Preview Formula 1 Grande Premio do Brasil 2016

Persaingan sirkus balap Formula 1 bakal berlanjut di Brasil akhir pekan ini. Nico Rosberg, selaku pemimpin klasemen sementara, berpeluang untuk mengunci gelar juara dunianya yang pertama jika berhasil menang di negerinya almarhum Ayrton Senna tersebut.

Meski selalu finish di belakang pesaingnya, Lewis Hamilton, di dua balapan terakhir, GP Amerika dan GP Meksiko, Rosberg tetap layak untuk percaya diri di Brasil. Sebab, dia selalu bisa mengalahkan Hamilton di Sirkuit Interlagos dalam dua edisi sebelumnya, tahun 2014 dan 2015.

Bisa dibilang, sejarah kali ini lebih berpihak pada Rosberg. Apalagi, catatan Hamilton di Brasil juga kurang mentereng. Pebalap asal Inggris itu selalu gagal menang di sana. Sirkuit Interlagos pun menjadi salah satu sirkuit, selain Baku, yang belum pernah ditaklukkan oleh mantan pacar Nicole Scherzinger tersebut.

Kemenangan di Brasil memang sangat krusial bagi Hamilton. Itu jika dia masih ingin mempertahankan gelar juara dunianya. Saat ini, dia masih tertinggal 19 angka dari Rosberg dengan dua balapan tersisa. Selain harus menyapu bersih kemenangan, pebalap binaan McLaren itu juga butuh bantuan dari sang Dewi Fortuna.

Hamilton sendiri mengaku tidak lagi memikirkan tentang gelar juara dunia. Dia sadar Rosberg lebih berpeluang. Oleh karena itu, fokusnya kini hanya menang, satu-persatu, di Brasil dan di Abu Dhabi. Jika hal itu bisa dilakukan, bukan tidak mungkin dia bakal membalik keadaan di akhir musim nanti.

Di lain pihak, bagi Rosberg, seandainya dia gagal menang di Brasil, peluangnya untuk merebut gelar juara dunia masih terbuka. Dengan catatan, dia harus finish runner-up dan Hamilton finish di luar empat besar. Bahkan, seandainya cuma finish ketiga, Rosberg masih bisa menjadi juara dunia, asalkan Hamilton mengakhiri lomba di luar lima besar.

Intinya, yang perlu dilakukan oleh Rosberg saat ini memang membalap dengan aman. Jika sampai dia terlibat insiden dan gagal finish, peluangnya untuk merebut gelar dari Hamilton bisa musnah. Keunggulan 19 poin menjadi tidak ada artinya jika dia ceroboh. Yang penting, suami Vivian Sibold itu harus finish minimal runner-up di dua lomba tersisa.

Adapun, Mercedes, selaku tim yang menaungi Rosberg dan Hamilton, sadar bahwa tensi bakal semakin memanas dan meningkat di Brasil. Untuk mendinginkan situasi, mereka menjamin bakal memberi perlakuan yang setara terhadap dua pebalap tersebut.

Mercedes berjanji persaingan antara Rosberg dan Hamilton bakal berjalan fair. Mereka tidak akan pilih kasih dan tidak akan mengistimewakan salah satu pebalap. Siapa pun yang menjadi juara bakal disambut dengan gembira. Baik itu Rosberg maupun Hamilton. Kita tunggu saja, apakah friksi antara duo Silver Arrows itu bisa diredam weekend ini.

Sementara itu, kursi pebalap F1 yang kosong untuk musim 2017 mulai terisi. Setelah Nico Hulkenberg memastikan diri membalap untuk Renault, dan ber-partner dengan Jolyon Palmer, giliran Esteban Ocon yang digaet oleh Force India sebagai pengganti Hulk untuk mendampingi Sergio Perez.

Selain itu, Kevin Magnussen, yang selama ini statusnya digantung oleh Renault, akhirnya kemarin resmi deal dengan Haas. Mantan pebalap McLaren itu menggeser posisi Esteban Gutierrez untuk berduet dengan Romain Grosjean.

Dengan sudah pastinya status Hulk, Ocon, dan K-Mag, kini kursi lowong hanya tersisa di tim Sauber dan Manor. Peluang Rio Haryanto untuk kembali membalap di F1 musim depan semakin sempit. Jalan terbaik bagi pebalap kebanggaan Indonesia itu adalah balikan dengan Manor dan berpasangan lagi dengan Pascal Wehrlein, yang kemungkinan besar bakal stay. Itu pun jika tim manajemen Rio bisa memenuhi dana sponsporship seperti yang disyaratkan oleh Manor.

Formula 1 Grande Premio do Brasil 2016 akan dimulai pada hari Jumat, 11 November 2016, dengan sesi Free Practice 1 (19.00 WIB) dan Free Practice 2 (23.00 WIB). Lalu, dilanjutkan hari Sabtu, 12 November 2016 dengan sesi Free Practice 3 (20.00 WIB) dan Qualifying (23.00 WIB). Hari Minggu, 13 November 2016, adalah Raceday dengan start lomba mulai pukul 23.00 WIB. Live di GlobalTV, iNewsTV, dan FOX Sports. Selamat menonton!

Preview Formula 1 Grande Premio do Brasil 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s