Preview Film: Jack Reacher: Never Go Back (2016)

Nama Lee Child mulai dikenal sebagai penulis kondang sejak menerbitkan buku pertamanya yang berjudul Killing Floor pada tahun 1997. Novel yang mengangkat kisah petualangan mantan polisi militer Amerika Serikat bernama Jack Reacher tersebut memenangkan penghargaan Anthony Award sebagai Best First Novel.

Kesuksesan Killing Floor akhirnya memacu Lee Child untuk melanjutkan kisah Jack Reacher. Tidak tanggung-tanggung, penulis bernama asli Jim Grant tersebut setiap tahun konsisten merilis novel baru. Bahkan, dalam satu tahun bisa sampai dua judul buku! Sejak tahun 1997 hingga saat ini, sudah ada 20 novel Jack Reacher yang sudah diterbitkan. Seri terbarunya, yang ke-21, berjudul Night School, bakal dirilis bulan depan. Tepatnya, pada 8 November 2016.

Upaya untuk mengadaptasi novel-novel karya Lee Child menjadi film sebenarnya sudah mulai dilakukan sejak tahun 1997 oleh PolyGram dan New Line Cinema. Namun, karena tak kunjung terealisasi, hak untuk memfilmkan Jack Reacher kemudian diakuisisi oleh Paramount Pictures yang bekerja sama dengan Cruise/Wagner Productions pada tahun 2005.

Proyek Jack Reacher pun dimulai. Akan tetapi, yang diangkat ke layar lebar bukan novel pertamanya yang berjudul Killing Floor, melainkan One Shot, yang baru terbit pada tahun 2005 dan merupakan novel kesembilan dari Jack Reacher series.

Meski memakan waktu cukup lama, film pertama yang berjudul Jack Reacher akhirnya dirilis pada 21 Desember 2012 dan mendapat rating cukup positif dari berbagai situs review. Kala itu, penampilan karismatik Tom Cruise, yang memerankan karakter sang jagoan utama, mendapat banyak pujian dari para kritikus.

Hanya saja, secara box office, film rilisan Paramount Pictures tersebut sempat tersendat, sebelum akhirnya mentok di angka USD 218 juta. Memang, sudah balik modal karena bujetnya “hanya” USD 60 juta. Namun, untuk ukuran film yang dibintangi Tom Cruise, pemasukan tersebut bisa dibilang rendah.

Proyek lanjutan Jack Reacher pun terancam. Biasanya, Paramount hanya akan tertarik membuat sekuel jika film pertamanya menghasilkan minimal USD 250 juta. Selain itu, mereka juga masih harus meyakinkan Tom Cruise agar bujetnya tidak terlalu meningkat dari seri perdananya.

Meski sempat terombang-ambing, kepastian untuk memproduksi sekuel Jack Reacher akhirnya diumumkan pada 9 Desember 2013 setelah Paramount Pictures mencapai kesepakatan dengan Skydance Productions. Kisahnya diambil dari novel yang saat itu baru terbit, berjudul Never Go Back, yang merupakan buku ke-18 dari Jack Reacher series.

Ber-setting empat tahun setelah petualangannya di film pertama, Jack Reacher (Tom Cruise) diceritakan sedang “pulang kampung” ke markas lamanya, Korps Polisi Militer Amerika Serikat unit ke-110, di Virginia. Namun, ketika tiba di sana, sosok yang jago bertarung itu malah dijerat dengan kasus pembunuhan bocah berusia 16 tahun yang terjadi saat dia masih bertugas dulu.

Selain itu, Reacher juga mendapati mantan atasannya, Major Susan Turner (Cobie Smulders), sedang ditahan karena dituduh menjadi pengkhianat dalam kasus spionase. Yakin bahwa Susan tak bersalah, Jack pun membebaskannya dari penjara.

Dalam pelariannya, sembari diburu oleh The Hunter (Patrick Heusinger), Jack akhirnya mengetahui bahwa dia hanyalah bagian kecil dari sebuah rahasia besar yang menyangkut masa lalunya. Mampukah Reacher mengungkap konspirasi jahat tersebut, sekaligus membersihkan namanya dan Susan dari segala tuduhan?

