Preview Formula 1 Gran Premio de Mexico 2016

Sirkus Formula 1 tinggal menyisakan tiga balapan lagi musim ini. Nico Rosberg, untuk sementara, masih memimpin klasemen pebalap dengan keunggulan 26 angka dari rekan setimnya, Lewis Hamilton, di peringkat kedua.

Akhir pekan ini, di Sirkuit Autodromo Hermanos Rodriguez, Mexico City, Rosberg berpeluang untuk mengunci gelar juara dunianya yang pertama. Dengan syarat, pebalap asal Jerman itu harus memenangkan GP Meksiko, sedangkan Hamilton gagal menambah poin, alias hanya finish di luar 10 besar.

Jika skenario di atas terjadi, Rosberg bakal unggul 51 angka dari Hamilton. Dengan hanya dua balapan tersisa, di Brasil dan Abu Dhabi, jumlah poinnya tak akan terkejar meski dia gagal menembus top ten di dua lomba terakhir.

Memang, mengharapkan Hamilton gagal meraup poin di Meksiko itu terkesan muluk-muluk. Apalagi, mantan pacar Nicole Scherzinger tersebut berhasil bangkit pekan lalu di Amerika.

Kala itu, Hamilton meraih kemenangan di Texas dan mereduksi gap-nya dari Rosberg. Namun, melihat fakta bahwa mesinnya pernah jebol di Malaysia, apapun masih bisa terjadi. Bukan tidak mungkin petaka itu bakal terulang weekend ini.

Sebaliknya, seandainya kali ini giliran mesin Rosberg yang bermasalah, perebutan gelar bakal semakin seru. Katakanlah, jika Hamilton menang di Meksiko, sedangkan Rosberg sial, mesinnya jebol atau apalah, dan gagal finish 10 besar, jarak mereka akan terpisah hanya satu poin saja! Dua race terakhir musim ini dijamin bakal mendebarkan!

Hamilton sendiri mengaku tak akan menyerah. Dia merasa peluangnya masih ada. Yang harus dilakukan oleh pebalap binaan McLaren itu adalah bertarung habis-habisan dan menyapu bersih kemenangan, sambil berharap ada keajaiban: Rosberg gagal finis dua besar di tiga lomba terakhir.

Sementara itu, Rosberg sebenarnya memiliki kenangan manis di Meksiko. Tahun lalu, meski tidak menjadi juara dunia, dia berhasil menang di Negeri Tequila tersebut. Oleh karena itu, tahun ini, pebalap yang sekilas mirip Leonardo DiCaprio itu berharap bisa kembali menapak podium tertinggi.

Saat ditanya tentang peluangnya untuk mengunci gelar juara dunia weekend ini, Rosberg mengaku tidak memikirkannya. Putra mantan jawara F1 Keke Rosberg tersebut memilih fokus dari satu balapan ke balapan berikutnya.

Tujuannya adalah meraih kemenangan di tiga balapan tersisa. Jika berhasil melakukannya, otomatis dia akan menjadi juara dunia. Sesederhana itu, kata Rosberg.

Meski dia hanya butuh finish dua kali runner-up dan sekali posisi ketiga untuk mengamankan gelar juara dunia, suami Vivian Sibold itu mengaku tidak akan bermain aman. Rosberg memang masih berambisi untuk menyapu bersih kemenangan di Meksiko, Brasil, dan Abu Dhabi.

Masalahnya, jika tidak terkontrol, ambisi tersebut bisa saja merugikan Rosberg. Pada tahun 2014, dia sudah pernah berada dalam posisi memperebutkan juara dunia. Namun, Rosberg akhirnya gagal meraihnya setelah dikalahkan Hamilton di seri pamungkas, di Abu Dhabi. Tahun ini, bakal lebih menyakitkan baginya jika kenangan pahit tersebut sampai terulang.

Formula 1 Gran Premio de Mexico 2016 akan dimulai pada hari Jumat, 28 Oktober 2016, dengan sesi Free Practice 1 (22.00 WIB). Lalu, dilanjutkan hari Sabtu, 29 Oktober 2016, dengan sesi Free Practice 2 (02.00 WIB) dan Free Practice 3 (22. 00 WIB). Qualifying berlangsung pada hari Minggu, 30 Oktober 2016 (01.00 WIB). Sedangkan Raceday adalah hari Senin, 31 Oktober 2016, dengan start lomba mulai pukul 02.00 WIB. Live di GlobalTV, iNewsTV, dan FOX Sports. Selamat menonton!

Preview Formula 1 Gran Premio de Mexico 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s