengan Ricciardo.

Hasil maksimal yang digaet oleh Red Bull kemarin, finish 1-2, tak bisa dilepaskan dari nasib apes yang kali ini menimpa Mercedes. Di awal lomba, selepas start, Rosberg langsung melorot ke posisi ke-21 setelah disenggol Sebastian Vettel. Untungnya, dia masih bisa melanjutkan lomba dan tidak ada kerusakan berarti pada mobilnya.

Sebaliknya, bagi Vettel, insiden tersebut membuat as roda depan sebelah kirinya patah dan dia terpaksa mengakhiri lomba di lap pertama! Sebuah pukulan telak. Padahal, Vettel adalah pemenang GP Malaysia tahun lalu. Musim ini, nasibnya berubah drastis 180 derajat.

Usia lomba, Vettel dinyatakan bersalah karena melakukan manuver berbahaya. Juara dunia empat kali tersebut kemudian dijatuhi penalti turun tiga posisi di GP Jepang akhir pekan depan. Untungnya, meski Vettel amburadul, Ferrari masih mendapat poin hiburan dari Kimi Raikkonen yang kemarin finish di posisi keempat.

Sementara itu, nasib sial yang dialami Mercedes ternyata tidak berhenti pada Nico Rosberg saja. Saat sedang nyaman memimpin lomba pada lap ke-41, mesin Lewis Hamilton tiba-tiba meledak! Bagian belakang mobilnya memercikkan api dan mengeluarkan asap tebal.

Hamilton pun harus out dari lomba dan merelakan kemenangannya yang sudah di depan mata sirna. Sebelum letupan itu terjadi, mantan pacar Nicole Scherzinger itu berada di depan Daniel Ricciardo dengan jarak yang sangat jauh, mencapai 22,7 detik!

Hingga kini, belum ada penjelasan kenapa mesin Mercedes, yang biasanya tangguh dan merupakan yang terbaik di F1, bisa jebol seperti kemarin. Hamilton pun mendesak timnya untuk segera mencari penyebabnya. Cuaca di Sepang yang sangat panas mungkin menjadi salah satu faktornya.

Sementara itu, duo Red Bull, yang semula tercecer di belakang Hamilton, akhirnya mendapat durian runtuh. Mereka untuk pertama kalinya finish 1-2 tahun ini. Rosberg yang mengejar dari belakang tak kuasa mengejar Ricciardo dan Verstappen. Meski demikian, aksinya cukup impresif karena berhasil finish ketiga dari posisi ke-21 di lap pertama.

Bagi Hamilton, hasil tanpa angka kemarin membuatnya semakin tertinggal dari Rosberg. Jaraknya dari puncak klasemen kini menjadi 23 poin. Dengan lima balapan tersisa, pebalap asal Inggris tersebut dituntut untuk meraih hasil maksimal. Dia tidak boleh lagi membuang poin jika masih ingin merebut gelar juara dunianya yang keempat akhir musim nanti.

Kegagalan finish 1-2 kemarin juga membuat Mercedes harus menunda kepastian gelar juara dunia konstruktor mereka. Padahal, Mercy ngebet banget ingin mengunci kemenangan di Sepang, yang merupakan balapan kandang bagi sponsor utama mereka, Petronas.

Di lain pihak, meski tidak membalap, Rio Haryanto tetap mendapat panggung di Sepang. Pebalap kebanggaan Indonesia tersebut didaulat untuk naik ke atas podium, menyerahkan trofi bagi pemenang lomba GP3 asal Monaco, Charles Leclerc. Itu merupakan suatu kehormatan bagi pebalap muda seperti cah Solo tersebut.

Magnet Rio di Malaysia memang cukup kuat. Apalagi, dia menjadi satu-satunya pebalap asal Asia yang berlaga di F1 musim ini. Menurut sang manajer, Piers Hunnisett, kepastian Rio bakal membalap lagi musim depan mungkin sudah bisa diketahui sebelum gelaran lomba terakhir musim ini di Abu Dhabi.

Sementara itu, GP Malaysia 2016 juga menjadi tanda lomba ke-300 sepanjang karir Jenson Button di F1. Mantan suami model sexy Jessica Michibata itu kemarin finish di posisi kesembilan, di depan Jolyon Palmer (Renault), yang meraih poin perdananya musim ini. Musim depan, juara dunia tahun 2009 itu bakal hiatus dan hanya menjadi development driver di tim McLaren-Honda.

Selepas dari Malaysia, race selanjutnya bakal diadakan di Jepang akhir pekan nanti. Apakah Hamilton mampu membalik keadaan dan mengepras jarak dari Rosberg? Atau, Red Bull kembali mencuri kemenangan? Bagaimana dengan Ferrari? Sampai jumpa di Suzuka!

Review Formula 1 Malaysia Grand Prix 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s