Berbeda dengan film pertama, di Never Go Back ini tidak ada lagi Rosamund Pike. Helen Rodin, karakter pengacara sexy yang diperankan oleh MILF bermata sendu tersebut, memang dikisahkan hanya muncul di novel Jack Reacher yang berjudul One Shot terbitan tahun 2005.

Meski demikian, para penonton pria tidak perlu khawatir. Film ini tidak bakal garing. Posisi Rosamund Pike sebagai pemanis bakal digantikan oleh Cobie Smulders, yang selama ini berperan sebagai Agent Maria Hill di Marvel Cinematic Universe. Selain itu, juga ada Danika Yarosh, cewe abege berambut pirang yang namanya melejit setelah membintangi serial Heroes Reborn (2015).

Satu lagi perbedaan dengan film pertamanya, sekuel Jack Reacher ini tidak lagi dibesut oleh Christopher McQuarrie yang dulu berperan sebagai sutradara sekaligus scriptwriter. Padahal, tahun lalu, penulis naskah Valkyrie (2008) dan Edge of Tomorrow (2014) itu juga cukup sukses saat mengarahkan Tom Cruise di Mission: Impossible – Rogue Nation.

Sebagai pengganti McQuarrie, Paramount Pictures akhirnya menunjuk Edward Zwick sebagai sutradara Jack Reacher: Never Go Back pada 19 Mei 2015. Sebelum ini, sutradara Blood Diamond (2006) tersebut sudah pernah bekerja bareng Tom Cruise saat membesut The Last Samurai (2003).

Zwick pun memuji Cruise sebagai aktor yang selalu melakukan persiapan fisik dan mental dengan sangat matang. Bintang yang melejit lewat film Top Gun (1986) tersebut tak kenal lelah dan selalu fokus saat menjalani syuting.

Hal lain yang membuat Zwick kagum adalah Tom Cruise selalu melakukan sendiri semua adegan berbahaya dalam filmnya. Bahkan, para stuntman sampai merasa bosan karena mereka sering menganggur selama syuting. Sang lawan main, Cobie Smulders, pun akhirnya juga ikut-ikutan melakukan sendiri semua adegan berbahayanya tanpa pemeran pengganti.

Dalam IMAX trailer yang dirilis oleh Paramount Pictures akhir-akhir ini, memang banyak adegan laga yang menghiasi film action thriller ini. Tampak sosok Jack sedang membantu Susan Turner yang dikepung oleh sejumlah pria. Selain itu, juga ada adegan kejar-kejaran dengan para polisi serta aksi Reacher dalam menghajar siapa pun yang menghalanginya.

Sejauh ini, sejumlah situs review belum memberikan rating karena film berdurasi 118 menit tersebut baru akan tayang di Amerika Serikat pada hari Jumat (21/10) besok. Meski demikian, secara box office, film berbujet USD 96 juta ini diramal bakal mampu meraup pemasukan minimal USD 20 juta selama opening weekend.

***

Jack Reacher: Never Go Back

Sutradara: Edward Zwick
Produser: Tom Cruise, Don Granger, Christopher McQuarrie
Penulis Skenario: Richard Wenk, Edward Zwick, Marshall Herskovitz
Berdasarkan: Never Go Back by Lee Child
Pemain: Tom Cruise, Cobie Smulders, Aldis Hodge, Patrick Heusinger, Danika Yarosh, Robert Knepper
Musik: Henry Jackman
Sinematografi: Oliver Wood
Penyunting: Billy Webber
Produksi: Skydance Media, TC Productions
Distributor: Paramount Pictures
Durasi: 118 menit
Budget: USD 96 juta
Rilis: 16 Oktober 2016 (New Orleans), 19 Oktober 2016 (Indonesia), 21 Oktober 2016 (Amerika Serikat)

Preview Film: Jack Reacher: Never Go Back (2016)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s